Makanan Khas Bojonegoro | Indonesia merupakan negara dengan beragam kekayaan setiap daerahnya, baik itu kebudayaan, wisata, ataupun makanan khasnya. Bojonegoro, daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini menyimpan banyak sekali keunikan didalamnya.

Daerah yang disebut Bumi Angling Dharma ini memiliki banyak sekali objek wisata serta kuliner yang tak ada habisnya. Nah kali ini kita akan mengupas tuntas apa saja makanan khas daerah Bojonegoro yang mungkin bisa menjadi referensi anda ketika berkunjung ke sana.

1. Ledre Khas Bojonegoro

Yang pertama ada makanan khas Bojonegoro bernama “ledre”, mungkin anda sudah pernah mendengarnya karena makanan satu ini sangat populer di Indonesia. Ledre khas Bojonegoro memiliki cita yang enak dan gurih saat digigit.

Ledre terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, tepung beras, gula, dan pisang raja. Jajanan khas satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika anda berkunjung ke Bojonegoro.

2. Serabi Bojonegoro

Serabi merupakan kue yang sangat mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Namun ada yang tak boleh anda lewatkan, yakni serabi asli Bojonegoro. Makanan khas yang terbuat dari beras dan campuran bahan lain ini punya cita rasa yang sangat nikmat.

Serabi khas Bojonegoro identik dengan rasa gurih dan manis dengan tampilan yang tidak beda jauh dengan serabi di daerah lain. Jajanan serabi ini biasanya dijual pada waktu pagi hari atau sore di pinggir jalan maupun pertokoan.

3. Kue Putu

Bagi kebanyakan orang, jajanan yang satu ini pastinya tidak asing lagi. Kue putu terkenal dengan rasanya yang legit dan manis. Jajanan khas yang satu ini sangat mudah dijumpai di Bojonegoro, anda bisa menemukannya di pinggir jalan pada sore atau pagi hari.

Kue putu khas Bojonegoro terbuat dari campuran tepung beras, gula jawa, serta parutan kelapa. Kue putu dikukus pada cetakan yang terbuat dari bambu yang telah dipotong sehingga berbentuk seperti tabung. Kue ini kan sangat nikmat dimakan ketika masih hangat.

4. Klepon

Berikutnya ada klepon, makanan yang mirip-mirip dengan kue putu. Biasanya jajanan ini bisa ditemui berdampingan dengan jajanan kue putu mengingat cara pembuatannya tak berbeda jauh.

Kue klepon punya tekstur yang lebih lembut dan renyah dari kue putu. Klepon dibentuk bulat dengan isian gula merah cair, sedangkan kue putu berbentuk silinder. Harga jajanan khas Bojonegoro ini terbilang murah, umumnya seribu rupiah sudah dapat 3 biji klepon.

5. Wedang Tape

Tak hanya makanan khasnya yang unik, ada juga minuman khas Bojonegoro bernama wedang tape. Ini adalah minuman hangat yang berbahan dasar tape ketan hitam yang dicampur dengan santan. Anda wajib mencoba minuman dengan rasa unik ini jika sedang berada di Bojonegoro.

6. Gethuk Lindri Khas Bojonegoro

Gethuk merupakan jajanan yang bisa ditemukan dimana saja. Ada berbagai macam olahan gethuk, salah satunya gethuk lindri khas Bojonegoro ini. Gethuk lindri ini berbeda dengan gethuk pada umumnya, bentuknya seperti glintiran yang ditumpuk, dipotong, dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Untuk menambah kesan menarik, biasanya penjual membuat gethuk lindri dengan ditambahi pewarna makanan. Gethuk ini punya cita rasa gurih manis yang lembut di lidah.

7. Keripik Tempe

Bojonegoro punya oleh-oleh jajanan ringan yang gurih dan renyah, yaitu keripik tempe. Keripik tempe khas Bojonegoro dibuat dengan tambahan tepung sehingga lebih renyah dan nikmat. Harganya pun terjangkau serta bisa bertahan cukup lama.

8. Nasi Flambe

Jalan-jalan ke Bojonegoro rasanya kurang pas jika belum mencicipi Nasi flambe. Makanan khas Bojonegoro yang satu ini adalah nasi hangat yang ditambah dengan lauk udang goreng, ayam suwir, telur orak-arik, sambal, serta bumbu lain.

Nasi flambe punya cita rasa yang sangat nikmat dan bikin nagih. Nasi flambe ini cocok dimakan ketika sarapan atau sore hari. Sayangnya nasi flambe kurang cocok dijadikan oleh-oleh karena tidak bisa bertahan lama.

9. Sego Mawut Khas Bojonegoro

Masih seputar makanan nasi dari Bojonegoro, ada yang dinamakan sego mawut. Mungkin bagi anda namanya agak aneh, sebenarnya ini adalah makanan nasi goreng yang ditambah dengan mie, sayur, dan telur kemudian digoreng.

Sego mawut adalah jajanan yang bisa anda temukan di pinggir jalan di Bojonegoro dengan harga yang tidak menguras kantong. Makanan ini mudah ditemui ketika menjelang sore sampai malam hari.

10. Ender Ender

Nama ender-ender mungkin agak asing di telinga anda. Ini adalah jajanan khas Bojonegoro yang tidak boleh anda lewatkan. Ender-ender terbuat dari umbi jalar serta campuran bahan lain yang membuatnya punya rasa gurih dan manis.

11. Keripik Jahe Khas Bojonegoro

Berikutnya ada jajanan khas yang mungkin belum pernah anda rasakan sebelumnya. Keripik jahe, sesuai namanya, jajanan ini terbuat dari bahan utama jahe yang menghasilkan rasa manis pedas. Dan yang pasti keripik jahe ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang menarik.

12. Balung Kuwuk

Jajanan dengan nama unik ini sebenarnya terbuat dari ketela pohon. Balung kuwuk khas Bojonegoro biasanya dibuat dengan cita rasa manis atau manis-pedas. Jajanan yang satu ini cukup mudah ditemukan dan tentu saja cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

13. Keripik Bayam Bojonegoro

Keripik yang satu ini terbuat dari daun bayam yang dicampuri dengan tepung juga bumbu khas yang menciptakan rasa gurih nan enak. Keripik bayam bisa anda temui di pertokoan oleh-oleh yang ada di Bojonegoro. Sedangkan untuk harganya sendiri tergolong murah.

14. Unthuk Yuyu

Makanan yang satu ini memang punya nama yang cukup unik. Unthuk yuyu merupakan jajanan ringan yang terbuat dari tepung ketan, telur, gula, serta vanili. Makanan ini punya rasa manis nan gurih yang selalu bikin nagih. Jika anda berkunjung ke Bojonegoro, sebaiknya jangan lupakan oleh-oleh khas yang satu ini.

15. Oleh-Oleh Buah Dari Bojonegoro

Salak wedi dan belimbing ngringinrejo adalah dua buah yang bisa anda jadikan pilihan oleh-oleh menyegarkan dari Bojonegoro. Salak wedi terkenal dengan rasanya yang enak, orang-orang menyebut buah ini manisnya sedikit berpasir. Sedangkan belimbing ngringinrejo terkenal dengan rasa segar, manis, serta sedikit asamnya.

16. Wader Kali

Terakhir ada makanan yang sering dijual di warung-warung yang ada di Bojonegoro. Wader kali, ini adalah makanan yang terbuat dari ikan wader yang digoreng sampai garing kemudian dimakan bersamaan dengan sambal terasi. Wader kali sangat cocok untuk dijadikan sarapan atau makan siang ketika berkunjung ke Bojonegoro.

Nah mungkin itu saja pembahasan seputar makanan khas Bojonegoro yang wajib untuk dinikmati atau dijadikan oleh-oleh di rumah. Jika anda memang penasaran dengan setiap makanan khas tersebut, anda perlu mencobanya satu-satu ketika berkunjung ke sana.