Selebrasi Adalah, Tujuan, serta Contohnya

Selebrasi Adalah

Selebrasi Adalah – Pernahkah Anda memenangkan suatu ajang perlombaan dan seketika itu tubuh dengan refleksnya melakukan suatu gerakan yang unik. Inilah yang dinamakan selebrasi, yaitu perayaan atas suatu kemenangan, pencapaian, atau perolehan.

Selebrasi sangat umum dilakukan oleh orang-orang ketika memenangkan lomba, atlet yang menang pertandingan, atau mereka yang mendapat penghargaan atas sesuatu hal. Nah untuk memahami lebih jelas tentang apa itu selebrasi, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Selebrasi

Selebrasi adalah bentuk ungkapan, ekspresi, atau perayaan atas tercapainya sebuah keberhasilan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Kata Selebrasi mengandung makna Perayaan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perayaan mengandung arti merayakan suatu peristiwa atau keberhasilan.

Bentuk dari selebrasi umumnya berupa gerakan tubuh unik seperti melompat, berlari, gerakan tangan, kaki, dan jari. Kadang juga selebrasi disertai dengan ekspresi wajah tertentu (bahagia, senang, dan penuh semangat).

Lebih luas lagi, selebrasi dilakukan dengan berbagai cara seperti meniup trompet kemenangan, membuat sebuah perayaan kemenangan, dan lain sebagainya.

Fungsi Selebrasi

Selebrasi mengandung ragam fungsi, tujuan, atau manfaat yang bisa diperoleh bagi orang yang melakukannya, atau juga ditujukan kepada orang lain yang melihat. Berikut ini beberapa tujuan dari selebrasi.

1. Meningkatkan Semangat

Secara tidak sadar, gerakan selebrasi memberi seseorang semangat yang lebih besar untuk memperoleh pencapaian yang lebih tinggi lagi di waktu mendatang.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri juga meningkat dengan suatu gerakan selebrasi. Seseorang akan sangat yakin bahwa ia adalah pemenang sejati dan tak terkalahkan.

3. Sebuah Ekspresi Atas Pencapaian

Tujuan dilakukannya selebrasi adalah menciptakan ekspresi senang dan bahagia atas suatu pencapaian. Orang-orang sekitar, tim, atau grup mereka juga memperoleh kebanggaan dengan melakukan selebrasi.

Contoh Selebrasi

Selebrasi yang paling umum kita jumpai adalah pemain bola ketika berhasil mencetak gol. Bukan sekali atau dua kali saja, selebrasi hampir selalu ada ketika kita menonton live pertandingan sepak bola. Berikut ini adalah beberapa contoh selebrasi yang cukup populer.

1. Selebrasi Dua Telunjuk (Lionel Messi)

Selebrasi dua telunjuk yang diarahkan ke atas menjadi salah satu ciri khas Lionel Messi ketika berhasil membobol gawang lawan.

2. Siiuuu (Ronaldo)

Selebrasi yang dilakukan Ronaldo ini menjadi viral di jagat sosial karena terkesan unik dan aneh. Bahkan video selebrasi dengan ucapan “Siuu” ini sering dijadikan parodi dan bahan candaan.

3. Selebrasi Mencium Tiga Jari Tangan

Selebrasi yang satu ini dikenal dari Luis Suarez dan telah menjadi ciri khasnya ketika berhasil mencetak gol. Menurutnya, selebrasi ini merupakan dedikasi untuk keluarganya (tiga anaknya).

Penutup

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pengertian selebrasi, tujuan, serta contohnya. Jadi kesimpulannya, selebrasi adalah ungkapan, ekspresi, atau perayaan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang ketika memperoleh suatu pencapaian.

Artikel Terkait