Pengertian Tata Krama, Tujuan, Macam, dan Contohnya

Pengertian Tata Krama

Pengertian Tata KramaTata Krama menjadi aspek yang sangat penting dalam kehidupan sosial, tata krama perlu ada dalam diri manusia untuk menciptakan pribadi yang dapat memposisikan diri dengan benar. Setiap tindakan dan perbuatan manusia terhadap manusia lain memerlukan sebuah aturan dan kesopanan.

Tata krama adalah sopan santun, kata ini berasal dari bahasa Jawa yang biasa diucapkan “Toto Kromo”. Isinya mencakup aturan-aturan yang bersifat baik bagi manusia dalam menjalani kehidupan sosial. Contohnya saja ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, maka yang muda harus tahu sopan-santun dan memakai bahasa yang halus.

Bukan hanya itu, Tata krama dapat mencakup berbagai hal yang lebih luas, seperti makan pakai tangan kanan, berpenampilan yang sopan, mengerti cara menerima tamu, hormat dengan guru, hingga berbicara menyesuaikan kondisi ataupun lawan bicara.

Pengertian Tata Krama

Tata Krama berasal dari dua kata, yaitu tata yang berarti adat, aturan, norma dan krama yang berarti sopan santun, tindakan, perbuatan. Jadi tata krama adalah aturan atau adab sopan santun.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tata krama adalah sopan santun atau basa-basi.

Sedangkan dalam pengertian umum, tata krama diartikan sebagai tata aturan yang baik dalam hubungan antar manusia.

Tata krama juga bisa bermakna kebiasaan yang lahir dalam hubungan antar manusia sebagai akibat adanya aksi-reaksi dalam pergaulan. Awal mulanya tata krama lahir dalam lingkungan terbatas, namun seiring berjalannya waktu tata krama menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Tata Krama

Tata krama memiliki tujuan penting dalam membentuk kepribadian manusia yang baik dan mengikuti aturan kesopanan.

Adanya tata krama membuat seseorang dihargai karena lebih tua atau lebih berilmu oleh orang lain. Tata krama juga menciptakan ketertiban, keselarasan, kerukunan, kedamaian, juga rasa tenteram dalam kehidupan masyarakat.

Adapun manfaat dari tata krama lebih terlihat dalam kehidupan sehari-hari dalam mempermudah hubungan sosial yang terjadi. Misalnya anak yang harus sopan santun dan menghormati orang tua, ada juga tata cara dalam berbicara, menerima tamu, dan lain sebagainya.

Tata krama juga meredam dan mengurangi potensi terjadinya konflik, perpecahan, maupun permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat. Inilah mengapa tata krama sangat penting dan harus dimiliki setiap manusia dalam pergaulan sosial.

Macam-Macam Tata Krama dan Contohnya

1. Tata Krama Berbicara

Tata krama dalam berbicara mengatur tentang bagaimana seseorang seharusnya mengeluarkan kata-kata yang sesuai dengan kondisi saat itu atau dengan siapa ia berbicara. Contoh dari tata krama berbicara adalah mengeluarkan kalimat yang sopan, tidak menyakiti hati lawan bicara, dan tidak memotong pembicaraan orang lain.

2. Tata Krama Makan

Ada banyak sekali tata krama dalam makan seperti tidak bersendawa keras, makan pakai tangan kanan, mencuci tangan hingga bersih, tidak membunyikan piring saat makan, dan lain sebagainya.

3. Tata Krama Bertamu

Jika Anda bertamu ke rumah teman atau siapapun itu, sebaiknya jangan terlalu lama, jangan mengganggu tuan rumah, meminta izin atau salam sebelum masuk, mengutamakan kesopanan, menghargai sajian yang diberikan tuan rumah, dan lain sebagainya.

4. Tata Krama Berpenampilan

Penampilan perlu menyesuaikan dengan kondisi dan tempat, misalnya ketika acara pernikahan harus memakai pakaian yang sopan, rapi, dan bagus. Disamping itu, Anda bisa berpakaian sederhana ketika berada di rumah.

5. Tata Krama Beda Usia

Seseorang harus berbicara dengan nada dan bahasa yang sopan kepada orang yang lebih tua. Sedangkan ketika berbicara dengan yang lebih muda, orang bisa memakai kata-kata yang halus dan tetap menghargai.

6. Tata Krama Siswa

Seorang siswa harus memiliki sopan santun terhadap guru, memberikan salam, mengerjakan tugas, patuh terhadap guru, serta berperilaku yang sopan saat berada di sekolah.

7. Tata Krama Bergaul

Seseorang boleh saja menggunakan bahasa sehari-hari saat bergaul dengan sesama teman, karena tidak akan menimbulkan rasa tersinggung. Namun dalam bergaul harus tetap memperhatikan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan yang dapat menimbulkan rusaknya hubungan pertemanan.

8. Tata Krama Bekerja

Tata krama dalam bekerja meliputi berangkat tepat waktu, mengerjakan pekerjaan dengan baik, mematuhi aturan dalam perusahaan, dan lain sebagainya.

9. Tata Krama Meminta Bantuan

Dalam meminta pertolongan ke orang lain, Anda tidak boleh melakukannya dengan cara paksa ataupun menimbulkan berat hati orang lain. Mintalah bantuan ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

10. Tata Krama di Depan Umum

Jangan sibuk dengan urusan orang lain, selalu menunjukkan kesopanan, berbicara yang santun, tidak melakukan kesalahan, berusaha peduli dengan lingkungan sekitar, menghargai dan menghormati orang-orang di sekitar, dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai apa itu tata krama, manfaat, jenis-jenis, serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya tata krama adalah aturan atau adab sopan santun yang harus dimiliki setiap orang dalam menjalani kehidupan sosial. Tata krama sangat penting untuk menciptakan kerukunan, ketenteraman, dan rasa aman dalam lingkungan masyarakat.

Artikel Terkait