Arti Sugeng Dalu Bahasa Jawa dan Contoh Pengucapannya

Arti Sugeng Dalu
Sugeng dalu

Arti Sugeng Dalu – Mempelajari bahasa Jawa menurut sebagian orang dianggap sulit. Mungkin itu benar karena kosa kata dalam bahasa Jawa itu sangat luas. Ditambah lagi bahasa Jawa yang mencakup ngoko, krama, dan krama inggil.

Mungkin anda pernah mendengar kata Sugeng dalu dari seseorang atau dari lagu populer “Sugeng dalu”, namun tak tahu artinya. Sugeng dalu termasuk dalam bahasa Jawa Krama yang isinya halus. Berikut ini penjelasan serta contoh pengucapannya.

Arti Sugeng Dalu

Sugeng Dalu = Selamat Malam

Sugeng dalu translate bahasa Jawa-Indonesia berarti selamat malam. Sugeng dalu biasanya digunakan untuk pembuka atau penutup percakapan yang sifatnya sopan. Kata ini diucapkan oleh orang muda ke yang lebih tua atau dalam percakapan yang membutuhkan unsur kesopanan. Berikut ini beberapa contoh penggunaan sugeng dalu dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Sugeng Dalu

  • Sugeng dalu sedoyo hadirin (Artinya : Selamat malam untuk semua yang hadir)
  • Sugeng dalu pak ahmad (Artinya : Selamat malam pak ahmad)
  • Sugeng dalu rencang-rencang sedoyo (Artinya : Selamat malam teman-teman semuanya)
  • Kulo wangsul riyen, Sugeng dalu (Artinya : Saya pulang dulu, selamat malam)

Sugeng dalu pak, kulo pamit riyen (Artinya : Selamat malam pak, saya pamit dulu)Nah itulah penjelasan arti kata sugeng dalu dari bahasa Jawa ke Indonesia beserta contohnya. Kesimpulannya, sugeng dalu adalah kata halus dalam bahasa jawa yang berarti selamat malam. Kata sugeng dalu mengandung unsur kesopanan yang tinggi dalam sebuah percakapan, sekian.

Tinggalkan Balasan