Kehidupan Masyarakat Masa Bercocok Tanam Ditandai Oleh?

Kehidupan Masyarakat Masa Bercocok Tanam Ditandai Oleh

kehidupan masyarakat masa bercocok tanam ditandai oleh?

Jawaban : Kehidupan masyarakat masa bercocok tanam ditandai oleh adanya perubahan tradisi yang semula mengumpulkan makanan atau food gathering menjadi menghasilkan makanan atau food producing.

Mengenal Kehidupan Masyarakat Masa Bercocok Tanam

Masa bercocok tanam merupakan masa dimana manusia telah mulai bertempat tinggal secara menetap dan hidup lebih teratur dalam sebuah kelompok. Pada masa bercocok tanam ini, muncul semacam perkampungan masyarakat kecil dengan terdapat kepala suku di dalamnya.

Masa bercocok tanam merupakan lanjutan setelah masa berburu dan meramu. Pada masa berburu dan meramu, masyarakat hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain menyesuaikan kondisi alam dan sumber daya yang ada.

Awalnya, kegiatan bercocok tanam dilakukan dengan menetap di suatu tempat dengan jangka waktu sementara. Namun seiring berkembangnya masa dan meningkatnya keahlian menanam, masyarakat mulai menetap untuk memproduksi makanannya sendiri secara terus-menerus.

Ciri kehidupan masyarakat masa bercocok tanam yang paling menonjol adalah berubahnya perilaku atau tradisi mengumpulkan makanan dan berburu menjadi menghasilkan makanan sendiri atau disebut sebagai food producing.

Kehidupan Sosial Masa Bercocok Tanam

Masyarakat yang hidup pada masa bercocok tanam melakukan pembersihan hutan kemudian menanaminya dengan tanaman-tanaman tertentu. Ketika tanah mulai tidak subur lagi, mereka berpindah ke tempat lain untuk menanam kembali. Namun dalam masyarakat bercocok tanam tingkat lanjut, sudah mulai melakukan kegiatan bercocok tanam dengan lahan yang tetap.

Masyarakat pada masa bercocok tanam biasanya hidup di sekitar hutan atau tempat yang kaya akan sumber daya alam. Mereka telah mengalami kemajuan dengan memiliki keahlian bercocok tanam serta memelihara hewan-hewan.

Kegiatan di dalam kelompok masyarakat masa bercocok tanam juga mulai teratur dan tertib. Dalam sebuah kelompok terdapat satu pemimpin yang dianggap memiliki kekuatan, wibawa, serta disegani dalam kelompoknya.

Kehidupan sosial masa bercocok tanam tidak lepas dari kegiatan gotong royong seluruh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.

Peninggalan Kehidupan Masa Bercocok Tanam

Masyarakat masa bercocok tanam telah mengalami kemajuan dengan bukti peninggalan berupa peralatan dari tanah liat, batu, dan tulang. Contohnya saja beliung persegi, kapak lonjong, mata panah, gerabah, bangunan Megalitikum (menhir, sarkofagus, dolmen, dll), perhiasan, dan sebagainya.

Artikel Terkait