Sikap Menghargai Perbedaan Disebut?

Sikap Menghargai Perbedaan Disebut

Sikap Menghargai Perbedaan

Sikap menghargai perbedaan disebut Toleransi. Toleransi dapat diartikan sebagai bentuk sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya.

Secara umum, toleransi  adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan antarsesama manusia.

Pengertian toleransi secara luas adalah suatu perilaku atau sikap manusia yang “tidak menyimpang dari hukum berlaku” disuatu negara, dimana seseorang menghormati atau menghargai setiap tindakan dari orang lain selama masih dalam batas tertentu.

Sedangkan menurut KBBI, definisi toleransi ada tiga, yaitu [1] sifat atau sikap toleran [2] batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan [3] penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja.

Contoh Toleransi dalam Menghargai Perbedaan

1. Menghormati Agama Orang Lain dan Tidak Mengganggu Ibadah Mereka

Contoh toleransi yang pertama adalah menghormati dan menghargai agama orang lain, baik itu teman, saudara, ataupun tetangga kita. Menghormati agama orang lain berarti kita tidak boleh memaksakan keyakinan pribadi kepada orang lain, tidak boleh menghina agama mereka, juga tidak boleh mengganggu ibadah mereka.

2. Tidak Memaksakan Pendapat Pribadi dan Menghargai Pendapat Orang Lain

Toleransi juga perlu diterapkan dalam menghargai pendapat yang dikeluarkan oleh orang lain. Kita juga tidak boleh memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain, juga tidak boleh merasa pendapat sendiri yang paling benar.

3. Menghormati Perbedaan Suku, Ras, Golongan, Budaya, hingga Bahasa

Toleransi mencakup berbagai aspek dalam kehidupan manusia, mulai dari sikap saling menghargai suku, ras, golongan, budaya, hingga bahasa.

Terlebih lagi Indonesia adalah negara yang sangat beragam suku, budaya, dan bahasanya. Kita harus menghormati dan menghargai suku orang lain (misal Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Dayak, dsb), ras asal, budaya asli, serta bahasa daerah mereka.

Baca juga : contoh menghargai perbedaan secara lengkap

4. Menghargai dan Menghormati Perbedaan Ciri Fisik

Setiap manusia memiliki perbedaan ciri fisik yang sangat beragam, mulai dari bentuk rambut, warna rambut, warna mata, postur tubuh, warna kulit, dan lain sebagainya. Jika kita bertemu dengan orang lain yang memiliki ciri fisik dengan kita, maka kita harus menghormati dan menghargainya. Jangan sampai kita mencela, menghina, atau merendahkan orang yang berbeda ciri fisik dengan kita.

Baca juga : cara menghargai keberagaman ciri fisik di sekolah

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang jawaban pertanyaan “sikap menghargai perbedaan disebut?”. Jadi jawaban paling tepat adalah toleransi, yaitu sikap saling menghargai perbedaan antarsesama manusia mulai dari agama, ras, suku, budaya, bahasa, ciri fisik, hingga bahasa.

Artikel Terkait