10 Contoh Perbuatan Serakah di Sekolah yang Harus Dihindari Siswa

Contoh Perbuatan Serakah di Sekolah

Serakah adalah perbuatan tercela yang harus dihindari manusia agar tidak dijauhi dan dibenci orang lain. Serakah termasuk akhlak tercela yang membuat manusia ingin memperoleh segalanya sendiri tanpa memedulikan orang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), serakah adalah selalu hendak memiliki lebih dari yang dimiliki; loba; tamak; rakus. Sedangkan dalam pengertian secara umum, serakah adalah keinginan yang sangat besar untuk memperoleh kekayaan, barang atau benda bernilai lainnya, dengan maksud menyimpannya untuk dirinya sendiri, jauh melebihi kenyamanan serta kebutuhan dasar dalam hidupnya.

Kita perlu belajar menghindari sikap serakah terhadap siapa saja mulai dari orang tua, saudara, hingga teman. Selain itu, kita juga tidak boleh bersikap serakah ketika berada di rumah, di sekolah, dan di lingkungan masyarakat.

Contoh Perbuatan Serakah di Sekolah

Untuk memahami lebih jelas tentang apa itu serakah, kita akan membahas beberapa sikap serakah di lingkungan sekolah yang harus dihindari siswa.

1. Tidak Mau Berbagi Makanan dan Minuman dengan Teman

Yang pertama, sikap serakah sering ditunjukkan dengan tidak mau berbagi makanan atau minuman kepada teman sebangku. Sikap ini sangat buruk karena dapat merusak hubungan pertemanan serta dapat menimbulkan perselisihan.

2. Tidak Mau Menolong Teman yang Butuh Pertolongan

Serakah adalah sikap mementingkan diri sendiri dan kurang peduli terhadap kondisi orang lain. Contoh sikap serakah di sekolah yang kedua adalah siswa tidak mau menolong temannya yang sedang mengalami kesulitan atau tertimpa masalah. Hendaknya kita menghindari sikap buruk ini karena manusia adalah makhluk sosial yang harus saling tolong-menolong.

3. Berbuat Curang saat Ujian untuk Memperoleh Nilai Tinggi

Siswa yang serakah biasanya melakukan cara-cara buruk untuk mencapai keinginannya. Salah satunya adalah berbuat curang ketika sedang ujian atau ulangan demi memperoleh nilai yang baik. Siswa serakah suka menyontek dan melakukan bentuk kecurangan lainnya yang tentu sikap ini harus kita hindari.

4. Enggan Meminjamkan Barang kepada Teman

Contoh perbuatan serakah di sekolah selanjutnya adalah tidak mau meminjamkan barang milik sendiri kepada teman. Misalnya ada teman yang ingin meminjam pensil, ternyata ada siswa yang tidak mau meminjamkannya karena ia punya sifat serakah.

5. Tidak Mau Ikut Kegiatan Amal Bakti atau Donasi di Sekolah

Biasanya sekolah mengadakan kegiatan amal bakti untuk membantu warga sekolah yang terkena musibah, menyantuni anak yatim, atau bahkan membantu panti asuhan. Ketika ada penggalangan dana, siswa yang serakah enggan mengeluarkan uang untuk ikut berdonasi, padahal nilai uang yang dikeluarkan seharusnya tidaklah banyak.

Siswa yang serakah tidak mau hartanya sedikit pun keluar untuk kepentingan orang lain. Oleh karena itu, sikap buruk seperti ini jangan sampai kita tiru.

6. Tidak Mau Mengajari Teman yang Kurang Bisa

Bila kita memiliki pengetahuan dan ilmu yang lebih banyak, hendaknya kita mau mengajari teman yang minta diajari. Sebab, jika kita tidak mau mengajari teman, artinya kita serakah karena tidak mau berbagi ilmu kepada orang lain.

7. Ingin Menang Sendiri dalam Rapat atau Musyawarah di Sekolah

Ciri siswa yang serakah selanjutnya adalah selalu ingin menang sendiri ketika mengikuti rapat dan musyawarah di sekolah. Siswa serakah tidak mau menghargai pendapat orang lain dan selalu memaksakan pendapat pribadinya kepada teman-temannya.

8. Selalu Ingin Memiliki Sesuatu yang Dimiliki Teman

Contoh perbuatan serakah di sekolah selanjutnya adalah selalu ingin punya barang yang dimiliki orang lain. Karena itu, sifat serakah juga hampir mirip dengan iri karena siswa serakah selalu mengharapkan punya barang seperti yang dimiliki teman.

9. Mementingkan Diri Sendiri dan Tidak Peduli terhadap Teman

Sikap serakah sering ditunjukkan dengan selalu mementingkan dirinya sendiri tanpa peduli kondisi teman di sekolah. Sikap seperti ini harus kita hindari karena dapat membuat diri kita dibenci dan dijauhi teman sekolah.

10. Suka Mengambil Hak Teman Sekolah

Terakhir, siswa yang serakah di sekolah suka mengambil hak teman sekolah yang mana hak tersebut bukanlah miliknya. Siswa serakah selalu ingin punya segalanya, bahkan mereka melakukan apa saja demi bisa mencuri hak orang lain.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kali ini tentang contoh perbuatan serakah di sekolah yang harus dihindari siswa / murid di sekolah agar tidak dijauhi dan dibenci teman-teman. Sifat serakah termasuk akhlak tercela yang mencerminkan keinginan untuk memperoleh semuanya dan tidak peduli terhadap kondisi orang lain. Padahal manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan harus saling peduli.

Artikel Terkait