20 Contoh Saran untuk Penelitian Selanjutnya / Peneliti Selanjutnya

Saran untuk Penelitian Selanjutnya

Contoh Saran untuk Penelitian Selanjutnya – Penelitian adalah suatu kegiatan investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasi, serta merevisi fakta.

Penelitian juga disebut penyelidikan intelektual karena dapat menghasilkan suatu pengetahuan yang mendalam mengenai suatu peristiwa, teori, hukum, serta dapat membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan yang didapat.

Penelitian merupakan hal yang sering atau bahkan harus dilakukan oleh seorang mahasiswa untuk memperoleh kelulusan. Ketika melangsungkan kegiatan penelitian, seorang peneliti tentu tidak lepas dari kegiatan mencatat hasil penelitian dalam laporan ilmiah atau karya ilmiah.

Nah, salah satu aspek penting di dalam karya ilmiah sebuah penelitian adalah saran untuk penelitian selanjutnya atau peneliti selanjutnya. Saran ini bertujuan untuk memperbaiki penelitian yang telah dilakukan, menjabarkan hal-hal yang kurang, atau memperdalam ide untuk peneliti baru / penelitian yang akan datang.

Saran untuk peneliti / penelitian selanjutnya harus terkait dengan apa yang diteliti, kelemahan atau kekurangan penelitian yang pernah dilakukan, serta aspek-aspek yang perlu dikembangkan untuk peneliti yang akan melanjutkannya. Jika Anda bingung membuat saran untuk peneliti selanjutnya, silakan simak contohnya berikut ini.

Contoh Saran untuk Penelitian Selanjutnya

1. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber ataupun referensi terkait objek yang diteliti agar hasil penelitiannya lebih lengkap lagi.

2. Objek penelitian ini diharapkan dapat diperluas lagi dan tidak terbatas pada perusahaan sektor pariwisata saja melainkan perusahaan sektor lainnya seperti transportasi untuk memperoleh hasil yang akurat.

3. Peneliti selanjutnya disarankan agar meningkatkan ketelitian, baik dalam segi kelengkapan data maupun proses pencarian informasi.

4. Penelitian selanjutnya diharapkan mengambil informasi lebih akurat dengan melakukan wawancara narasumber yang kompeten.

5. Untuk keakuratan data, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengambil referensi dan sumber data laporan keuangan perusahaan yang baru.

6. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan lebih banyak sumber data untuk menemukan laporan keuangan dan data keuangan perusahaan.

7. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambah objek penelitian seperti bank dan sarana transportasi.

Saran untuk Peneliti Selanjutnya Lebih Lengkap

1. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk memperluas objek penelitian dan menambah variabel lain.

2. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang ada agar dapat meningkatkan kualitas penelitian.

3. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi proses pengumpulan data yang rumit.

4. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah objek penelitian, yaitu terkait dengan sarana prasarana pendidikan untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran.

5. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji lebih dalam sumber referensi terkait sarana prasarana pendidikan agar hasil penelitiannya lebih lengkap.

6. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah alat ukur terkait kinerja keuangan agar diperoleh hasil yang lebih akurat.

7. Peneliti selanjutnya perlu memahami fokus kajian yang akan diteliti dengan menambah studi literatur maupun sumber referensi.

8. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya, sebaiknya kaji lebih dalam tentang permasalahan yang dijadikan objek penelitian dengan memperbanyak studi literatur, wawancara, serta sumber referensi terbaru.

9. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menjaga sikap dan tingkah laku, serta mematuhi setiap peraturan selama proses penelitian agar dapat menjaga nama baik Universitas.

10. Bagi peneliti selanjutnya yang akan mengambil penelitian yang memiliki tema serupa, diharapkan untuk dapat mengembangkan objek penelitian dengan sumber data baru agar memperoleh hasil penelitian yang baru dan akurat.

11. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini, namun tetap harus mengembangkan sumber data dan referensi terbaru untuk memperoleh hasil penelitian yang berkualitas.

12. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan pencarian sumber data keuangan perusahaan tahun terbaru.

13. Peneliti selanjutnya perlu melakukan wawancara terhadap pendidik untuk memperoleh data akurat tentang hasil proses pembelajaran.

14. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk berhati-hati selama proses penelitian karena banyak tantangan dalam pengumpulan sumber data.

Penutup

Sekian pembahasan artikel kali ini tentang contoh saran untuk penelitian selanjutnya atau peneliti selanjutnya dalam karya tulis ilmiah. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam membuat saran penelitian yang baik dan sesuai dengan kajian yang diteliti.

Artikel Terkait