20 Manfaat Musim Panas / Kemarau Untuk Kehidupan Manusia

4 min read

Manfaat Musim Panas

Manfaat Musim Panas – Indonesia terletak pada daerah tropis sehingga hanya terdapat dua musim saja. Kita mengenal musim hujan dan juga kemarau atau panas. Musim hujan terjadi ketika angin bertiup muson barat, sedangkan musim kemarau terjadi saat angin bertiup muson timur.

Banyak anggapan kalau musim hujan dan musim panas itu selalu memberikan dampak negatif bagi kehidupan. Padahal setiap musim punya manfaatnya tersendiri yang terkadang tidak kita sadari. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja manfaat musim panas atau kemarau bagi aktivitas manusia, kehidupan, dan lain sebagainya.

20 Manfaat Musim Kemarau

Manfaat Musim Panas

Musim kemarau atau musim panas memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Walau terkadang musim kemarau sering dibenci orang karena cuaca cukup panas, air mengering, hingga dampak paparan sinar UV. Nah untuk itulah kita perlu tahu sisi manfaat dari musim panas, berikut informasi lengkapnya.

1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Berjemur di pagi hari adalah sebuah cara untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar, dan meningkatkan ketahanan tubuh dari penyakit. Terlebih lagi bagi lansia, berjemur dalam beberapa menit saat pagi akan menjaga kesehatan tulang dan membuat tubuh lebih sehat.

Jadi musim panas atau kemarau sebenarnya bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Waktu yang paling baik untuk berjemur di pagi hari adalah antara jam 7 sampai 9 pagi. Dengan berjemur, kebutuhan Vitamin D kita dapat terpenuhi.

Menurut hasil penelitian, berjemur untuk memperoleh vitamin D bermanfaat dalam mengurangi resiko kematian pada orang yang didiagnosis memiliki masalah jantung. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap vit untuk menjalankan aktivitas harian yang berat.

2. Pakaian Cepat Kering

Musim kemarau bermanfaat untuk mempercepat keringnya pakaian yang sedang dijemur. Manfaat ini tentu sangat berguna bagi kehidupan dan kelancaran aktivitas manusia. Tanpa kita sadari, tanpa terik matahari, kita sering mengalami masalah baju yang masih basah, padahal baju tersebut mau dipakai.

3. Hasil Pertanian Lebih Maksimal

Musim panas atau kemarau membuat hasil pertanian menjadi lebih maksimal sehingga buah-buahan dan sayuran melimpah. Selain itu, musim panas juga membuat panen lebih berkualitas karena tidak ada masalah seperti waktu musim hujan seperti sawan terendam banjir, badai, gagal panen, dan lain sebagainya.

4. Memaksimalkan Pembangkit Listrik Sel Surya

Panas matahari sangat dibutuhkan oleh pembangkit listrik tenaga surya. Terik matahari yang cukup dapat menghasilkan listrik yang lebih banyak daripada ketika musim penghujan / mendung. Manfaat seperti ini biasanya sangat dibutuhkan oleh desa-desa pelosok yang memakai lampu jalan dengan tenaga sel surya.

5. Membuat Tubuh Memproduksi Keringat

Tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat ketika musim kemarau atau panas. Berbeda dengan musim hijau, kita jarang mengeluarkan keringat karena suhu udara lebih dingin.

Nah produksi keringat pada tubuh ternyata punya manfaat yang hebat seperti membantu membersihkan kotoran, bakteri, hingga minyak pada kulit kita.

Dalam dunia medis, keluarnya keringat juga berkaitan dengan pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, rasa tenang, dan kesehatan mental.

6. Aktivitas Dan Pekerjaan Menjadi Lebih Lancar

Musim panas membuat aktivitas dan pekerjaan kita tidak terhalang sehingga semua tugas-tugas dapat dilakukan dengan lancar. Berbeda dengan musim penghujan, kadang kita terhambat oleh hujan yang lebat, banjir, atau badai petir.

Musim panas sangat bermanfaat bagi orang yang bekerja di luar rumah atau pekerjaan yang membutuhkan transportasi. Sebab dengan adanya musim panas, transportasi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal.

7. Meningkatkan Produksi Garam

Bagi nelayan pembuat garam atau produsen garam, musim panas sangat dibutuhkan. Adanya musim panas membuat penguapan air laut yang digunakan untuk membuat garam lebih maksimal.

Hasilnya produksi garam menjadi lebih maksimal dan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. Berbeda dengan musim penghujan, hal ini cukup mengganggu dalam pembuatan garam.

8. Tidak Ada Ancaman Tanah Longsor Dan Banjir

Manfaat musim panas selanjutnya adalah mencegah potensi terjadinya tanah longsor dan banjir. Sebab tanah pada daerah perbukitan akan lebih kering dan padat serta ancaman banjir tidak mungkin terjadi.

Adanya musim panas tentu membuat kita sadar kalau bencana alam seperti banjir dan longsor minim terjadi. Hal ini sangat penting bagi para petani, orang yang tinggal di dekat bukit, hingga seluruh masyarakat.

9. Menyehatkan Jantung

Menurut hasil penelitian, resiko penyakit jantung memuncak ketika berbulan-bulan terjadi musim dingin atau musim penghujan. Berbeda dengan musim panas, resiko penyakit jantung menurun secara signifikan.

Menurut para peneliti, musim panas membuat pembuluh darah kita tidak menyempit serta tingkat kolesterol yang baik (HDL) lebih tinggi.

10. Ecotherapy Atau Terapi Dari Alam

Musim panas baik bagi kesehatan tubuh kita dengan ecotherapy atau terapi alam. Kita bisa menghabiskan waktu di luar ruangan untuk menghirup udara segar di alam serta merasakan sinar matahari di pagi hari.

Ecotherapy ini akan meningkatkan kesehatan tubuh, meningkatkan kekebalan, serta menciptakan perasaan rileks. Disamping itu, menghirup udara bersih di alam juga membantu meningkatkan perasaan bahagia dalam diri kita.

11. Transportasi Berjalan Lancar

Adanya musim panas membuat segala jenis moda transportasi berjalan lancar. Misalnya pesawat, tidak ada ancaman badai ataupun awan mendung. Nelayan dengan kapalnya juga lebih dapat berlayar lebih maksimal karena ombak yang bersahabat dan tak ada badai.

12. Harga di Pasar Stabil

Musim panas membuat harga bahan makanan serta barang-barang kebutuhan sehari-hari menjadi lebih stabil. Musim kemarau membuat panen lebih maksimal dan berkualitas serta produksi barang lebih lancar.

Berbeda dengan musim penghujan yang kadang membuat gagal panen dan hasil yang tidak berkualitas. Tentu saja hal ini bisa membuat harga bahan makanan naik atau turun secara drastis.

13. Populasi Nyamuk Berkurang

Berbeda dengan musim dingin, populasi nyamuk akan berkurang drastis ketika sedang musim kemarau. Terik matahari membuat genangan-genangan air menguap sehingga mencegah nyamuk untuk bertelur. Tentu hal sederhana ini cukup bermanfaat bagi kehidupan manusia, terlebih bagi kita yang merasa targanggu dengan keberadaan nyamuk.

14. Pembangunan Tidak Terhambat

Membangun bangunan dapat berjalan lebih lancar ketika musim panas. Seperti yang kita tahu, musim penghujan sangat mengganggu pada arsitek dan pekerja bangunan untuk menyelesaikan sebuah bangunan sebagai akibat dari turunnya air hujan.

15. Menguntungkan Bagi Penjual Air Minum

Adanya musim panas membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat. Alhasil kita butuh suplai minuman yang cukup setiap harinya. Tentu hal sederhana ini bermanfaat bagi para penjual minuman, es, atau produsen minuman.

16. Tempat Wisata Lebih Ramai

Cuaca cerah membuat orang-orang bisa bepergian dengan tenang. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan pariwisata karena pengunjung akan lebih ramai berdatangan. Alhasil perekonomian dan peningkatan pemasukan keuangan lebih besar pada musim panas.

17. Minim Badai

Ketika musim dingin, kita sering menjumpai badai yang sering menimbulkan dampak buruk seperti gagal panen, kerugian material, dan lain sebagainya. Berbeda dengan musim kemarau, waktu itu badai akan sangat jarang terjadi.

18. Meningkatkan Laju Perekonomian

Musim kemarau atau panas membuat segala aktivitas manusia berlangsung lancar. Produksi berlangsung lebih lancar, distribusi lebih cepat, serta tingkat pembeli yang lebih tinggi. Hal ini membuat laju perekonomian menjadi lebih cepat.

19. Hasil Laut Lebih Maksimal

Ketika musim panas, ikan akan lebih banyak, badai minim, serta nelayan dapat berlayar ke laut tanpa hambatan. Hal ini membuat hasil laut lebih maksimal sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat dan harga tercipta lebih stabil.

20. Perdagangan Lebih Lancar

Perdagangan yang terjadi di pasar atau pertokoan lebih memperoleh hasil yang maksimal pada musim panas. Hal ini disebabkan karena masyarakat lebih mudah keluar rumah untuk membeli bahan pokok. Berbeda dengan musim penghujan, akibat sering turun hujan membuat daya beli menurun karena masyarakat enggan keluar rumah.

Baca juga : 13 Manfaat air bagi tumbuhan

Nah itulah manfaat luar biasa dari musim panas yang terkadang tidak kita sadari. Jadi kesimpulannya setiap musim itu punya manfaatnya tersendiri yang patut kita syukuri. Setiap musim memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia dalam segala bentuk aspek.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved