Mengoleksi atau Mengkoleksi, Mana Penulisan yang Benar?

Mengoleksi atau Mengkoleksi

Ketika ingin menulis kata dalam bahasa Indonesia, terkadang kita bingung bagaimana meletakkan huruf yang benar sesuai ejaan kata yang baku. Hal ini sering terjadi lantaran kita sering mengucapkan kosakata tidak baku dalam percakapan sehari-hari, sehingga kita tidak dasar bahwa kata tersebut salah.

Misalnya antara mengoleksi atau mengkoleksi, beberapa orang masih salah dalam penulisannya. Penasaran mana yang benar? Simak penjelasannya berikut ini tentang cara peluluhan fonem dalam pembentukan kata berimbuhan “meng-“.

Mengoleksi atau Mengkoleksi

Penulisan yang benar dan baku adalah Mengoleksi, bukan Mengkoleksi.

Kata mengoleksi berasal dari kata dasar koleksi. Menurut KBBI, koleksi adalah (1) kumpulan (gambar, benda bersejarah, lukisan, dan sebagainya) yang sering dikaitkan dengan minat atau hobi objek (yang lengkap); (2) kumpulan yang berhubungan dengan studi penelitian; (3) cara dan sebagainya mengumpulkan gambar, benda bersejarah, lukisan, objek penelitian, dan sebagainya.

Sedangkan mengoleksi adalah mengumpulkan (menjadi satu); menjadikan barang-barang sebagai koleksi.

Penjelasan

Aturan peluluhan fonem dalam pembentukan kata berimbuhan meng- adalah ketika kata dasar berawalan dengan huruf k, p, s, dan t yang diikuti huruf vokal, maka akan luluh. Contohnya kata dasar “koleksi” jika diberi imbuhan “meng-” maka akan menjadi “mengoleksi“.

Penutup

Sekian penjelasan kali ini, jadi yang benar penulisannya adalah mengoleksi, bukan mengkoleksi. Alasannya karena kata dasarnya berawalan huruf k kemudian diikuti huruf vokal yang membuatnya luluh.

Artikel Terkait