Arti Intensif Dan Contoh Pemakaian Kata Intensif (Lengkap)

Arti Kata Intensif

Arti Kata Intensif – Kata baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sangatlah luas, mungkin ada banyak kata baku yang masih belum kita pahami artinya, padahal sudah sering mendengar. Salah satu contohnya adalah kata Intensif.

Biasanya kita mendengarkan pengucapan kata Intensif dalam berbagai kalimat seperti “Belajar dengan intensif, membaca intensif, perawatan intensif, dan lain sebagainya”. Apa sih artinya intensif? bagaimana penggunaan kata intensif yang benar? Simak pembahasan berikut ini.

Arti Intensif Adalah

Intensif merupakan kata baku yang dapat anda temukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Intensif merupakan kata Adjektiva atau Kata Sifat yang menjelaskan nomina atau promina.

Dalam KBBIintensif / in·ten·sif / inténsif / Artinya secara sungguh-sungguh dan terus menerus dalam mengerjakan sesuatu hingga memperoleh hasil yang optimal.

Jadi Intensif adalah kata sifat yang menyebut sesuatu yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Turunan Kata Intensif

Adapun turunan kata intensif adalah Mengintensifkan dan Pengintesifan. Mengintensifkan artinya membuat atau menjadikan intensif. Sedangkan Pengintensifan adalah proses, cara, perbuatan yang mengintensif-kan.

Contoh Penggunaan Kata Intensif

Untuk memahami kata intensif lebih jelas, alangkah baiknya kita menerapkan langsung kata intensif dalam sebuah kalimat. Nah berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang terdapat kata intensif didalamnya.

  • Sekolah menerapkan program belajar intensif kepada para siswa kelas 12 menjelang Ujian Nasional.
  • Kakek dirawat intensif di rumah sakit karena penyakit yang dideritanya semakin parah.
  • Untuk memahami materi pelajaran yang sulit, para siswa harus belajar intensif di sekolah.
  • Korban kecelakaan bus pariwisata sedang dirawat secara intensif.
  • Setiap calon penumpang diperiksa petugas keamanan dengan intensif.
  • Untuk menjaga wilayah laut suatu negara dilakukan penjagaan yang intensif.
  • Membaca intensif cukup efektif dalam memahami isi buku.

Nah jadi itulah pembahasan tentang arti intensif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) serta contoh penerapan kata intensif dalam sebuah kalimat secara utuh. Jika ada pertanyaan seputar intensif, silahkan tulis di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved