Pandemi memberikan dampak yang begitu luas bagi setiap orang. Berbagai perubahan diberlakukan pemerintah demi mengurangi tingkat penyebaran covid-19 mulai dari belajar di rumah, ibadah di rumah, hingga kerja di rumah.

Bekerja di rumah biasanya menjadi dambaan setiap orang karena mereka merasa pekerjaan tersebut dapat dijalankan lebih mudah, bebas, dan tenang. Namun sebagian lain menganggap pekerjaan kantor yang dipindah ke rumah kurang mengenakkan.

Alasannya mungkin fasilitas yang kurang memadai, suasana yang tidak mendukung, hingga tingkat kenyamanan yang rendah ketimbang di kantor. Hal inilah yang seharusnya kita perhatikan, kita perlu menciptakan suasana kantor di rumah yang benar-benar nyaman dan produktif.

Yang paling dibutuhkan ketika ingin menciptakan kantor di rumah adalah ruangan yang lega dan nyaman. Biasanya pilihan terbaik adalah kamar tidur dengan mengisi meja, kursi, peralatan kantor, internet, dan lain sebagainya. Nah untuk lebih jelasnya simak tips membuat kantor di rumah yang nyaman berikut ini.

1. Pilih Ruangan Terbaik Di Rumahmu

Kamar sebagai ruangan kerja

Perkerjaan akan terasa lebih nyaman ketika kita mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Sebab itulah kita perlu memilih tempat atau ruangan terbaik yang mendukung produktivitas serta kenyamanan saat bekerja.

Biasanya kita lebih memilih kamar pribadi atau kamar tidur sebagai kantor di rumah. Pilihan tersebut cukup tepat karena ruangan pribadi akan memberikan kesan yang lebih privasi serta nyaman saat digunakan.

Adapun syarat-syarat penunjang kenyamanan ruangan adalah sebagai berikut; 1. ruangan yang lega, 2. ruangan yang jauh dari suara bising, 3. ventilasi udara yang cukup, 4. ruangan yang lebih privasi, 5. ruangan yang tidak terganggu dari hal-hal di luar pekerjaan.

2. Meja dan Kursi Yang Nyaman

Tips memilih meja dan kursi kerja

Mungkin ini bisa dibilang masalah pokok saat ingin menciptakan kantor di rumah. Ya, meja dan kursi adalah bagian penting yang harus ada untuk menunjang pekerjaan. Di Kantor pastinya kita sudah disediakan meja dan kursi yang benar-benar nyaman, hanya saja itu pasti tidak boleh kita bawa pulang.

Jadi kita sedikit terpaksa membeli meja serta kursi sendiri untuk memenuhi kebutuhan kantor di rumah. Anda harus memilih meja dan kursi yang ideal, maksudnya adalah meja dan kursi tersebut benar-benar nyaman sesuai diri anda.

Meja dengan nuansa putih atau meja kayu asli bisa jadi pilihan terbaik karena memberikan kesan nyaman serta praktis. Untuk kursinya sendiri mungkin anda bisa memilih antara kategori ‘kursi kantor’ atau ‘kursi gaming’. Keduanya sudah sangat cukup untuk membuat anda betah duduk dalam jangka waktu yang lama.

3. Nuansa Hijau

Setup tanaman di kantor

Memberikan nuansa hijau sebagai penghias kantor akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman, rileks dan menyegarkan. Pilihan terbaik adalah tanaman hias ‘Asli’ yang ada dalam ketegori ‘tanaman hias meja’, ‘tanaman hias mini’, ‘bunga mini’, atau ‘bonsai’.

Anda harus memperhatikan space yang diperlukan untuk memberikan nuansa hijau tersebut. Jangan terlalu berlebih karena anda perlu menyisakan banyak space untuk menaruh barang-barang keperluan kantor.

4. Penuhi Kebutuhan Komunikasi

Siapkan jaringan internet

Pekerjaan kantor yang dilakukan di rumah tentu memerlukan koneksi yang stabil dan kuat untuk memenuhi komunikasi serta transfer data dengan kantor. Anda mungkin memerlukan jaringan Wifi atau setidaknya provider internet yang lancar. Sesuaikan saja kebutuhan, kepraktisan, serta budget yang bisa dikeluarkan.

5. Penempatan Setiap Barang

Pengaturan ruangan

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penempatan setiap benda-benda yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda perlu mengatur positif meja yang paling nyaman, penempatan rak, telepon, lemari, perangkat komputer, dan lainnya.

Aspek yang paling penting dalam hal ini adalah kerapian serta kemudahan dalam mengatur, mengambil, atau memanfaatkan barang. Anda harus memanajemen tempat dengan baik sehingga setiap barang mudah ditaruh dan mudah ditemukan serta terlihat rapi.

6. Minimalisir Penggunaan Kabel

Ganti dengan nirkabel

Hal yang sebenarnya cukup sederhana tapi benar-benar berdampak cukup besar dalam menunjang kenyamanan kantor di rumah. Meminimalisir penggunaan kabel bisa anda lakukan dengan mengganti perangkat yang semula memakai kabel ke nirkabel. Misalnya saja mouse komputer, keyboard komputer, stopkontak, headset, dan lain sebagainya.

Peralatan yang wajib memakai kabel juga harus anda rapikan dengan menyusun atau membuat jalur kabel yang teratur. Jangan biarkan kabel berserakan dimana-mana karena itu akan cukup merusak kenyamanan bekerja.

7. Keluarkan Seluruh Perangkat Hiburan

Keluarkan perangkat untuk hiburan

Fokus bekerja sering terganggu oleh perangkat penunjang hiburan seperti televisi, musik, game, dan lainnya. Jika anda ingin meningkatkan produktivitas saat bekerja, sebaiknya keluarkan seluruh perangkat yang memang bertujuan untuk hiburan.

Anda juga perlu memanajemen diri supaya tidak memakai komputer kerja untuk menonton youtube, memainkan game, atau sosial media. Selain membuang-buang waktu, anda juga akan kehilangan konsentrasi serta semangat ketika bekerja.

8. Pencahayaan Terbaik

Pencahayaan yang optimal

Pencahayaan yang terbaik adalah pencahayaan yang tidak membuat mata kita cepat lelah. Di siang hari mungkin kita tidak memerlukan lampu, tapi kita harus memperhatikan suplai cahaya yang cukup dari luar. Jangan berlebih dan jangan terlalu gelap.

Sore sampai malam hari, kita membutuhkan pencahayaan dari lampu yang optimal. Biasanya lampu warna putih sudah cukup untuk itu, tapi anda juga bisa menciptakan suasana yang berbeda dengan memberi nuansa pencahayaan yang warm atau krom memakai lampu warna kuning / hijau.

Tingkat kecerahan lampu juga perlu diperhatikan, sebab mata kita akan cepat lelah saat berada di ruangan yang terlalu terang atau terlalu gelap. Saran terbaik adalah gunakan lampu yang dapat diatur kecerahan serta warnanya atau anda cukup memfilter lampu biasa untuk mengurangi tingkat kecerahan.

9. Warna Ruangan Mempengaruhi Suasana

Setup gelap

Putih merupakan warna yang umum dipakai dalam ruangan. Anda bisa menggantinya dengan warna lain untuk meningkatkan suasana nyaman kantor di rumah. Pilihan warna terbaik adalah warna yang kalem, tidak terlalu cerah, serta warna gelap. Diantaranya seperti abu-abu gelap, cokelat, hijau, hitam, dan krom.

10. Buat Aturan Untuk Diri Anda Sendiri

Manajemen diri

Meningkatkan produktivitas bukan hanya soal ruangan yang nyaman, tapi juga dari diri anda sendiri. Yang harus anda lakukan adalah menciptakan peraturan serta prinsip dasar dalam bekerja yang harus anda patuhi sendiri.

Itu bisa meliputi jam berapa anda mulai kerja, berapa menit waktu untuk istirahat, jam makan, apa yang tidak boleh dilakukan, pembagian pekerjaan, dan lain sebagainya. Cara ini sebenarnya lebih mengarah pada manajemen diri untuk menciptakan kedisiplinan serta potensi kerja yang maksimal.

Nah itulah tips membuat kantor di rumah yang nyaman dan menunjang produktivitas kerja. Pada intinya anda memang perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli seluruh barang-barang yang diperlukan demi kenyamanan. Anda juga harus pandai dalam mengatur ruangan dengan segala aspek yang ada, sekian.