22 Contoh Peraturan Kelas untuk SD, SMP, SMA, dan SMK

Contoh Peraturan Kelas

Contoh Peraturan Kelas – Peraturan kelas adalah sebuah aturan yang dibuat dan disepakati agar proses pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung dengan lancar dan tertib, serta untuk mengatur perilaku para siswa dari hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Peraturan atau tata tertib kelas menjadi salah satu aspek penting yang harus ada di setiap kelas. Dengan adanya aturan, maka siswa di kelas akan menjadi teratur serta lingkungan kelas menjadi nyaman dan kondusif.

Peraturan kelas mencakup berbagai macam hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari siswa di dalam kelas. Misalnya peraturan melarang siswa tidur di kelas saat pelajaran, siswa masuk ke dalam kelas tepat waktu, siswa harus menjaga kebersihan kelas, dan masih banyak lagi.

Nah jika Anda sedang membuat atau mencari referensi peraturan di kelas, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh peraturan di kelas yang menarik dan efektif agar ditaati dan dilaksanakan seluruh siswa di kelas.

Contoh Peraturan di Kelas

1. Siswa Harus Memperhatikan Guru saat Mengajar

Yang pertama, aturan ini berkaitan dengan proses pembelajaran di mana siswa wajib memperhatikan papan tulis dan guru saat guru menyampaikan materi pelajaran. Peraturan ini sangat penting ditaati agar siswa mudah dalam menyerap ilmu yang diberikan guru.

2. Siswa Memasuki Ruang Kelas Tepat Waktu

Yang kedua, siswa diharuskan untuk datang dan masuk ke kelas tepat pada watunya. Alangkah lebih baiknya lagi jika siswa bisa masuk ke kelas setidaknya 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai agar siswa bisa menyiapkan pelajaran, menata meja, dan duduk rapi.

3. Melaksanakan Tugas Piket Sesuai Jadwal yang Telah Ditentukan

Ketiga, peraturan di kelas yang penting dibuat adalah mewajibkan siswa untuk mengerjakan tugas piket sesuai dengan hari atau jadwal yang telah ditentukan. Siswa harus mengerjakan tugas seperti menyapu lantai, merapikan bangku, menghapus papan tulis, mengepel lantai, dan sebagainya.

4. Selalu Menjaga Kebersihan dan Membuang Sampah pada Tempatnya

Selanjutnya, peraturan kelas tentang kebersihan juga tidak boleh dilupakan karena peraturan ini penting untuk menciptakan ruang kelas yang bersih, harum, dan nyaman. Siswa diberi kewajiban untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan kelas dan selalu membuang sampah pada tempatnya.

5. Meminta Izin jika Hendak ke Kamar Mandi / Toilet

Jika siswa ingin meninggalkan kelas untuk suatu urusan seperti pergi ke kamar mandi, maka siswa diharuskan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada guru yang sedang mengajar. Siswa juga diharapkan kembali ke kelas secepatnya setelah pergi ke toilet agar tidak tertinggal pelajaran.

6. Dilarang Menyalakan Ponsel ketika Jam Pelajaran

Selanjutnya, siswa tidak boleh menyalakan HP atau Ponsel selama jam pelajaran masih berlangsung. Peraturan ini harus ditaati agar siswa tahu cara menghormati guru yang sedang mengajar dan dapat fokus memperhatikan guru.

7. Dilarang Makan dan Minum saat Jam Pelajaran

Makan dan minum ada waktunya sendiri, yakni ketika jam istirahat berlangsung. Siswa dilarang makan dan minum di kelas saat jam pelajaran masih berlangsung, sebab sikap tersebut tidak sopan dan mengganggu kegiatan belajar.

8. Dilarang Menyontek saat Mengerjakan Soal Ulangan / Ujian

Larangan menyontek harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua siswa di kelas demi perkembangan belajar mereka. Dengan tidak menyontek, siswa akan berusaha sendiri dengan belajar giat untuk memperoleh nilai yang baik.

9. Memakai Seragam Rapi dan Bersih

Kerapian termasuk hal yang penting untuk diatur akan menciptakan pribadi siswa yang suka dengan kerapian dan patuh aturan. Siswa diharuskan mengenakan seragam dengan rapi dan bersih untuk menjaga penampilannya.

10. Mengenakan Atribut sesuai Ketentuan Sekolah

Siswa harus melengkapi atribut sesuai dengan ketentuan sekolah, misalnya logo OSIS, tanda kelas, dasi, ikat pinggang, topi, kaos kaki, dan sebagainya.

Ketahui juga : contoh tata tertib untuk kelas.

11. Siswa Dilarang Menghina atau Mengejek Teman

Sesama teman harus saling mendukung, menyayangi, dan juga menghargai. Oleh karena itu, siswa tidak boleh menghina, merendahkan, atau mengejek sesama teman di kelas. Jika peraturan ini bisa ditaati, maka suasana di kelas akan rukun, damai, dan bahagia.

12. Siswa Bersikap Sopan Santun Terhadap Teman dan Guru

Selanjutnya, siswa harus punya sopan santun terhadap sesama teman maupun guru. Contoh sopan santun antara lain adalah memperhatikan guru saat mengajar, mengangkat tangan ketika ingin bertanya, tidak memotong pembicaraan, mengucapkan salam, mengucapkan terima kasih, dan sebagainya.

13. Siswa Harus Memakai Bahasa yang Sopan dan Halus

Ketika berbicara di kelas, siswa harus memakai bahasa yang sopan dan halus kepada teman ataupun guru. Siswa dilarang memakai bahasa kasar atau berkata yang menyakiti hati orang lain.

14. Petugas Piket Hadir Lebih Pagi

Bagi siswa yang bertugas piket sesuai jadwalnya, maka ia harus datang lebih awal atau pagi untuk mengerjakan tugas piket. Dengan begitu, ruang kelas akan menjadi bersih dan rapi sebelum teman-teman yang lain datang.

15. Dilarang Bersuara Keras dan Membuat Gaduh di Kelas

Contoh peraturan kelas selanjutnya adalah dilarang bersuara keras atau membuat gaduh selama berada di dalam kelas. Tujuannya agar tidak mengganggu kegiatan pembelajaran dan juga tidak mengganggu kelas lain.

16. Siswa Harus Melepas Sepatu saat Memasuki Kelas dan Menaruhnya di Rak

Di beberapa kelas, terkadang ada peraturan yang mewajibkan siswanya untuk melepas alas kaki sebelum masuk kelas. Tujuannya agar lantai kelas tetap bersih dan lingkungan kelas tidak bau. Nah, untuk peraturan yang satu ini sifatnya opsional, jadi boleh diterapkan, boleh tidak.

17. Siswa yang Terlambat Datang Harus Membuat Surat Izin / Keterangan Terlambat

Untuk menciptakan kedisiplinan siswa, ada aturan yang mengharuskan siswa yang terlambat untuk membuat surat izin atau surat keterangan dari guru piket. Dengan begitu, siswa tidak akan mengulangi keterlambatannya lagi di hari berikutnya.

18. Memberi Salam dan Mengucapkan Terima Kasih kepada Guru yang Mengajar

Saat guru memasuki kelas, maka siswa harus memberi salam kepada guru. Kemudian setelah guru selesai menyampaikan materi pelajaran, hendaknya siswa mengucapkan terima kasih sebagai bentuk penghormatan kepada guru.

19. Siswa Segera Memasuki Ruang Kelas jika Bel Jam Pelajaran telah Berbunyi

Selanjutnya, bila bel jam pelajaran sudah berbunyi, maka siswa harus segera memasuki kelas, duduk rapi, menyiapkan, buku dan alat tulis, serta bersiap menyambut guru yang datang.

20. Wajib Mengerjakan Tugas dan PR yang Diberikan Guru

Kewajiban siswa di sekolah adalah belajar dan mematuhi guru. Salah satunya juga adalah dengan mengerjakan tugas dan PR yang telah diberikan guru.

21. Siswa Menjaga dan Merawat Fasilitas yang Ada di dalam Kelas

Contoh peraturan di kelas selanjutnya adalah siswa wajib menjaga semua fasilitas yang ada di ruang kelas. Artinya, siswa harus berhati-hati dalam memakainya dan selalu merawat fasilitas yang ada dengan baik agar tidak cepat rusak.

22. Siswa Berdoa ketika Mengawali Jam Pelajaran dan sebelum Pulang Sekolah

Ketika jam menunjukkan pukul 7 pagi tepat, siswa diharapkan telah duduk rapi untuk memulai doa bersama mengawali kegiatan belajar. Kemudian sebelum pulang sekolah, siswa juga berdoa lagi untuk mengakhiri kegiatan belajar hari itu.

Akhir Kata

Itulah contoh peraturan kelas untuk SD, MI, SMP, MTS, SMA, atau SMK yang efektif serta penting untuk dilaksanakan. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang pentingnya peraturan di kelas.

Artikel Terkait