Arti Kuy dalam Bahasa Gaul & Contoh Penggunaannya

Arti Kuy

Arti Kuy – Bahasa gaul rasanya tidak dapat dipisahkan lagi dari anak muda zaman sekarang. Bukan tanpa alasan, istilah gaul ini populer karena lebih singkat, padat, ringkas, kekinian, mudah diucap di mulut, hingga cepat ketika diketik. Wajar saja jika bahasa gaul sering kita jumpai di berbagai media sosial bahkan dalam percakapan sehari-hari.

Munculnya bahasa gaul bisa dari berbagai hal seperti serapan bahasa asing, singkatan kata, gabungan kata, plesetan kata, hingga kata yang sedang viral. Salah satunya adalah ‘kuy’, jika Anda adalah salah satu yang penasaran dengan apa arti dan asal mula kata ini, silahkan simak ulasan berikut.

Arti Kuy

  • Kuy adalah kebalikan kata Yuk
  • Kuy artinya Yuk atau Ayo

Jadi asal mula kata kuy merupakan kebalikan dari ejaan yuk yang dibaca dari belakang. Memang bukan hal yang mengherankan lagi dalam istilah gaul jika sebuah kata terbentuk dari cara-cara yang unik.

Pemilihan kata kuy memiliki alasan utama yaitu terkesan kekinian saat diucap di mulut. Orang-orang mungkin agak bosan mengucap kaya ‘yuk’ atau ‘ayo’ sehingga kata yang dipilih adalah bahasa gaul pengganti yuk, yaitu kuy.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa istilah dalam bahasa gaul umumnya tidak baku dan tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jadi penggunaannya hanya sebatas hal-hal informal seperti bercakap-cakap dengan teman sebaya.

Maksud Kuy Apa?

Pertama, kuy merupakan bentuk ajakan kepada lawan bicara tentang suatu hal yang ingin dilakukan bersama. Penggunaan kata kuy ini biasa diletakkan di awal kalimat kemudian di akhiri tanda seru sebagai bentuk ajakan yang tepat.

Kedua, kuy bisa bermaksud menerima ajakan atau menyetujui sesuatu yang diucapkan lawan bicara. Kuy disini seperti bermakna oke, siap, gas, dan sebagainya.

Contoh Penggunaan Kuy

  • A : Kuy nonton film baru di bioskop!
  • B : Okelah gas, mumpung ada waktu luang.
  • A : Besok ada acara gak, aku mau ke pantai kalau kamu minat ikut.
  • B : Kuy lah aku ikut, besok jadwal kosong.

Penutup

Nah itulah pembahasan mengenai arti kuy dalam bahasa gaul yang sedang populer akhir-akhir ini. Kesimpulannya, kata kuy merupakan bentuk ajakan atau menerima ajakan dari seseorang. Kuy menjadi bahasa gaul yang berasal dari ejaan dari belakang kata yuk.

Artikel Terkait