5 Simbol Cuaca Beserta dengan Penjelasannya

Simbol Cuaca – Cuaca merupakan keadaan udara di atmosfer pada waktu dan tempat tertentu yang sifatnya dapat berubah-ubah dan tidak menentu. Penilaian terhadap kategori cuaca biasanya didasarkan pada kondisi hujan, suhu udara, penguapan, kelembapan udara, kondisi awan, dan kecepatan angin di suatu tempat dari hari ke hari. Analisis cuaca menggunakan kurun waktu antara satu hari sampai dengan satu minggu.

Keadaan atau kondisi cuaca biasanya digambarkan dengan simbol-simbol tertentu yang biasa kita lihat di siaran TV cuaca, prediksi cuaca di internet, dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa simbol cuaca beserta dengan artinya. Apa saja? Silakan simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Cuaca Cerah

Cuaca cerah adalah keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya tanpa terhalang oleh awan. Ciri cirinya langit terang, matahari bersinar terang tetapi tidak terlalu panas, awan yang terlihat di langit hanya sedikit, dan udara terasa cukup hangat.

2. Cuaca Cerah Berawan

cuaca cerah berawan

Cuaca cerah berawan adalah cuaca di mana sinar matahari masih cukup menyinari bumi meskipun terdapat beberapa awan di langit. Cuaca cerah berawan biasanya belum menandakan turun hujan.

3. Cuaca Berawan / Mendung

cuaca mendung atau berawan

Cuaca berawan atau mendung adalah keadaan ketika langit dipenuhi oleh awan dan sinar matahari sulit menembusnya. Cuaca mendung biasanya menjadi awal akan turun hujan. Ciri cirinya adalah langit dipenuhi awan yang gelap, awan menebal, sinar matahari terhalang, suhu udara mulai dingin, dan akan turun hujan.

4. Cuaca Hujan

cuaca hujan

Cuaca hujan adalah keadaan ketika butiran-butiran air dari awan jatuh ke bumi. Saat cuaca hujan, udara terasa dingin dan langit menjadi gelap. Cahaya matahari hanya sedikit terpancar karena tertutup oleh awan yang tebal dan banyak.

5. Cuaca Badai / Hujan Disertai Petir

simbol cuaca badai

Cuaca badai adalah keadaan ketika hujan deras disertai dengan angin kendang dan petir. Kondisi cuaca ini sangat gelap, dingin, berangin, dan terdengar suara guntur berkali-kali. Cuaca badai menjadi kondisi cuaca yang berbahaya dan dapat merusak.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini tentang simbol-simbol keadaan cuaca, gambar simbol cuaca, serta artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Anda paham tentang macam-macam keadaan cuaca.

Artikel Terkait