Arti Mensiv / Mensiversary Beserta Penjelasannya

Arti Mensiv

Arti Mensiv – Istilah gaul begitu menjamur di kalangan muda zaman sekarang. Populernya setiap kata dalam bahasa gaul tak lepas dari alasan singkat, simpel, terkesan kekinian, dan mudah untuk diucapkan. Jadi tak heran jika bahasa gaul sering kita temui di media sosial hingga percakapan sehari-hari.

Kata dalam bahasa gaul bisa muncul dari serapan bahasa asing, singkatan kata, plesetan kata, hingga kata yang viral di media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, TikTok). Salah satunya adalah Mensiv, Happy Mensiv, atau Mensiversary. Bagi Anda yang baru pertama kali mendengarnya pasti penasaran dengan apa itu mensiv, jadi langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Arti Mensiv / Mensiversary

Mensiv merupakan bentuk pendek dari Mensiversary. Kata Mensiv lebih sering dipakai karena singkat dan mudah diucapkan ketimbang Mensiversary yang agaknya terlalu panjang.

Nah kata Mensiversary atau Mensiv artinya adalah Bentuk Perayaan Pada Tanggal Tertentu di Setiap Bulannya. Perayaan apa? bisa itu tanggal jadian, tanggal menikah, tanggal ulang tahun, gajian, dan lain sebagainya.

Misalnya kamu menikah di tanggal 7, maka mensiv atau mensiversary merupakan perayaan setiap bulan di tanggal 7. Bisa jadi pasanganmu memberi hadiah di tanggal tersebut atau kamu diajak jalan-jalan sebagai bentuk perayaan tanggal menikah.

Orang-orang biasa mengucapkan mensiv saja untuk perayaan hari (tanggal) tertentu setiap bulannya. Namun ada juga yang mengucapkan “Happy Mensiv / Happy Mensiversary” yang ditujukan untuk orang lain.

Asal Kata Mensiversary

Mensiversary berasal dari bahasa Latin yang bunyinya Mensis dan Versary. Mensis memiliki arti bulan, sedangkan versary memiliki arti titik balik.

Jadi jika dua kata ini digabungkan, maka dapat diartikan sebagai sebuah perayaan yang dirayakan pada tanggal yang sama tiap bulannya.

Perbedaan Mensiversary dan Anniversary

Memang pengucapannya hampir sama, namun mensiversary dan anniversary itu berbeda. Perbedaan yang paling jelas adalah terletak pada waktu (kapan perayaan tersebut dirayakan).

Jika mensiversary adalah perayaan tanggal di setiap bulannya, maka anniversary adalah perayaan tanggal di setiap tahunnya. Anniversary lebih umum digunakan untuk perayaan selamat ulang tahun.

Akhir Kata

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai arti mensiv dan arti mensiversary dalam istilah gaul yang populer akhir-akhir ini. Kesimpulannya, mensiv atau mensiversary merupakan bentuk perayaan tanggal tertentu di setiap bulannya.

Artikel Terkait