10 Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Lingkungan Keluarga

Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Lingkungan Keluarga

Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) memiliki arti negara yang utuh wilayahnya, rakyatnya, pemerintahannya, memiliki tujuan nasional, serta memiliki kedaulatan. Menjaga keutuhan NKRI merupakan keharusan bagi seluruh warga negara Indonesia, artinya semua elemen masyarakat memiliki peran dalam menjaga dan menciptakan keutuhan di Indonesia.

Kita tahu Indonesia adalah negara yang penuh keragaman, mulai dari keragaman budaya, agama, suku, golongan, adat istiadat, hingga bahasa. Keberagaman bukanlah sesuatu yang dapat memisahkan atau memecah belah warga Indonesia. Justru keragaman inilah yang menjadi aspek penting bagaimana masyarakat Indonesia bisa bersatu tanpa memandang perbedaan.

Dengan persatuan dan keutuhan NKRI terjaga, maka negara Indonesia bisa berdiri sendiri, berdaulat, bersatu, serta tidak terpecah belah dalam berbagai aspek kenegaraan.

Pada dasarnya, menjaga keutuhan NKRI tidak serta-merta diartikan luas, namun bisa mencakup bidang kecil seperti di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, hingga lingkungan masyarakat. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh sikap menjaga keutuhan NKRI di lingkungan keluarga/rumah yang perlu dijalankan oleh seluruh anggota keluarga di rumah.

Contoh Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI di Lingkungan Keluarga

1. Menghormati dan Menyayangi Anggota Keluarga

Dalam kehidupan di lingkungan keluarga, hendaknya kita menyayangi yang muda dan menghormati yang tua. Artinya, ayah dan ibu harus menyayangi keluarga dan anaknya, kemudian Anak harus patuh dan hormat kepada orang tua. Dengan menerapkan sikap saling menghormati dan menyayangi, maka kehidupan di dalam rumah tangga akan menjadi utuh, rukun, dan tenteram.

2. Mematuhi Peraturan di Lingkungan Keluarga

Aturan di rumah biasanya dibuat oleh orang tua (ayah/ibu) untuk dipatuhi dan dilaksanakan seluruh anggota keluarga. Peraturan ini bertujuan untuk menciptakan keteraturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah.

Mematuhi peraturan dan tata tertib di rumah termasuk salah satu bentuk perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan keluarga. Jadi kita harus bisa berusaha semaksimal mungkin menjalankan peraturan dan menjauhi hal-hal yang melanggar aturan di rumah.

3. Menjalin Hubungan Baik dan Kerukunan dengan Saudara

Biasanya dengan saudara di rumah, kita sering bertengkar dan berselisih, padahal saudara adalah hal yang sangat penting dalam hidup kita. Alangkah baiknya kita bisa menjalin kerukunan dengan kakak atau adik. Caranya adalah menghindari pertengkaran, bersikap adil, tidak membanding-bandingkan, serta saling berbuat baik dengan saudara.

4. Saling Tolong Menolong terhadap Anggota Keluarga

Contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan keluarga selanjutnya adalah saling tolong menolong antara anggota keluarga. Misalnya bila ada kakak, adik, atau orang tua sedang tertimpa masalah dan menghadapi kesulitan, maka hendaknya kita membantu semaksimal mungkin untuk meringankan beban yang mereka hadapi.

Selain dapat meringankan beban masalah, tolong menolong juga akan menciptakan kehidupan di lingkungan keluarga yang rukun, saling menyayangi, saling memperhatikan, dan mencegah terjadinya perselisihan.

5. Menghargai Perbedaan Pendapat di Lingkungan Keluarga

Perbedaan pendapat memang selalu ada di mana pun kita berada, termasuk di lingkungan keluarga sendiri. Sikap yang harus kita lakukan adalah menghargai setiap pendapat yang dikeluarkan oleh anggota keluarga. Selain itu, kita juga tidak boleh memaksakan pendapat pribadi kepada mereka atau merasa paling benar dalam berpendapat.

6. Berbicara Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Halus di Rumah

Ketika berbicara dengan adik, kakak, ayah ataupun ibu, hendaknya kita menggunakan bahasa yang halus dan sopan. Kita tidak boleh mengeluarkan kata-kata kasar atau dengan nada yang keras. Dengan membiasakan sikap baik ini, maka suasana di lingkungan keluarga menjadi sangat nyaman, rukun, dan saling menyayangi.

7. Menjaga Nama Baik Keluarga

Menjaga nama baik keluarga bisa dilakukan dengan membiasakan diri bersikap baik di lingkungan rumah maupun masyarakat. Hal ini penting dilakukan untuk menciptakan keutuhan serta keluarga yang terhindar dari masalah sosial.

8. Mematuhi Orang Tua di Rumah

Sebagai anak, kita wajib patuh dan hormat terhadap orang tua. Bahkan dalam hal kecil seperti disuruh orang tua untuk membelikan sesuatu di toko, hendaknya kita segera melaksanakan perintah orang tua dengan baik dan tidak membantah.

9. Rajin Belajar untuk Membanggakan Orang Tua

Contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan keluarga selanjutnya adalah rajin belajar bagi kita yang berstatus sebagai siswa atau pelajar. Dengan rajin belajar, maka kita bisa memperoleh nilai yang baik, membanggakan orang tua, dan tidak menyia-nyiakan uang yang dikeluarkan orang tua untuk biaya sekolah kita.

10. Menghargai Perbedaan dan Keberagaman di Lingkungan Keluarga

Di dalam lingkungan keluarga, terkadang ada perbedaan ciri fisik, bahasa, budaya, agama, atau bahkan pendapat. Sikap yang baik adalah kita harus bisa menghargai perbedaan yang ada dan tetap menjalin hubungan kekeluargaan dengan baik tanpa mendiskriminasi atau saling membenci.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI di lingkungan keluarga. Intinya, kita harus bisa menaati setiap norma dan aturan di keluarga, menjalin hubungan baik dengan keluarga, menjaga kerukunan, serta saling tolong menolong antara anggota keluarga.

Artikel Terkait