Crew Store Adalah, Tugas, Tanggung Jawab, Gaji

crew store

Ketika membahas tentang dunia kerja, kita tentu sering mendengar beragam istilah terkait pekerjaan. Misalnya, crew store / store crew, nah bagi Anda yang belum paham tentang apa itu crew store, tugas, tanggung jawab, serta besaran gajinya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Crew Store Adalah

Crew store adalah pekerja yang bekerja di dalam sebuah toko dan mendapat besaran gaji tertentu setiap bulannya.

Crew store juga didefinisikan sebagai jenis pekerjaan yang tugasnya berkaitan dengan kegiatan di toko dan setiap bulannya akan mendapatkan gaji sesuai dengan tingkat kesulitan.

Lebih sederhana lagi, crew store adalah seorang penjaga toko, pekerja di sebuah toko, kasir, atau pelayan toko. Tempat bekerjanya pun beragam, ada yang toko kecil, toko sedang, supermarket, swalayan, Indomaret, Alfamart, dan lain sebagainya.

Pekerjaan sebagai crew store telah ditentukan jam kerjanya, biasanya menyesuaikan dengan jam buka sampai tutup sebuah toko. Para crew store juga memiliki tugas yang beragam tergantung di toko mana ia bekerja.

Tugas dan Tanggung Jawab Crew Store

Memang menjadi crew store kedengarannya mudah dan simpel, namun dibalik itu ada tanggung jawab besar yang harus dijaga oleh setiap crew. Ada juga tugas-tugas tertentu yang harus dikerjakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan toko. Nah secara umum berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang crew store.

  • Bertugas melayani setiap pembeli
  • Menjelaskan setiap detial barang jika pembeli bertanya
  • Menyusun dan menata barang di toko sesuai dengan tempatnya
  • Melakukan pengawasan dan pencegahan barang hilang
  • Mengecek ketersediaan barang
  • Melaksanakan stock opname secara rutin
  • Memastikan kebersihan toko tetap terjaga
  • Mengoperasikan alat-alat di toko sesuai prosedur
  • Menambah stock barang jika habis
  • Tidak mengabaikan pembeli

Gaji Crew Store

Seperti yang telah disinggung di atas, besaran gaji dari seorang crew store sangat beragam dan bergantung pada berbagai faktor, misalnya tingkat kesulitan kerja, tempat bekerja, waktu bekerja, kota tempat bekerja, hingga umr yang berlaku.

Contohnya crew store Indomaret yang memiliki gaji antara Rp 2.700.000 sampai Rp 3.000.000. Angka ini bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung faktor lain, seperti kota tempat bekerja, penepatan posisi, dan sebagainya.

Ada juga crew store di toko-toko biasa atau bahkan swalayan dengan besaran gaji berkisar antara 1,2 juta rupiah sampai 3 juta rupiah tergantung faktor-faktor di atas.

Penutup

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu crew store, tugas-tugas, serta besaran gaji yang bisa diperoleh. Menjadi seorang crew store memang identik dengan pekerjaan yang mudah, namun ada tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh seorang crew store.

Artikel Terkait