8 Manfaat Musim Dingin Yang Menakjubkan Bagi Manusia

3 min read

Manfaat Musim Dingin

Manfaat Musim Dingin – Indonesia merupakan negara dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan (dingin). Musim hujan atau juga disebut musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dalam waktu tertentu secara tetap.

Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis, suatu wilayah bisa dikatakan mengalami musim hujan ketika besarnya curah hujan dalam satu dasarian sama atau lebih dari 50 milimeter dan diikuti oleh beberapa dasarian berikutnya.

Bagi sebagian orang, musim dingin atau penghujan dianggap mengganggu aktivitas sehari-hari. Musim dingin juga memang membuat tubuh menggigil sehingga menciptakan rasa malas untuk bergerak. Tapi dibalik itu semua, musim dingin menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Manfaat Musim Dingin / Hujan

Cuaca dingin yang terjadi ketika musim hujan punya sederet manfaat yang baik bagi kita. Ada manfaat dari sisi medis hingga manfaat yang belum kita sadari.

1. Membakar lebih banyak kalori

Mungkin masih banyak yang masih mengira jika berolahraga di musim panas akan membakar kalori lebih banyak. Nah perlu anda ketahui, itu adalah pernyataan yang salah.

Sebenarnya kita akan lebih banyak membakar kalori saat beraktivitas atau berolahraga di suhu udara yang dingin. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bisa seperti itu?

Nah menurut hasil penelitian, tubuh manusia akan mengalami peningkatan metabolisme hingga 80% saat suhu udara dingin. Ini berdasarkan pada penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Invertigation tahun 2012 yang lalu.

Tubuh kita terdiri dari dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak cokelat (brown fat). Lemak putih memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan energi, lemah cokelat berfungsi untuk membakar kalori yang nantinya menghasilkan panas.

Metabolisme tubuh manusia akan mengalami peningkatan pesat saat suhu udara dingin. Tubuh akan membakar lemak cokelat lebih banyak dalam tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Jadi, cuaca dingin atau musim hujan sangat cocok bagi anda yang ingin membakar kalori tubuh lebih banyak dengan beraktivitas ataupun berolahraga.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Suhu udara yang dingin biasanya membuat kulit terasa lebih kering dan kaku. Walaupun begitu, suhu udara dingin ternyata dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya. Kok bisa?

Nah jadi, suhu dingin punya fungsi sebagai astrigen yang dapat membuat pori-pori kulit menjadi lebih kencang. Disamping itu, udara yang dingin juga membantu memperlambat produksi minyak pada kulit sehingga kulit tampak lebih bersih dan bercahaya.

3. Membantu mengurangi nyeri otot

Anda pastinya tahu kalau orang yang mengalai nyeri otot akibat terjatuh akan sesegera mungkin diberi es batu untuk meringankan gejala nyeri. Cara ini memang benar-benar terbukti dapat mengatasi nyeri pada otot.

Ketika terkena suhu udara dingin, pembuluh darah akan melebar dan menjadi lebih rileks. Hal ini akan mengurangi rasa nyeri serta kram yang mungkin saja akan terjadi.

Dalam sebuah studi mengatakan, seorang atlet yang rutin terapi dingin atau krioterapi cenderung lebih cepat sembuh dan bertenaga, daripada atlet yang mendapatkan terapi hangat.

Nah jadi cuaca dingin cukup penting untuk mencegah dan mengurangi nyeri otot saat kita beraktivitas sehari-hari. Udara dingin juga membuat otot lebih rileks dan tenang.

4. Mencegah penyakit yang disebabkan nyamuk

Cuaca dingin bermanfaat dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, misalnya demam berdarah dan virus zika. Suhu udara yang dingin biasanya membuat nyamuk memilih untuk tidak beraktivitas.

Baca juga : Fakta hebat luar angkasa

Terlebih lagi pada suhu dibawah 10 derajat celcius, nyamuk cenderung berhibernasi dan tidak aktif. Jadi kemungkinan kamu terkena gigitan nyamuk pada suhu udara yang dingin lebih minim.

5. Tidur lebih nyaman

Bagi anda yang sering mengalami masalah susah tidur atau insomnia, anda bisa menurunkan suhu kamar menjadi lebih rendah. Suhu udara dingin bisa membantu anda tidur lebih cepat dan nyenyak.

Suhu inti tubuh mengalami penurunan secara alami sewaktu kita tidur. Dalam dunia medis, proses penurunan suhu inti tubuh akan lebih cepat ketika suhu udara sedang dingin. Berbeda dengan suhu udara yang panas, penurunan suhu tubuh bisa memakan waktu hingga 2 jam lamanya.

Perlu anda ketahui, semakin cepat suhu inti tubuh menurun, maka semakin cepat juga kita mengantuk dan terlelap. Jadi suhu dingin seperti ketika musim hujan sangat baik untuk membantu mempermudah kita tidur.

6. Pikiran lebih rileks

Suhu udara yang dingin membuat pikiran kita lebih rileks dan tenang. Inilah alasan mengapa di kantor-kantor terdapat AC yang digunakan untuk menurunkan suhu ruangan.

Menurut hasil penelitian, otak akan bekerja lebih baik dan memiliki fokus yang stabil ketika suhu udara lebih rendah dari biasanya. Kinerja otak dipengaruhi oleh kadar gula darah yang mana glukosa tersebut dipengaruhi oleh suhu inti tubuh Anda.

Perlu anda ketahui, ketika musim panas atau saat suhu udara cukup panas. Kita akan menggunakan lebih banyak glukosa untuk menurunkan suhu tubuh. Alhasil kinerja otak tidak maksimal dan membuat kita menjadi pusing, berkeringat, serta tidak fokus.

7. Kekebalan tubuh meningkat

Menurut hasil penelitian, kekebalan tubuh atau sistem imun seseorang akan meningkat ketika berada di tempat yang suhu udaranya cukup dingin. Kekebalan tubuh yang baik akan membantu anda untuk tidak mudah terserang penyakit.

8. Menciptakan rasa bahagia

Musim dingin juga punya manfaat yang jarang kita sadari, yaitu membuat perasaan menjadi lebih tenang dan bahagia. Cuaca dingin menjadikan otak dapat berpikir lebih jernih sehingga suasana hati dan pikiran lebih stabil. Itulah mengapa ketika cuaca sedang dingin, kita akan merasa lebih rileks, tenang, dan bahagia.

Baca juga : 20 manfaat musim panas

Jadi musim dingin tidak selalu memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan. Musim dingin juga punya peran yang cukup penting bagi kita, terlebih lagi musim dingin cukup menyenangkan untuk kita nikmati karena tidak ada gerah dan tubuh tak mudah berkeringat yang menyebabkan bau badan.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved