2 Arti Kata Tuman Dalam KBBI Dan Bahasa Jawa Serta Contohnya

1 min read

Arti Kata Tuman

Arti Kata Tuman – Dalam dunia media sosial, ada banyak hal yang mudah viral dan trending. Salah satunya adalah kataTuman” yang pernah trending tahun 2019 yang lalu. Tuman menjadi bahan meme dengan menyajikan narasi kocak yang membuat kita tertawa lepas.

Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang kurang mengerti dengan apa arti tuman. Nah perlu Anda ketahui, tuman bukanlah bahasa atau kata baru yang tercipta dalam meme. Tuman merupakan kata yang sudah ada dalam Bahasa Jawa dan Sunda yang kemudian diserap dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Arti Tuman Dalam Bahasa Jawa

Tuman merupakan sebuah kata yang berfungsi sebagai ungkapan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini lazim digunakan oleh masyarakat Jawa dan Sunda dalam berbagai topik pembicaraan yang ringan maupun serius.

Arti Tuman adalah Terbiasa, Senang mengulangi karena pernah merasakan enaknya, atau Kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang.

Arti Tuman Dalam KBBI

Kata tuman juga sudah ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tuman punya arti Suka dan Gemar dalam melakukan sebuah tindakan atau perbuatan tertentu.

Jadi kata tuman bisa dipakai dalam Bahasa Indonesia sebagai pengganti kata Gemar atau Suka dalam konteks melakukan sebuah tindakan. Tuman menjadi pilihan kata yang lebih singkat dan mudah dimengerti dalam percakapan sehari-hari.

Contoh Kata Tuman Dalam Bahasa Jawa

Dalam lingkungan keluarga di Jawa, kata tuman biasanya dipakai untuk menanggapi suatu tindakan yang terjadi secara berulang-ulang. Atau sebuah perbuatan yang dilakukan seseorang berkali-kali karena merasa enak.

Disamping itu, “tuman” juga menjadi sebuah kata yang mengomentari tindakan atau perbuatan yang berulang-ulang yang sifatnya lancang, tidak sopan, atau perbuatan yang buruk. Salah satu contohnya adalah seorang anak yang selalu pulang terlalu sore ketika pergi bermain. Kemudian orang tuanya mengatakan “Tuman, tiap hari main kok pulangnya petang.”

Contoh :

  • “Cah iki tuman, lungo-lungo muleh nganti wengi saben dino.”
  • “Pancen tuman, wong iku nek nyilih duwik lali nyahur utange.”
  • “Bocah iki kok tuman, dikandani ojo dolanan nganti wengi kok gak ngandel.”

Contoh Kata Tuman Dalam Bahasa Indonesia

Selain bahasa Jawa, tuman juga sering dipakai dalam percakapan bahasa Indonesia, apalagi setelah meme “Tuman” sempat viral tahun lalu.

Kata tuman dalam bahasa Indonesia digunakan sebagai ungkapan yang mengomentari sebuah perbuatan yang berkaitan dengan hal-hal yang digemari, disukai, dan dilakukan berulang-ulang.

Contoh :

  • “Tuman, uang jajan selalu habis, gak kamu tabung sedikit apa?”
  • “Kamu memang tuman, dibilangin jangan pulang larut, masih saja ngelanggar.”
  • “Dipinjamin duit gak balik, Tuman!”

Penutup

Nah jadi itulah pembahasan singkat mengenai arti kata tuman dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa atau Sunda. Jadi tuman merupakan kata yang bermakna ungkapan untuk menanggapi perbuatan yang dilakukan berulang-ulang karena suka, atau sesuatu yang disukai. Jika ada tanggapan, jangan lupa tinggalkan komentar Anda di bawah.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved