10 Kewajiban saat Bermain dengan Tetangga yang Harus Diketahui

Kewajiban saat Bermain dengan Tetangga

Bermain merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi anak. Dengan bermain, anak akan memperoleh banyak teman, belajar berinteraksi, menjadi lebih aktif, serta belajar banyak hal dari permainan yang dimainkan bersama.

Ketika bermain bersama teman atau tetangga sekitar, hendaknya anak mematuhi kewajiban-kewajiban tertentu demi keamanan selama bermain, tidak terjadi hal yang buruk, serta hubungan pertemanan tetap baik.

Contoh Kewajiban saat Bermain dengan Tetangga

Kewajiban merupakan hal yang harus dilakukan dan dipatuhi setiap orang. Kewajiban dalam bermain berarti hal-hal yang harus dilakukan anak selama bermain. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa contoh kewajiban saat bermain bersama teman.

1. Meminta Izin Orang Tua sebelum Pergi Bermain

Yang pertama, anak harus meminta izin ayah atau ibu di rumah sebelum pergi bermain bersama tetangga. Dengan begitu, orang tua tidak akan cemas dan khawatir tentang keberadaan anaknya.

2. Bermain dengan Baik dan Tidak Curang

Kedua, anak harus mau bermain dengan baik dan tidak melakukan kecurangan demi memperoleh kemenangan. Dengan begitu, permainan akan berjalan dengan baik dan adil.

3. Antre saat Menunggu Giliran

Selanjutnya, anak harus mau antre menunggu gilirannya tiba untuk memainkan mainan. Dengan menunggu giliran secara rapi dan teratur, maka semua anak dapat bermain dengan adil dan sama rata.

4. Mematuhi Peraturan Permainan yang Telah Disepakati

Dalam sebuah permainan, tentu ada aturan-aturan tertentu yang telah dibuat dan disepakati bersama. Nah, setiap orang harus mau mematuhi aturan tersebut agar permainan berjalan dengan baik.

5. Tidak Mengotori Tempat Bermain

Selama bermain, anak tidak boleh mengotori lingkungan tempat bermain, apalagi ketika bermain di rumah tetangga, maka anak harus selalu menjaga kebersihan rumah dan halaman milik tetangga.

6. Bermain di Tempat yang Aman dan Bersih

Demi keamanan serta kenyamanan selama bermain bersama tetangga, hendaknya anak mecari tempat bermain yang aman dan bersih. Hindari bermain di pinggir jalan atau tempat keramaian karena dapat membahayakan keselamatan.

7. Tidak Saling Menghina dan Mengejek Teman Bermain

Selanjutnya, kewajiban ketika bermain bersama tetangga adalah tidak saling menghina dan mengejek teman. Hubungan pertemanan harus dijalin dengan baik sehingga tidak mudah putus dan rusak.

8. Merapikan Mainan setelah Selesai Bermain

Kewajiban anak setelah bermain yang harus dibiasakan adalah merapikan kembali mainan dan tempat bermain. Hal ini juga bertujuan agar mainan tidak cepat rusak atau hilang.

9. Tidak Berisik atau Membuat Gaduh agar Tidak Mengganggu Tetangga

Yang terpenting ketika bermain di rumah tetangga adalah tidak bersuara keras dan tidak gaduh. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu ketenangan tetangga yang ada di sekitar tempat kita bermain.

10. Tidak Lupa Waktu saat Bermain

Terakhir, anak harus tahu waktu meskipun memang bermain adalah hal yang menyenangkan dan sering membuat lupa waktu. Intinya jangan pulang terlalu larut, bermain terlalu lama, hingga lupa belajar dan istirahat.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang contoh kewajiban saat bermain dengan tetangga yang harus diketahui anak. Dengan mematuhi kewajiban, maka hal tersebut akan menciptakan rasa aman, membuat hubungan pertemanan menjadi lebih baik, serta tidak mengganggu tetangga sekitar.

Artikel Terkait