Kualitas atau Kwalitas, Mana Penulisan yang Benar?

Kualitas atau Kwalitas

Kualitas atau Kwalitas – Terkadang kita sering bingung dalam memilih kata ketika menulis naskah, laporan, sekedar membalas chat, atau bahkan kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Beberapa ejaan kata membuat kita penasaran mana yang benar / baku, contohnya kualitas dengan kwalitas.

Kualitas atau Kwalitas, Mana yang Benar?

Penulisan yang Tepat Adalah Kualitas

Kata kualitas dapat Anda jumpai di Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Kualitas /ku·a·li·tas/ adalah tingkatan baik buruknya sesuatu; kadar; derajat atau taraf; mutu.

Kata kualitas dapat digunakan dalam berbagai kalimat yang menyebutkan baik buruknya atau kadar dari sesuatu yang disebut. Contohnya “Kualitas sepatu ini sesuai harganya” yang mengandung maksud bahwa sepatu yang dibahas memiliki kadar (baik / buruk) sesuai dengan harga yang dikeluarkan.

Penjelasan

Mengapa kata kualitas benar dalam Bahasa Indonesia? Nah sebenarnya kata kualitas merupakan serapan dari bahasa asing (bahasa Inggris), yaitu quality.

Berdasarkan kaidah penyerapan istilah dalam bahasa Indonesia, huruf ua dalam kata quality tetap diserap menjadi ua. Sedangkan huruf q diserap menjadi k, kemudian akhiran ty diserap menjadi tas. Maka jadilah kata Kualitas.

Penutup

Jadi kesimpulannya, kata yang benar adalah Kualitas, bukan kwalitas. Kualitas merupakan kata baku yang dapat Anda temukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengandung arti tingkat baik atau buruk, kadar, serta mutu.

Kualitas atau Kwalitas
Previous Post

No more post

Artikel Terkait