Arti Qtime dan Fungsinya Bagi Kesehatan Mental & Fisik

Qtime Artinya

Qtime Artinya – Ketika bermain media sosial, tak jarang kita menemui berbagai macam istilah gaul yang dipakai anak muda zaman sekarang. Penggunaan bahasa gaul tentu saja ada alasannya, yaitu mengikuti tren, agar terlihat kekinian, ingin simpel, dan ingin kata yang mudah diucap di mulut.

Berbagai macam istilah gaul bisa muncul dari mana saja seperti serapan bahasa asing, singkatan kata, gabungan kata, hingga plesetan kata. Salah satu yang cukup populer adalah ‘Qtime’, kata ini sering dipakai di media sosial dan bahkan dalam percakapan sehari-hari. Jika Anda adalah salah satu yang penasaran dengan artinya, maka langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Arti Qtime

Qtime kependekan dari Quality Time

Qtime artinya Waktu Yang Berkualitas

Jadi kata qtime atau quality time ini mengandung definisi sebagai waktu yang dihabiskan orang-orang untuk memberi perhatian kepada orang-orang yang mereka sayangi, seperti pasangan, keluarga, atau sahabat tanpa ada gangguan hal lain dari luar ketika bersama mereka.

Qtime atau quality time bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu (seperti hari libur) dengan bersama orang terdekat. Waktu tersebut diisi dengan berbagai kegiatan atau hal sederhana yang berkenaan dengan kebersamaan, seperti bermain, berbincang-bincang, makan-makan, menonton bareng, dan lain sebagainya.

Fungsi Quality Time

Dalam menjalani hidup, kita tentunya perlu meluangkan waktu walau sejenak untuk berkumpul bersama orang-orang yang disayangi. Waktu ini sangat berkualitas sesuai namanya karena memiliki banyak manfaat dan fungsi dalam mempertahankan ikatan yang erat.

1. Menurunkan Tingkat Stres

Pekerjaan harian yang berat biasa menimbulkan rasa tertekan secara emosional maupun fisik sehingga menimbulkan stres. Kondisi ini dapat diatasi salah satunya dengan quality time, yaitu berkumpul bersama dengan orang-orang yang paling berharga.

2. Sebagai Gambaran Rasa Sayang

Walaupun dalam waktu yang sebentar, qtime harus benar-benar kita jalani entah itu satu minggu sekali (ketika hari libur) atau setiap waktu berkumpul (seperti waktu makan) karena dapat mencerminkan rasa kepedulian terhadap orang yang disayangi.

3. Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Berkumpul dengan orang-orang yang disayangi ternyata baik bagi kesehatan mental atau emosional seseorang. Kegiatan berkumpul-kumpul dapat menciptakan suasana hati yang menyenangkan serta memulihkan emosional yang sebelumnya tertekan.

Selain itu, aktivitas-aktivitas ringan di waktu berkualitas atau qtime juga dapat membantu memulihkan energi sehingga fisik dapat kembali bugar seperti biasa.

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai arti qtime dalam istilah gaul serta fungsi penting yang terkandung di dalamnya. Jadi qtime merupakan waktu berkualitas yang hanya bisa diperoleh ketika menghabiskan waktu bersama orang-orang yang disayangi atau orang-orang terdekat.

Artikel Terkait