Arti Nolep : Pengertian, Ciri, Penyebab, Dan Cara Mengobati Sifat Nolep

4 min read

Arti Nolep

Arti Nolep – Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula bahasa yang dipakai dalam berinteraksi. Bicara tentang bahasa, kita pastinya selalu disuguhkan dengan kata bahasa gaul baru setiap harinya. Kata gaul selalu muncul mengikuti trend dan hal-hal yang sedang viral setiap waktu.

Biasanya bahasa gaul tercipta dari beberapa hal seperti plesetan bahasa baku, plesetan bahasa Inggris, singkatan kata baku, atau kata yang berasal dari kejadian yang sedang trending. Tentunya kita harus mengikuti perkembangan tersebut supaya tidak dibilang gaptek dan ketinggalan zaman.

Ada banyak kata gaul yang mungkin membuat kita penasaran dengan arti yang sebenarnya. Salah satunya adalah Nolep, mungkin Anda pernah dikatakan Nolep oleh orang lain, atau mendengar kata tersebut dalam sebuah percakapan.

Perlu Anda ketahui, Nolep merupakan sebuah kata bahasa Indonesia nonstandar atau bahasa yang tidak baku. Jadi, Arti Kata Nolep tidak akan Anda temukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Penasaran dengan arti nolep dan awal mula munculnya kata ini? Simak ulasan berikut.

A. Arti Kata Nolep

Arti Nolep

Nolep adalah salah satu bahasa slang atau bahasa gaul yang tidak ada dalam KBBI. Asal mula kata Nolep adalah dari serapan kata dalam bahasa Inggris yang diplesetkan, itu adalah kata “No Life”. No life sendiri berarti “Tidak Hidup” atau “Tak Punya Kehidupan”.

Jadi Arti Nolep adalah sebutan bagi orang yang tidak punya kehidupan atau tidak hidup dalam konteks kehidupan sosial. Orang Nolep adalah mereka yang membatasi dirinya untuk berinteraksi dengan dunia luar, lebih suka menyendiri, enggan bergaul, serta kurang peduli dengan hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Orang Nolep disebut punya kehidupan yang tidak normal layaknya kebanyakan orang, nolep dianggap seakan-akan tidak hidup. Kata Nolep biasanya dipakai untuk menyindir seseorang secara halus tentang kepribadiannya yang suka menyendiri dan tak mau menjalani kehidupan sosial.

B. Ciri-Ciri Kepribadian No Life

Ciri Ciri Nolep

Apakah Anda merasa Nolep? atau mungkin ada teman yang mengatakan kalau diri Anda adalah Nolep? Nah mari kenali contoh dan ciri-ciri kepribadian nolep yang sebenarnya berikut ini.

1. Menganggap masa depan tidaklah penting
2. Sering begadang untuk melakukan hal yang tidak penting
3. Memiliki sifat yang masih labil
4. Memiliki rasa solidaritas, empati, dan simpati yang rendah
5. Punya ketergantungan dengan perangkat elektronik
6. Hanya aktif di media sosial
7. Suka menjauhi kegiatan sosial atau organisasi
8. Menghabiskan banyak waktu dengan sendirian
9. Malas melakukan aktivitas fisik dan berolahraga
10. Lebih mementingkan diri sendiri
11. Pendiam dan suka menghindari interaksi
12. Sering canggung saat berbicara dengan orang lain
13. Malas mewujudkan cita-cita
14. Ketergantungan media sosial dan game
15. Nolep menyibukkan dirinya dengan sesuatu yang disukai
16. Punya sedikit teman di dunia nyata
17. Suka mengurung diri di kamar
18. Enggan menerima perintah dari orang lain
19. Penampilan acak-acakan dan jarang mandi
20. Biasanya seorang pecinta anime, game, atau meme

C. Apa Bedanya Nolep Dengan Introvert?

Perbedaan Introvert Dengan Nolep

Mungkin juga Anda bukanlah orang Nolep, tapi Introvert karena memang keduanya terlihat agak mirip. Namun kepribadian Introvert itu berbeda dengan sifat Nolep.

Orang introvert adalah mereka yang lebih suka menghabiskan waktu senggang untuk menyendiri. Orang introvert tidak melulu menghindari kehidupan sosial, mereka mau melakukan hal-hal tersebut, setelahnya si Introvert akan memilih menyendiri untuk melepas lelah dan mengisi energi.

Berbeda dengan kepribadian Nolep, orang nolep pada dasarnya adalah mereka yang malas bergaul, sengaja menghindari kehidupan sosial, serta kurang berpikir tentang nasib masa depan. Orang Nolep biasanya sengaja menghabiskan banyak waktu untuk menyendiri dan melakukan hal-hal yang disukai saja.

D. Penyebab Orang Menjadi Nolep

Penyebab Orang Menjadi Nolep

Kepribadian setiap orang memang bisa berubah-ubah setiap waktu, ada yang mulanya menyukai pergaulan sosial, namun berubah menjadi seorang yang No Life. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan terbentuknya sifat Nolep dalam diri seseorang.

1. Traumatis

Trauma masa lalu merupakan sebuah hal yang dapat merubah kepribadian seseorang secara drastis. Trauma membuat orang mengalami perubahan secara emosional dan psikologis yang mempengaruhi karakter dan kepribadian aslinya.

Trauma masa lalu yang terjadi karena hal buruk dapat menciptakan kepribadian Nolep. Contohnya seperti korban bullying, kehilangan teman semasa kecil, orang tua broken home, mengalami kejadian mengerikan, hingga selalu direndahkan orang lain.

Kejadian-kejadian tersebut mempengaruhi kepribadian secara drastis hingga membuat pola pikir seseorang berubah. Cara pandang mereka menganggap dunia luar adalah hal yang mengerikan sehingga mereka memilih untuk mengikuti jalan hidup “Kesendirian” atau nolep.

2. Terjebak Dalam Kenyamanan

Orang yang semula menyukai kehidupan sosial bisa menjadi Nolep jika terlalu lama terjebak dalam zona nyaman. Hal ini terjadi ketika seseorang punya waktu luang yang cukup panjang seperti waktu libur dan ia habiskan untuk menyendiri melakukan sesuatu yang disukainya.

Kondisi ini memang membuat nyaman dan cukup menyenangkan, tapi jika berjalan dalam waktu yang panjang, maka sedikit demi-sedikit kepribadiannya akan berubah. Cara berpikirnya pun berubah drastis yang semula menyukai interaksi sosial menjadi suka menyendiri.

3. Kondisi Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Berada dalam lingkungan yang buruk membuat seseorang terpaksa menghindarinya dan memilih menyendiri untuk menghindari pergaulan yang negatif.

Karena keadaan yang memaksa inilah, seseorang menghabiskan banyak waktu di rumah dan akhirnya memiliki kepribadian No Life.

4. Kebiasaan Buruk

Penyebab nolep yang selanjutnya adalah kebiasaan buruk yang terlalu sering dilakukan. Misalnya bermain game, maraton film, hingga bermain media sosial. Hal-hal seperti ini akan membuat seseorang kehabisan banyak waktu sehingga waktu untuk bergaul dan bersosial tidak ada.

5. Memang Sudah Menjadi Pilihan

Ada juga orang yang memang membentuk kepribadian nolep dalam dirinya karena pilihannya sendiri. Mereka menganggap nolep adalah hal yang menyenangkan, lebih-lebih mereka menganggap nolep membuatnya terlepas dari pergaulan bebas.

Setiap orang memang dapat memilih kepribadiannya sendiri, jika anda sedang mencari jati diri, sebaiknya jangan berdasarkan pada alasan yang berdasarkan pada hal-hal yang disukai. Jika memang begitu, Anda mungkin akan terjebak dalam kepribadian No Life.

E. Bagaimana Mengobati Nolep

Mengobati Sifat Nolep

Kepribadian dapat tercipta dan dapat juga dirubah, termasuk sifat Nolep. Pada dasarnya Nolep itu mudah dihilangkan dengan membiasakan diri melakukan kegiatan sosial. Sedikit-demi sedikit, hal tersebut membuatnya menyadari bahwa kehidupan sosial lebih menyenangkan daripada menyendiri.

Nah tentang cara mengobati sifat nolep lebih lengkap, simak ulasan berikut ini.

1. Berpikir Tentang Masa Depan

Yang pertama, kita harus menyadari bahwa kehidupan masa depan adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperjuangkan. Masa depan suram akan selalu berujung pada penyesalan sehingga muncul perkataan “Mengapa dulu aku tak mau berusaha dan memikirkan masa depan”.

-baca juga : 5 arti glow up dalam bahasa gaul

2. Membiasakan Diri Berbicara Dan Bergaul

Dimanapun kita berada, sebaiknya kita membiasakan diri untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Terlebih lagi ketika bersama dengan teman-teman, kita perlu menjadi orang yang suka membahas suatu topik pembicaraan, serta mau mendengar perkataan orang lain.

3. Cintai Diri Sendiri

Apa yang kita lakukan adalah apa yang akan kita peroleh nanti. Dengan mencintai diri sendiri, kita sadar akan pentingnya membentuk kepribadian yang terbuka dan lebih berpikir maju. Perubahan tersebut juga dampak positifnya akan kita rasakan sendiri di masa yang akan datang. Tidak seperti kepribadian Nolep yang mendekati masa depan suram.

4. Me Time Dengan Melakukan Hal Positif

Jika ada waktu sendiri / me time, sebaiknya kita gunakan untuk hal-hal yang berguna. Salah satunya adalah melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, berusaha menciptakan peluang, atau kegiatan yang berguna untuk cita-cita di masa depan.

5. Menyadari Mahalnya Waktu

Waktu adalah sesuatu yang terus berjalan maju, waktu tak bisa diundur dan biasanya waktu yang tidak digunakan dengan baik berujung pada penyesalan. Karena itulah ketimbang menghabiskan waktu untuk nolep dan melakukan hal-hal yang tak berguna, waktu kita digunakan untuk hal-hal positif.

Seorang nolep biasanya mengahabiskan sebagian besar waktu tiap hari untuk main game, nonton film, hingga media sosial nonstop. Secara tidak sadar hal tersebut membuang beberapa Jam yang berharga dalam umur kita yang singkat ini.

Penutup

Kesimpulannya, Nolep adalah sebutan bagi orang yang tidak hidup dalam sosial serta suka menghabiskan waktu sendiri melakukan hal-hal yang disukai. Kepribadian nolep sebaiknya kita hilangkan dengan membiasakan diri bergaul dengan lingkungan sekitar. Nah, jika masih ada pertanyaan seputar Nolep / No Life, silahkan tulis di kolom komentar.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved