Teh basi dikenal sejak dulu punya manfaat yang begitu besar bagi kesehatan pria serta kecantikan kulit. Faktanya, teh basi tidak benar-benar berkhasiat menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, hingga manfaat bagi vitalitas pria.

Teh basi selain tidak baik diminum secara langsung juga kurang berkhasiat jika dipakai sebagai masker wajah, pelembab kulit, atau bahkan penghilang jerawat. Nah berikut ini ulasan serta alasan mengapa teh basi bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan hanyalah sebatas mitos.

1. Teh Basi Berkhasiat Untuk Kecantikan Kulit Hanya Mitos

Ada banyak klaim yang mengatakan kalau teh basi kaya akan khasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini didasarkan pada anggapan adanya antioksidan pada teh basi tersebut yang punya manfaat tertentu. Padahal faktanya antioksidan pada teh yang sudah terlalu lama atau basi telah rusak dan tidak bermanfaat lagi bagi kulit.

Antioksidan yang telah rusak justru punya dampak yang kurang baik jika dipakai untuk masker wajah atau yang lainnya. Jadi jika anda ingin membuat masker wajah untuk kecantikan kulit, sebaiknya gunakan teh yang masih baru. Atau anda juga bisa memakai masker dari bahan teh hijau yang kaya akan vitamin sehingga bagus untuk menghaluskan serta melembabkan kulit.

2. Teh Basi Untuk Menghilangkan Jerawat Juga Mitos

Teh yang sudah basi dianggap punya khasiat yang baik untuk menghilangkan jerawat serta bekas hitam pada muka. Hal ini sebenarnya hanya sebatas mitos karena teh basi telah kehilangan sebagian nutrisinya sehingga tidak punya manfaat khusus untuk menghilangkan jerawat.

Teh yang sudah basi mungkin sudah terkandung bakteri yang dapat membahayakan kulit. Bahkan bisa saja teh basi tersebut membuat kulit anda menjadi iritasi atau alergi.

3. Teh Basi Untuk Menghitamkan Rambut, Benarkah?

Berikutnya ada anggapan atau klaim yang menyebutkan bahwa teh basi punya manfaat untuk menghitamkan rambut. Ini didasarkan pada kandungan warna hitam teh basi yang dianggap membuat rambut ikut berwarna hitam atau memperlambat uban.

Hal ini ternyata hanyalah mitos yang belum dibuktikan kebenarannya. Teh basi tidak mengandung nutrisi tertentu yang bagus untuk kulit rambut dan warna rambut. Jadi sebaiknya jangan gunakan teh basi sebagai masker kulit kepala.

4. Mitos Teh Basi Bermanfaat Bagi Kesehatan Pria

Nah yang satu ini merupakan informasi yang banyak dipercaya masyarakat yang katanya adalah cara dari turun temurun. Faktanya teh basi tidak benar-benar terbukti berkhasiat untuk kesehatan pria. Bahkan dalam dunia medis hal ini hanyalah sebuah klaim yang tidak berdasarkan pada bukti nyata.

5. Teh Basi Justru Buruk Bagi Kesehatan

Berbagai penelitian menyebut bahwa teh basi sebenarnya tidak baik untuk kesehatan dan sebaiknya dibuang saja. Teh basi memungkinkan terkandung bakteri yang tidak baik bagi kesehatan seperti Klebsiella, Enterobacter, dan E.coli. Jadi anggapan kalau teh basi bermanfaat bagi kesehatan tidaklah berdasar pada hasil penelitian atau fakta sebenarnya.

Jadi sebaiknya jangan gunakan teh basi tersebut untuk masker wajar, kesehatan vitalitas, atau yang lainnya. Disarankan untuk membuang teh yang sudah basi karena khasiat serta manfaat didalamnya sudah hilang. Jika anda ingin memakai masker, sebaiknya itu adalah masker berbahan teh yang masih segar dan terjaga nutrisinya.