10 Hal yang Boleh Dilakukan saat Mengikuti Pelajaran di Kelas

Hal yang Boleh Dilakukan saat Mengikuti Pelajaran di Kelas

Siswa di sekolah memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk belajar serta mengikuti tata tertib yang berlaku. Setiap aturan yang ada di sekolah harus dilaksanakan agar kegiatan belajar-mengajar menjadi teratur, efektif, dan optimal.

Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah perilaku siswa ketika mengikuti belajar di jelas. Siswa harus tahu hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama jam pelajaran masih berlangsung. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal yang boleh dilakukan ketika siswa mengikuti pembelajaran di kelas.

Hal yang Boleh Dilakukan saat Mengikuti Pelajaran

Kegiatan belajar-mengajar di kelas dapat berlangsung lancar jika semua siswanya mau patuh dan melaksanakan aturan sederhana, seperti memperhatikan guru, tidak berisik, tidak tidur dikelas, dan masih banyak lagi. Selengkapnya silakan baca uraian berikut ini.

1. Memperhatikan dan Mendengarkan Guru saat Mengajar

Yang pertama, siswa boleh (harus) memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pelajaran. Dengan begitu, siswa akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru dan memperoleh ilmu yang banyak.

2. Bertanya jika Ada Materi Pelajaran yang Belum Dipahami

Yang kedua, siswa boleh bertanya kepada guru jika memang ada bagian materi pelajaran yang belum dipahami. Siswa hendaknya bertanya saat guru sudah selesai menyampaikan materi pelajaran agar tidak mengganggu guru yang fokus mengajar.

3. Mencatat Materi Pelajaran

Selanjutnya, hal yang boleh dilakukan siswa saat mengikuti pelajaran adalah mencatat materi pelajaran yang telah ditulis guru di papan tulis. Mencatat pelajaran sangat penting dilakukan agar materi pelajaran bisa kita pelajari berulang-kali di rumah.

4. Mengerjakan Tugas yang Diberikan Guru

Bila guru memberi tugas atau soal ketika mengajar, maka siswa wajib mengerjakan dan mengumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Siswa hendaknya mengerjakan sendiri dengan jujur dan tidak melakukan kecurangan seperti menyontek.

5. Meminta Izin ke Toilet

Jika siswa ingin meninggalkan kelas untuk pergi ke kamar mandi, maka siswa boleh meminta izin kepada guru terlebih dahulu. Jika guru sudah mengizinkan, maka siswa boleh meninggalkan kelas dan harus secepatnya kembali ke kelas.

6. Membaca Buku Pelajaran

Selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, siswa juga boleh membaca buku yang berkaitan dengan materi yang diajarkan guru. Hal ini termasuk salah satu cara belajar yang efektif agar siswa lebih mudah memahami materi.

7. Mengerjakan Soal di Papan Tulis jika Disuruh Guru

Siswa juga boleh atau harus mengerjakan soal yang ada di papan tulis ketika guru menyuruh. Metode belajar seperti ini memang sering diterapkan guru agar siswa dapat membangun mentalnya dan mau belajar lebih giat agar bisa mengerjakan soal sendiri di depan kelas.

8. Mengeluarkan Pendapat

Berpendapat juga diperbolehkan selama mengikuti materi pelajaran di kelas. Jika siswa punya pendapat tertentu yang berkaitan dengan apa yang diajarkan guru, maka siswa boleh mengeluarkan pendapatnya.

9. Meminjam Alat Tulis milik Teman

Selanjutnya, hal yang boleh dilakukan saat mengikuti pelajaran di kelas adalah meminjam alat tulis milik teman. Namun dengan catatan jika memang itu sangat diperlukan karena lupa membawa alat tulis sendiri atau alasan lainnya.

10. Mengajari Teman yang Kurang Paham Materi Pelajaran

Yang terakhir, siswa boleh mengajari temannya yang belum memahami materi pelajaran yang telah disampaikan guru selama jam pembelajaran. Hal ini termasuk sikap baik yang dapat membantu teman memahami pelajaran.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini tentang hal yang boleh dilakukan saat mengikuti pelajaran di kelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

Artikel Terkait