25 Jenis Anggrek Paling Indah, Cantik, dan Memikat Mata

Jenis Anggrek
Jenis anggrek tercantik

Siapa yang tak kenal anggrek, bunga yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. Bunga anggrek punya kesan yang indah, cantik, dan penuh warna sehingga cocok untuk dijadikan hiasan di taman. Menurut data, bunga satu ini punya spesies yang sangat banyak, jumlahnya tercatat 43.000 spesies dengan 750 famili dan 35.000 varietas hibrida.

Faktanya Indonesia punya sekitar 5.000 spesies yang terbesar di Pulau Jawa, Sumatra, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Kalimantan. Perlu anda ketahui, tanaman anggrek termasuk dalam family Orchidaceae “berasal dari bahasa Yunani – Orchid”.

Anggrek merupakan simbol cinta, keindahan, dan kemewahan. Setiap tanaman anggrek punya ciri khas tersendiri dengan keantikan bunganya masing-masing. Nah mari kita bahas macam-macam anggrek yang paling indah, cantik, dan cocok dijadikan sebagai hiasan.

1. Anggrek Laelia

Anggrek Laelia
Anggrek Laelia

Pertama ada anggrek laelia, tanaman hias yang satu ini boleh dibilang mahal karena harganya bisa menyentuh 1 juta rupiah. Memang itu sebanding dengan keindahan bunga yang ditawarkan pada anggrek yang satu ini. Anggrek laelia punya keunikan pada bagian petal dan sepalnya yang terkesan eksotis dan tak bisa ditemukan pada anggrek jenis lain.

2. Anggrek Bulan

Gambar Anggrek Bulan
Gambar Anggrek Bulan

Selanjutnya ada anggrek bulan, bunga yang satu ini cukup umum dijumpai karena memang sering dijadikan tanaman hias oleh kebanyakan orang Indonesia. Anggrek bulan punya nama ilmiah Phalaenopsis Amabilis dengan ciri khas bunga warna putih cerah.

Satu hal yang harus anda ketahui, bunga anggrek bulan lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi jika ingin menanamnya sebaiknya taruh pada tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari.

3. Anggrek Pecteilis Radiata

Anggrek Pecteilis Radiata
Anggrek Pecteilis Radiata

Anggrek jenis pecteilis radiata terkenal dengan keindahan bentuk bunganya. Bagaimana tidak, bunga anggrek ini mirip seperti seekor burung yang sedang mengepakkan sayap indahnya lebar-lebar. Kesan motif bagian sisinya juga menyerupai bulu sayap burung. Tak heran anggrek yang satu ini selalu dicari orang-orang untuk dijadikan koleksi tanaman hias eksotis.

4. Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya
Anggrek Cattleya

Bunga anggrek yang satu ini menjadi favorit para pecinta tanaman hias karena punya karakteristik bunga yang indah dengan pola yang beda dengan bunga lain. Cattleya merupakan anggrek yang berasal dari Kostarika dan Amerika Selatan, walaupun begitu di Indonesia tanaman ini sudah banyak dijumpai dan dibudidayakan.

Tanaman hias satu ini memerlukan perawatan lebih karena cattleya tidak tahan lama terpapar sinar matahari langsung. Jika menanamnya di pot, cukup menaruh pada tempat terkena sinar matahari dalam waktu 4 jam saja, setelah itu pindahkan ke tempat yang lebih teduh supaya bunga ini tidak layu.

5. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam
Anggrek Hitam

Anggrek hitam menjadi salah satu tanaman hias yang cukup langka dan punya harga yang tinggi. Anggrek ini dapat ditemukan di Kalimantan dan Sumatra Utara. Sesuai namanya, anggrek hitam memiliki kelopak bunga yang berwarna hitam eksotis dengan pola yang indah dan memikat mata siapapun yang melihatnya.

6. Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang
Anggrek Bulan Bintang

Anggrek bulan bintang punya nama ilmiah Paraphalaenopsis Denevei, tanaman ini bisa ditemukan di Kalimantan di sekitar tepi sungai. Tanaman anggrek yang satu ini tumbuh di tempat yang teduh, agak basah, dan hidup di dataran rendah sekitar 300 meter di bawah permukaan laut (MPDL).

Mengapa disebut anggrek bulan bintang? tentu saja karena kelopak anggrek ini berjumlah lima menyerupai bintang dan tambahan ditengahnya yang seperti bulan. Tanaman ini memberikan kesan indah dan eksotis sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah.

7. Anggrek Sikat Gigi

Anggrek Sikat Gigi
Anggrek Sikat Gigi

Nama ilmiahnya adalah Dendrobium Secundum, tanaman ini hidup di dataran rendah dan banyak ditemukan di Indonesia. Anggrek sikat gigi sering dijadikan sebagai pilihan tanaman hias karena punya bunga yang indah yang enak dipandang.

Sesuai dengan namanya, anggrek sikat gigi punya kelopak bunga kecil-kecil yang tersusun rapi memanjang sehingga tampak seperti sebuah sikat. Warnanya yang cerah dan pola bunga yang indah memberikan kesan menarik pada tanaman satu ini.

8. Anggrek Selop

Jenis Anggrek Selop
Jenis Anggrek Selop

Indonesia memang menjadi habitat berbagai jenis bunga anggrek yang cantik, salah satunya adalah anggrek selop. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Paphiopedilum Glaucophyllum, menjadi anggrek endemik Jawa Timur dan bisa ditemukan di sekitaran lereng gunung semeru.

Keunikan dari anggrek ini adalah warnanya yang indah dengan pola kelopak bunga yang unik. Terdapat 2 helai kelopak utama, dua helai kelopak di samping, juga terdapat lebellum yang membuat anggrek ini seperti tanaman kantung semar.

9. Anggrek Violet

Anggrek Violet
Anggrek Violet

Jenis anggrek yang satu ini pasti sudah banyak orang yang tahu. Nama ilmiahnya Halaenopsis Violacea, tanaman ini punya karakteristik warna mencolok, motif kelopak bunga yang indah, serta aroma yang harum. Anggrek violet bisa anda jadikan pilihan tanaman hias terbaik untuk mempercantik kebun.

10. Anggrek Bulan Kalimantan

Anggrek Bulan Kalimantan
Anggrek Bulan Kalimantan

Nama anggrek bulan memang cukup banyak, nah untuk anggrek yang satu ini beda dengan anggrek bulan lain. Anggrek bulan kalimantan punya karakteristik warna putih cerah dengan tambahan corak warna kuning dan merah.

11. Anggrek Dendrobium

Jenis Dendrobium
Jenis Dendrobium

Berikutnya ada anggrek yang menjadi pilihan banyak orang sebagai tanaman hias. Anggrek dendrobium, tanaman ini punya corak warna gradasi yang indah dan kelopak bunga yang cantik. Tanaman yang satu ini tergolong mudah perawatannya dan dapat hidup diberbagai tempat.

12. Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara
Anggrek Ki Aksara

Biasanya anggrek menawarkan pesona indah pada bunganya, namun berbeda dengan tanaman anggrek satu ini. Nama ilmiahnya Macodes Petol, tanaman ini menawarkan keindahan pada bagian daunnya. Terdapat pola yang cukup abstrak seperti listrik dengan perbedaan warna yang mencolok antara pola tadi dengan daunnya. Anggrek ini mungkin bisa anda jadikan referensi untuk memilih tanaman hias terbaik untuk mempercantik rumah.

13. Anggrek Vanda

Anggrek Vanda
Anggrek Vanda

Tanaman anggrek yang satu ini punya variasi yang cukup banyak. Ada yang berukuran besar, kecil, kelopak bunga lebar, sempit, bentuk menyerupai pita, hingga sendok. Anggrek vanda mudah dijumpai di Indonesia dan dapat anda jadikan tanaman hias di rumah. Anggrek vanda tumbuh sebagai anggrek tanah dan menempel pada tanaman lain.

14. Anggrek Oncidium

Jenis Anggrek Oncidium
Jenis Anggrek Oncidium

Selanjutnya ada tanaman anggrek jenis oncidium. Bunga anggrek ini berukuran kecil dengan motif indah ditambah dengan warna belang yang eksotis. Anggrek oncidium bisa anda jadikan pilihan tanaman hias terbaik untuk di rumah.

15. Anggrek Cymbidium

Anggrek Cymbidium
Anggrek Cymbidium

Setiap anggrek punya keunikannya tersendiri, ada anggrek yang punya ciri khas keindahan pada kelopak bunganya, daun, hingga labelum. Anggrek cymbidium punya keindahan pada bagian labelumnya, dengan motif serta warna yang unik, anggrek ini cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah.

16. Anggrek Miltonia

Anggrek Miltonia
Anggrek Miltonia

Berikutnya ada anggrek miltonia, tanaman anggrek yang satu ini punya karakteristik warna yang cerah dan mencolok. Pada bagian labelumnya terdapat corak yang terlihat indah karena menyerupai motif batik. Anggrek yang satu ini cukup sulit didapatkan di Indonesia karena memang bukan berasal dari Negara ini.

17. Anggrek Schomburgkia Exaltata

Anggrek Schomburgkia Exaltata
Anggrek Schomburgkia Exaltata

Memang cukup sulit menyebut nama anggrek yang satu ini. Sesuai dengan jenisnya, anggrek Schomburgkia punya keunikan tersendiri dari anggrek lain, yaitu bunga yang bergelombang ditambah dengan gradasi warna yang indah. Bagian labelumnya juga terkesan unik karena menampilkan motif yang makin mempercantik bunga ini.

18. Anggrek Tebu

Jenis Anggrek Tebu
Jenis Anggrek Tebu

Anggrek tebu punya nama latin Grammatophyllum Speciosum dengan ciri khas warna kecokelatan dan bintik-bintik yang membuatnya terkesan seperti kulit harimau. Karena itulah bunga anggrek yang satu ini juga dijuluki anggrek harimau.

Disamping itu, anggrek tebu merupakan salah satu tanaman anggrek yang memiliki ukuran lebih besar dari jenis lain. Anggrek tebu tumbuh hingga tinggi 3 meter, dengan batang berukuran 2 cm, dan kelopak bunga yang lebar mencapai 10 cm.

19. Anggrek Sendok

Spathoglottis Zurea

Berikutnya ada bunga anggrek sendok, sesuai dengan namanya, anggrek satu ini punya kelopak bunga yang mirip dengan ujung sendok. Nama lain dari anggrek sendok adalah Spathoglottis Zurea, warnanya kuning cerah serta sedikit aksen putih yang menambah kesan cantik.

20. Anggrek Phalaenopsis Violacea

Anggrek Kelip
Anggrek Kelip

Tanaman anggrek satu ini juga dikenal dengan nama Anggrek Kelip. Anggrek jenis ini punya daya tarik tersendiri yakni aroma harum yang memikat pada bunganya serta bentuk dan gradasi warna yang indah. Anggrek kelip termasuk tanaman yang langka dan terancam punah.

21. Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan
Anggrek Kebutan

Anggrek kebutan punya nama ilmiah Ascocentrum miniatum, tanaman hias satu ini sangat cocok untuk memperindah ruangan atau dinding rumah anda. Anggrek kebutan punya ciri kas bunga kecil-kecil yang bertumpuk banyak dengan warna oranye cerah.

22. Anggrek Zamrud

Anggrek Zamrud
Anggrek Zamrud

nggrek yang satu ini termasuk kedalam jenis dendrobium. Anggrek zamrud punya keunikan tersendiri pada bagian bunganya yang memiliki pola indah serta paduan corak warna kuning kehijauan serta garis-garis cokelat pada bagian labelumnya.

23. Anggrek Vanda Hookeriana

Anggrek Pensil
Anggrek Pensil

Di Indonesia, tanaman anggrek yang satu ini sering disebut sebagai anggrek pensil. Anggrek yang satu ini menawarkan keindahan pada labelumnya yang memiliki perpaduan warna indah dengan motif batik. Anggrek pensil memang cukup sulit untuk didapatkan dan harganya pun tergolong mahal.

24. Anggrek Larat

Anggrek Larat
Anggrek Larat

Nama ilmiahnya adalah dendrobium phalaenopsis. Anggrek dalam jenis dendrobium memang sangat banyak jumlahnya dan menawarkan keunikannya tersendiri. Nah untuk anggrek larat punya ciri khas bunga dengan kelopak yang lebar serta dipenuhi dengan warna cerah.

25. Anggrek Dendrobium Uniflorum

Anggrek Dendrobium Uniflorum
Anggrek Dendrobium Uniflorum

Terakhir ada anggrek jenis dendrobium lagi. Memang anggrek dendrobium termasuk tanaman hias yang banyak diminati orang-orang, jenis dendrobium terkenal dengan keindahan bunganya. Nah untuk dendrobium uniflorum sendiri biasanya menampilkan bunga dengan paduan warna cerah dan bentuk kelopak yang unik.

Itulah beberapa jenis anggrek cantik dan mempesona yang cocok untuk dijadikan koleksi tanaman hias di rumah. Tidak semua jenis anggrek bisa didapatkan dengan mudah, bahkan ada beberapa yang sudah terancam punah dan tidak boleh anda miliki, sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here