20 Contoh Tanggung Jawab Siswa di Sekolah secara Lengkap

Contoh Tanggung Jawab Siswa di Sekolah

Tanggung jawab merupakan sikap yang sangat penting dimiliki setiap orang dalam menjalani hidup. Tanggung jawab bahkan sudah diajarkan sejak dini di lingkungan rumah oleh orang tua kita, kemudian dilanjutkan di lingkungan sekolah agar kita tahu seberapa penting tanggung jawab sebagai bekal hidup.

Pengertian Tanggung Jawab

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya).

Secara harfiah, tanggung jawab merupakan kondisi di mana setiap individu memiliki kewajiban untuk menanggung segala sesuatunya sendirian meskipun beban yang ditanggung disebabkan pihak lain.

Kemudian dalam pengertian umum, tanggung jawab adalah kesadaran seseorang terhadap tindakan maupun perilaku yang secara sengaja maupun tidak disengaja. Seseorang yang memiliki sikap tanggung jawab akan menanggung hasil dari perbuatannya sendiri serta menanggung apa yang diberikan oleh pihak lain.

Penerapan Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan sikap yang harus melekat dalam diri setiap orang di mana pun berada dan kepada siapa pun yang berinteraksi dengannya.

Di lingkungan rumah, kita memiliki tanggung jawab mematuhi orang tua, menjalankan tugas-tugas rumah, serta patuh aturan di rumah. Sedangkan di sekolah, kita bertanggung jawab dalam menuntut ilmu, mematuhi guru, serta mengerjakan setiap tugas dan PR.

Nah, kali ini kita akan membahas lebih lengkap apa saja tanggung jawab seorang siswa di sekolah, jadi langsung saja simak berikut ini.

Contoh Tanggung Jawab Siswa di Sekolah

1. Belajar dengan Giat dan Tekun

Tanggung jawab seorang murid di lingkungan sekolah yang pertama adalah belajar dengan rajin dan tekun. Siswa diharapkan mengikuti setiap materi pelajaran yang diberikan guru, memperhatikan guru saat mengajar, serta mengulang sendiri materi pelajaran tersebut hingga paham.

Belajar dengan rajin dapat membuat siswa memperoleh nilai yang bagus, dampaknya tentu akan kembali ke diri siswa itu sendiri. Dengan nilai tinggi serta penguasaan ilmu yang baik, maka siswa akan lebih mudah dalam menghadapi masa depan.

2. Menaati Tata Tertib dan Peraturan Sekolah

Di lingkungan sekolah, siswa terikat oleh peraturan serta tata tertib yang telah ditentukan sekolahan. Siswa wajib dan harus mengikuti peraturan serta tata tertib yang ada, bila melanggar aturan sekolah, maka siswa akan dikenakan sanksi tertentu sesuai tingkat pelanggaran yang dilakukan.

3. Datang ke Sekolah Tepat Waktu

Tanggung jawab seorang peserta didik selanjutnya adalah harus hadir di sekolahan tepat pada waktunya. Umumnya sekolah masuk di jam 7 tepat, siswa hendaknya berangkat dari rumah pagi-pagi sekali agar bisa sampai di sekolah sebelum jam 7.

4. Menghormati Guru, Staf, dan Pegawai Sekolah

Di lingkungan sekolah, siswa wajib menghormati warga sekolah yang ada, mulai dari guru, staf, hingga seluruh pegawai sekolah. Menghormati guru bisa dilakukan dengan patuh terhadap guru, memperhatikan guru saat mengajar, bersikap sopan, mengucapkan salam kepada guru, berbicara menggunakan bahasa yang halus, dan lain sebagainya.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap orang, termasuk juga di lingkungan sekolah. Siswa hendaknya membuang sampah pada tempatnya, rutin membersihkan kelas, tidak mengotori fasilitas sekolah, serta ikut dalam kegiatan gotong royong di sekolah.

6. Menjaga Kerukunan Antarsiswa

Selanjutnya, tanggung jawab seorang siswa di sekolah adalah menjaga kerukunan dengan siswa lain. Caranya adalah dengan menjalin hubungan pertemanan yang baik, tidak mencari masalah dengan kelas lain, serta bekerja sama dengan teman untuk menciptakan kerukunan.

Baca juga : contoh hidup rukun di lingkungan sekolah

7. Mengerjakan Tugas Piket Sesuai Jadwal

Tugas piket merupakan tanggung jawab yang diberikan oleh kelas kepada setiap murid secara bergiliran. Oleh sebab itu, murid harus mau mengerjakan tugas piket sesuai jadwalnya berupa menyapu lantai, menghapus papan tulis, merapikan meja, dan sebagainya.

8. Mengerjakan Tugas yang Diberikan Guru

Jika guru memberikan tugas kepada siswa, maka tugas tersebut menjadi tanggung jawab yang harus diselesaikan siswa. Jika tugasnya berupa tugas kelompok, maka semua siswa yang tergabung dalam kelompok harus ikut mengerjakan dan menyelesaikannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

9. Mengerjakan PR di Rumah

PR atau pekerjaan rumah merupakan tanggung jawab yang harus dikerjakan setiap siswa di rumah ketika waktu belajar atau malam hari. Jangan sampai telat mengerjakan PR atau mengerjakan PR di sekolah menjelang waktu pengumpulan.

10. Mengikuti Jam Pelajaran di Kelas

Contoh tanggung jawab di sekolah selanjutnya adalah hadir di kelas untuk mengikuti jam pelajaran. Bila siswa ada tidak bisa mengikuti pelajaran karena suatu alasan seperti sakit , maka siswa harus meminta izin terlebih dahulu kepada guru yang mengajar.

11. Tidak Menyontek saat Ujian atau Melakukan Kecurangan Lainnya

Mengerjakan tugas, PR, ulangan, atau ujian harus dilakukan sendiri-sendiri oleh siswa. Siswa dilarang melakukan kecurangan seperti membawa contekan di kertas, menyontek teman, dan bentuk kecurangan-kecurangan lainnya.

12. Mengenakan Seragam Sesuai Peraturan Sekolah

Tanggung jawab lainnya yang harus dilaksanakan siswa adalah mengenakan seragam sesuai jadwal dan peraturan sekolah. Di samping itu, siswa juga dituntut untuk berpakaian rapi, teratur, mengenakan atribut dari sekolah, serta lengkap.

Baca juga : contoh peraturan tertulis di sekolah

13. Menjaga Nama Baik Sekolah

Berperilaku baik di dalam maupun luar sekolah akan berdampak pada nama baik sekolah. Oleh sebab itu, siswa harus membiasakan diri bersikap baik dan menjauhi perbuatan yang dapat merusak nama baik sekolah.

14. Memiliki Sikap Toleransi di Lingkungan Sekolah

Keberagaman bisa ditemui di mana saja, termasuk di lingkungan sekolah. Keberagaman bisa berupa keberagaman agama, budaya, bahasa, hingga ciri fisik. Hal ini tentu mendorong setiap siswa untuk memiliki tanggung jawab menjaga toleransi antarteman dan warga sekolah lainnya.

Toleransi berarti saling menghormati, tidak mendiskriminasi, tidak saling merendahkan, serta menjalin hubungan yang baik meskipun dengan latar belakang yang berbeda-beda.

15. Mengikuti Ujian dan Ulangan dengan Sungguh-Sungguh

Ujian merupakan tahapan belajar yang harus dilalui oleh setiap siswa. Diharapkan siswa memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi ujian, misalnya dengan belajar sungguh-sungguh, mengerjakan sendiri tanpa melakukan kecurangan, dan berusaha memperoleh nilai yang tinggi.

16. Memasuki Kelas Sebelum Jam Pelajaran Dimulai

Siswa harus siap di kelas beberapa menit sebelum jam pelajaran dimulai dan guru datang mengajar. Di waktu tersebut, siswa hendaknya telah menyiapkan peralatan belajar, merapikan tempat duduk, serta duduk rapi dan tenang di kelas.

17. Mengikuti Kegiatan yang Diadakan Sekolah

Bila sekolah mengadakan kegiatan tertentu seperti perlombaan, rapat, pemilihan OSIS, atau yang lainnya, maka siswa bertanggung jawab untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

18. Bersikap Jujur Terhadap Seluruh Warga Sekolah

Sikap jujur termasuk tanggung jawab seorang siswa di lingkungan sekolah. Jujur harus diterapkan kepada teman, guru, kepala sekolah, staf, hingga pegawai sekolah. Dengan bersikap jujur, maka seorang siswa akan dapat dipercaya dan disukai orang lain.

19. Menjaga dan Tidak Merusak Fasilitas Sekolah

Siswa hendaknya ikut serta dalam menjaga fasilitas sekolah dan menggunakannya dengan baik agar tidak rusak. Misalnya menggunakan lapangan olahraga sesuai aturan, memakai komputer sekolah untuk belajar, tidak merusak bangku kelas, dan masih banyak lagi.

20. Patuh Terhadap Nasihat dan Perintah Guru

Guru merupakan orang tua bagi siswa di sekolah. Guru wajib dihormati dan dipatuhi semua nasihat serta perintahnya. Caranya dengan memperhatikan guru saat mengajar, melaksanakan apa yang diperintahkan guru, serta mendengarkan perkataan atau nasihat baik dari guru.

Manfaat Sikap Tanggung Jawab

Menerapkan perilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari tentu memberi manfaat yang besar bagi diri kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan tanggung jawab yang bisa diperoleh.

1. Dipercaya Orang Lain

Ketika kita menjadi pribadi yang selalu bertanggung jawab, maka orang lain akan lebih mudah percaya dengan diri kita. Orang lain akan percaya bahwa kita mampu mengemban dan menjalankan berbagai macam tugas dengan baik.

2. Menjadi Pribadi yang Teliti

Tanggung jawab mengajarkan kita untuk selalu teliti mengerjakan tugas, tepat waktu, serta tidak menunda-nunda. Dengan ketelitian ini, maka kita akan lebih mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau mengerjakan hal rumit.

3. Dihargai dan Disukai Orang Lain

Manfaat sikap tanggung jawab selanjutnya adalah kita akan lebih dihargai dan disukai oleh orang lain. Tak heran bila orang yang bertanggung jawab selalu dikelilingi banyak orang dan memiliki hubungan pertemanan yang luas.

4. Memudahkan Kita dalam Meraih Kesuksesan

Tanggung jawab merupakan dasar yang sangat penting dalam meraih kesuksesan di masa depan. Dengan memiliki tanggung jawab, maka seseorang dapat menjalankan tugas sengan baik, mengatur waktu dengan baik, hingga memiliki keberanian mencoba hal baru yang berujung pada kesuksesan.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang apa itu tanggung jawab dan contoh tanggung jawab siswa di sekolah. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang pentingnya menerapkan sikap tanggung jawab.

Artikel Terkait