Setting Sebuah Drama Mengandung Unsur? Jawaban dan Penjelasannya

Setting Sebuah Drama Mengandung Unsur

Mencari jawaban dari soal-soal materi pelajaran di Internet memang menjadi cara yang sangat mudah dan cepat. Namun kita juga harus tahu pembahasan atau alasan kenapa jawaban tersebut bisa benar. Tujuannya agar kita juga bisa belajar dan tahu materinya, bukan cuma cari jawaban tanpa paham maksudnya.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas soal pelajaran bahasa Indonesia tentang unsur intrinsik drama. Simak jawaban dan penjelasannya berikut ini.

Setting Sebuah Drama Mengandung Unsur

A. Tempat terjadinya peristiwa
B. Waktu peristiwa bergulir
C. Suasana cerita
D. Tempat dan waktu cerita
E. Tempat, waktu, dan suasana cerita

Jawaban

Setting dalam sebuah drama mengandung unsur tempat, waktu, dan suasana. Jadi jawaban yang paling tepat adalah E. Tempat, waktu, dan suasana.

Pembahasan

Drama adalah karya sastra berisi cerita tentang kehidupan yang dipamerkan atau ditunjukkan dalam bentuk tindakan atau perbuatan. Orang yang memerankan drama disebut sebagai aktor dan aktris.

Drama meiliki unsur intrinsik berupa tokoh, latar (setting), alur, tema, dan amanat. Nah di dalam latar atau setting terdapat aspek tempat, waktu, dan suasana yang menjadi dasaar peristiwa dalam sebuah teks drama.

Penutup

Demikian pembahasan soal bahasa Indonesia tentang unsur-unsur intrinsik drama pada bagian latar atau setting. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu Anda memahami unsur setting dalam drama.

Artikel Terkait