Arti Lelah Menjadi Lillah & Cara Menerapkannya Saat Bekerja

Lelah Menjadi Lillah

Ubah Lelah Menjadi Lillah merupakan kata-kata mutiara islami yang merupakan bentuk semangat dan dorongan supaya pekerjaan manusia yang memicu lelah adalah demi ridho Allah. Bekerja memberi rasa lelah, namun lelah tersebut sebagai bentuk ibadah karena bekerja jika diniati dapat menjadi ibadah.

Umumnya, kata “Lelah Menjadi Lillah” diucapkan untuk memberi sebuah motivasi semangat kerja, sebab dengan bekerja seseorang dapat menafkahi keluarganya dan dapat melangsungkan kehidupan. Bekerja keras sampai lelah juga bukan berarti kosong, setiap pekerjaan tersebut dapat menjadi Lillah, yaitu karena Allah.

Arti Lelah Menjadi Lillah

Kata Li dalam bahasa Arab adalah karena atau milik, sedangkan Llah adalah Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Jadi Lillah dapat diartikan Karena Allah atau Milik Allah.

Karena itu, Ubah Lelah Menjadi Lillah bermaksud bahwa sebuah pekerjaan dapat bernilai ibadah dengan mengharap ridho Allah dan hanya karena Allah.

Bagaimana Mengubah Lelah Menjadi Lillah

Cara mengubah lelah menjadi lillah adalah dengan menjalani sebuah pekerjaan dengan Ikhlas, pekerjaan tersebut juga harus diniati hanya mengharap ridho Allah semata.

Pekerjaan yang dijalani dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah bukan hanya bernilai ibadah, namun juga memberi banyak nilai positif bagi orang yang menjalaninya.

Kita bekerja keras dan melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan kita. Pekerjaan tersebut juga diiringi dengan hati yang Ikhlas sebagaimana Karena Allah, bukan karena yang lain.

Lelah Menjadi Lillah Bukan Hanya Kata Mutiara

Kalimat seperti “Semoga lelahmu menjadi lillah”, “Semoga lelahku menjadi lillah”, atau “Ubah lelah menjadi lillah” bukan sekedar ucapan kata mutiara belaka. Kalimat ini juga mengandung unsur doa di dalamnya yang berharap supaya pekerjaan kita hanya karena Allah dengan dijalani seikhlas mungkin.

Mengubah lelah menjadi lillah tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika sudah soal Ikhlas, kita sangat sulit memiliki hati ikhlas dalam melakukan sesuatu hanya karena Allah. Ikhlas perlu dilatih sedikit demi-sedikit sehingga lelah bisa jadi lillah.

Artikel Terkait