Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau – Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan sejenis palawijaya yang sudah dikenal luas di dunia. Kacang hijau sering dijadikan bahan olahan berbagai macam makanan yang sering kita jumpai mulai dari bubur kacang hijau, onde-onde, hingga kolak.

Kacang hijau termasuk dalam makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Kandungan yang ada dalam kacang hijau cukup lengkap mulai dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serat, mangan, hingga protein. Untuk memperoleh manfaatnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti mengolahnya menjadi makanan hingga meminum air rebusan kacang hijau.

Kebanyakan orang tidak tahu kalau rebusan air kacang hijau punya manfaat yang begitu besar. Air rebusan tersebut kaya akan nutrisi yang berasal dari kacang hijau dan tentu saja aman dikonsumsi. Berikut ini beberapa manfaat air rebusan kacang hijau yang jarang diketahui.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Air rebusan kacang hijau memiliki manfaat besar untuk kesehatan mata kita. Air tersebut mengandung resapan vitamin A dari kacang hijau yang cukup banyak. Vitamin A sendiri memberi manfaat untuk menyegarkan mata serta menjaga penglihatan tetap jelas.

Jika anda adalah orang yang bekerja didepan layar, pastinya anda sering mengalami mata perih, mata merah, dan penglihatan yang agak buram. Nah air rebusan kacang hijau ini bisa dijadikan minuman yang cocok untuk menjaga kesehatan mata anda.

2. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan agar tidak naik memang bukan hal yang mudah. Ada berbagai macam makanan tinggi lemak yang selalu dikonsumsi sehingga menyebabkan naiknya berat badan. Nah air rebusan kadang hijau ini bisa jadi pilihan terbaik bagi anda yang sedang menjalani diet.

Kacang hijau sangatlah rendah lemak sehingga lemak yang masuk kedalam tubuh tidak berlebihan. Serat yang ada didalamnya juga memberikan rasa kenyang di perut sehingga kita bisa mengurangi asupan makanan atau camilan.

3. Mengatasi Anemia

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan dengan kandungan zat besi tertinggi. Meminum air rebusan kacang hijau berkhasiat untuk mengobati anemia. Air rebusan kacang hijau sangat cocok diminum bagi penderita kurang darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Khasiat air rebusan kacang hijau selanjutnya adalah membantu melancarkan pencernaan, itu disebabkan karena terdapat kandungan serat yang cukup tinggi didalamnya. Anda bisa meminum air rebusan ini ketika mengalami susah bab atau sembelit.

5. Mengurangi Masalah Rambut Rontok

Rambut rontok biasa terjadi karena kulit kepala kekurangan nutrisi atau vitamin. Nah air rebusan kacang hijau dikatakan mampu mengurangi masalah rambut rontok karena kaya akan vitamin. Selain itu kandungan zinc didalamnya juga membantu menguatkan rambut dan menjaganya tetap sehat.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat air rebusan kacang hijau selanjutnya adalah mempercepat penyembuhan luka fisik. Air rebusan tersebut kaya akan protein yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Meminum air rebusan ini setiap hari bagus untuk membantu menyembuhkan luka pada tubuh.

7. Memperkuat Tulang

Masalah tulang bisa terjadi akibat tubuh kekurangan mineral berupa kalsium dan fosfor. Nah air rebusan kacang hijau tentu mengandung dua mineral penting tersebut sehingga berkhasiat untuk mengatasi masalah tulang dan memperkuat tulang.

8. Bagus Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes sangat dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Sebagai gantinya, air rebusan kacang hijau sangat cocok untuk dikonsumsi setiap harinya. Itu karena kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah.

9. Bagus Untuk Ibu Hamil dan Bayi

Ibu hamil memerlukan beragam nutrisi untuk calon bayi. Air rebusan kacang hijau bisa jadi pilihan tepat karena mengandung nutrisi yang cukup untuk kebutuhan ibu hamil tiap harinya. Disamping itu, minuman ini juga bisa digunakan sebagai pengganti ASI, biasanya diberikan ketika bayi sudah berusia 6 bulan.

10. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat terakhir dari air rebusan kacang hijau adalah mampu menangkal radikal bebas. Kacang hijau mengandung anti-oksidan tinggi yang bertindak sebagai pencegah radikal bebas. Tentu saja ini bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit kanker kulit.

Baca juga : Manfaat daun mengkudu

Nah itulah beberapa manfaat air rebusan kacang hijau yang jarang diketahui. Jika anda merebus kacang hijau, sebaiknya jangan buang airnya. Manfaatkan dengan meminumnya karena mengandung banyak nutrisi serta menyehatkan.