Arti Kulon Bahasa Jawa-Indonesia, Contoh, dan Penjelasannya

Arti Kulon
Arti kata kulon

Arti Kulon – Bahasa Jawa bagi kebanyakan orang dianggap sulit untuk dipelajari. Mungkin itu benar, sebab bahasa Jawa mencakup banyak sekali kosa-kata yang sulit untuk diucapkan oleh orang di luar Jawa. Terlebih lagi jika sudah masuk dalam Bahasa Jawa Krama dan Krama Inggil.

Kata dalam bahasa Jawa yang sering dipakai dalam percakapan tanpa unsur kesopanan disebut Ngoko. Nah kali ini kita akan membahas apa artinya Kulon dalam Bahasa Jawa (Ngoko) serta contohnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Arti Kulon Translate Jawa-Indonesia

Kulon : Barat

Kata kulon bermakna barat dalam bahasa Indonesia, kulon menjadi kata penunjuk arah mata angin. Kulon memiliki arti dalam kelas nomina atau disebut kata benda yang dapat menyatakan nama seseorang, tempat, atau sesuatu yang dibendakan. Berikut ini contoh penggunaan kata kulon dalam kehidupan sehari-hari (Bahasa Jawa).

Contoh Pemakaian Kata Kulon

  • Kantin ono ing kulon kelas c (Artinya : Kantin ada di barat kelas c)
  • Kulon omahku ono kolam renang (Artinya : Barat rumahku ada kolam renang)
  • Omahku ono ing sebelah kulon pasar (Artinya : Rumahku ada di sebelah barat pasar)
  • Dalan arah kulon macet total (Artinya : Jalan arah barat macet total)
  • Badak jowo ono ing ujung kulon (Artinya : Badak jawa ada di ujung kulon *nama tempat)

Itulah penjelasan arti kata kulon dari bahasa Jawa ke Indonesia. Jadi kesimpulannya kulon berarti arah mata angin barat yang dapat menunjukkan lokasi, arah, atau tempat. Kulon juga termasuk dalam kelas nomina yang menyatakan benda, nama, atau orang, sekian.

Tinggalkan Balasan