Pengertian Transkrip Nilai & Contoh Transkrip SMA/SMK/Kuliah

1 min read

Transkrip Nilai

Dalam dunia pendidikan kita pastinya tidak asing dengan yang namanya Transkrip Nilai. Tapi mungkin masih banyak yang belum mengerti apa sih transkrip nilai itu dan seperti apa bentuk transkrip nilai.

Transkrip merupakan kata serapan Bahasa Inggris “Transcript” yang punya arti salinan. Jadi transkrip nilai merupakan salinan nilai yang diperoleh dari hasil proses belajar.

Pengertian Transkrip Nilai

Transkrip adalah inventaris yang diambil dan nilai yang diperoleh dari seorang siswa dari seluruh program studi yang telah dilalui. Istilah transkrip nilai bisa mengacu pada Transkrip nilai SMK / SMA / Perguruan tinggi atau Kuliah.

Dalam pengertian umum, Transkrip nilai adalah kumpulan nilai dari semua mata pelajaran mulai semester satu hingga akhir dari SMA / SMK / atau Perguruan Tinggi. Transkrip nilai berbeda dengan Rapor, Transkrip nilai berbentuk satu lembar saja, sedangkan Rapor biasanya tersusun dari beberapa lembar.

Transkrip nilai biasanya diperoleh setelah kita menyelesaikan program pendidikan secara menyeluruh di sebuah sekolah maupun perguruan tinggi. Transkrip nilai diberikan bersamaan dokumen penting lainnya seperti Rapor, Ijazah, Sertifikat, dan SKHUN.

Fungsi Transkrip Nilai

Transkrip nilai memiliki beberapa kegunaan dalam dunia pendidikan. Transkrip berfungsi dalam menjelaskan prestasi akademik, pencapaian akademik, serta perkembangan siswa dari semester satu hingga akhir.

Transkrip nilai juga sering digunakan sebagai bukti tanda telah menyelesaikan program studi sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Biasanya transkrip ini diminta oleh perusahaan dalam bentuk fotocopy yang telah di legalisir.

Dalam penerimaan Beasiswa, terkadang transkrip nilai juga diperlukan. Transkrip nilai ini diperlukan untuk mengetahui grafik perkembangan peserta didik calon penerima beasiswa.

Contoh Transkrip Nilai

Transkrip Nilai SMA :

Transkrip Nilai
Transkrip Nilai SMA – foto : fridyaa

Transkrip Nilai SMK :

Transkrip Nilai
Transkrip Nilai SMK Tampak Depan – foto : kepoindonesia.id
Transkrip Nilai
Transkrip Nilai SMK tampak belakang – foto : kepoindonesia.id

Transkrip Nilai Perguruan Tinggi :

Transkrip Nilai
Transkrip Nilai Kuliah – foto : Transkrip nilai S1 Teknik Sipil ITB
Transkrip Nilai Perguruan Tinggi
Transkrip Nilai Perguruan Tinggi – foto : unesa.ac.id

Penutup

Nah itulah sedikit pembahasan tentang pengertian transkrip nilai, kegunaan transkrip nilai, serta contoh transkrip mulai dari SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi. Kesimpulannya, transkrip nilai adalah kumpulan semua nilai mata pelajaran dari semester awal hingga akhir.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved