Permainan Bola Voli Diawali Dengan Pukulan

Permainan Bola Voli Diawali Dengan Pukulan

A. Service
B. Smash
C. Blocking
D. Passing

Jawaban : A. Service

Permainan bola voli diawali dengan pukulan service atau servis, kemudian melakukan passing bawah atau passing atas, di lanjutkan dengan set up untuk mengumpan bola untuk melakukan smash.

Bola Voli Adalah

Bola voli merupakan permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki 6 orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing timnya hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga ini dinaungi FIVB sebagai induk organisasi internasional. Sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sarana dan Prasarana Bola Voli

1. Lapangan

Lapangan permainan bola voli berukuran 9 kali 18 meter. Sedangkan garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 meter.

2. Bola

Regulasi FIVB menyebut bahwa bola harus bulat, memiliki keliling lingkaran antara 65 sampai 67 cm, terbuat dari kulit asli atau sintetis dengan sebuah bola dalam yang terbuat dari karet atau sejenisnya, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut harus sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

3. Net

Panjang net antara 9,5 sampai 10 meter, tinggi net putra 2,43 meter dan 2,24 meter untuk net putri. Lebarnya 1 meter (39,4 in).

Teknik Dasar

1. Service (Teknik dasar untuk memulai pertandingan bola voli).

2. Passing (Teknik pengumpan).

3. Smash (Pukulan keras ke arah lawan).

4. Blocking (Membendung bola dari lawan).

Artikel Terkait