Pengertian Abstraksi, Orientasi, Krisis, Reaksi, dan Koda

1 min read

Abstraksi

Teks anekdot adalah teks yang memuat cerita lucu, menjengkelkan, atau konyol yang berdasarkan kejadian sebenarnya. Teks anekdot punya ciri khas menarik yang membuat pembaca dapat menikmati sebuah cerita singkat yang memuat kelucuan.

Teks anekdot sebenarnya juga bisa dari rekaan yang berdasarkan pada ide-ide dari kejadian yang pernah terjadi di kehidupan nyata. Anekdot memiliki sebuah struktur, ciri, serta kaidah tersendiri sehingga dapat memenuhi syarat teks tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang struktur teks anekdot yang berisi abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

Struktur Teks Anekdot

Struktur teks anekdot merupakan bagian yang sangat penting dalam menciptakan sebuah cerita yang rapi, sesuai, serta benar-benar terbentuk. Struktur teks anekdot dibagi menjadi 5, yaitu abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Berikut ini pengertian masing-masing bagian struktur anekdot.

1. Abstraksi

Pengertian abstraksi adalah bagian awal (paragraf) yang berfungsi untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai isi teks. Umumnya, bagian ini menunjukkan hal unik yang terdapat dalam teks. Abstrak bisa juga disebut sebagai tahap pembukaan dan bersifat opsional.

2. Orientasi

Orientasi adalah bagian yang menunjukkan latar belakang bagaimana peristiwa itu terjadi atau bagian yang menunjukkan awal kejadian. Orientasi berfungsi untuk membangun sebuah teks dan biasanya penulis bercerita dengan detail pada bagian ini.

3. Krisis

Krisis adalah bagian yang berisi puncak masalah yang sedang terjadi. Bagian ini biasanya berisi sebuah sindiran yang akan ditujukan pada seseorang atau sekelompok orang dalam cerita. Krisis juga merupakan bagian yang tujuannya untuk menghibur.

4. Reaksi

Reaksi merupakan cara penulis atau orang yang diceritakan dalam menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian krisis. Reaksi juga dimaknai sebuah tanggapan yang diberikan orang sekitar terhadap krisis yang telah terjadi. Banyaknya reaksi tergantung pada krisis yang ada dalam cerita.

5. Koda

Koda adalah akhir cerita atau penutup. Bagian ini memuat kesimpulan tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan oleh penulis.

Nah itulah penjelasan tentang struktur teks anekdot yang berisi pengertian abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Struktur tersebut adalah bagian yang wajib ada dalam teks anekdot untuk menciptakan sebuah cerita yang utuh dan sesuai.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved