Arti Stand By di Kamus dan Contoh Pemakaiannya

Arti Stand By

Arti Stand By – Anda mungkin pernah mendengar ucapan dari teman atau orang lain yang bercampur dengan bahasa Inggris. Contohnya “Andi, stand by dong, jangan kemana-mana”, nah bagi yang mungkin kurang mendalami bahasa Inggris pastinya bingung dengan maksud dan artinya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu stand by/ standby yang ada dalam Kamus Bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat.

Arti Stand By

1. Siaga
2. Bersiap
3. Bersiap-siap
4. Siap Sedia

Jadi kata stand by dalam kamus bahasa Inggris terjemah ke Indonesia mengandung arti yang ada kaitannya dengan keadaan siap siaga atau bersiap. Terkadang kata ini dicampur dalam kalimat bahasa Indonesia yang maknanya tetap sama, yaitu siaga.

Contoh Pemakaian Stand By dalam Bahasa Inggris

  • Stand by in their respective positions (Siaga di posisi masing-masing)
  • Stand by to attack the opposing team (Bersiaplah untuk menyerang tim lawan)
  • Standby in one hour (Siaga dalam satu jam)

Contoh Campuran Stand By dalam Bahasa Indonesia

  • Semua kelompok stand by di posisi masing-masing.
  • Tono, tetap stand by dan jaga pintu masuk.
  • Kita harus selalu stand by di gerbang belakang.

Keterangan

Dengan mengetahui arti setiap kosa kata baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing seperti Inggris, kita akan lebih mudah memahami serta mengaplikasikannya dalam sebuah percakapan, menyampaikan pendapat, atau suatu hal kepada orang lain.

Kata stand by yang telah kita pelajari di atas mengandung makna siap siaga dan bersiap-siap. Kata ini memang lazim dipakai dalam campuran bahasa Indonesia, sehingga makna yang terkandung di dalamnya masih sama seperti asal katanya dalam bahasa Inggris.

Jika menjumpai seseorang mengucap ‘stand by’ kepada Anda, maka artinya Anda harus siap siaga dengan keadaan tertentu atau selalu dalam keadaan siap untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin bisa terjadi.

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai arti stand by dalam kamus bahasa Inggris-Indonesia beserta contoh pemakaiannya dalam sebuah kalimat. Jadi kata stand by itu mengandung makna bersiap, siaga, dan siap sedia untuk suatu hal yang selanjutnya akan dilakukan.

Artikel Terkait