4 Jenis Jenis Komunikasi Beserta Penjelasannya

Jenis Jenis Komunikasi

Jenis Jenis Komunikasi – Kehidupan di dunia ini memaksa manusia untuk saling berinteraksi satu sama lain, tak lain karena manusia adalah makhluk sosial. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain dengan perantara media.

Pihak yang mengirim informasi disebut sebagai pengirim atau sender, sedangkan pihak yang menerima informasi disebut penerima atau receiver. Jadi secara sederhana, informasi adalah proses mengirim dan menerima informasi yang dilakukan dua orang atau lebih.

Dalam berkomunikasi, ada berbagai cara yang dapat dilakukan, misalnya berkomunikasi langsung secara lisan, hingga komunikasi nonverbal. Untuk membahas lebih lengkap tentang jenis informasi, simak ulasan di bawah ini.

Jenis Jenis Komunikasi

Ada beberapa jenis komunikasi yang digunakan manusia dalam berinteraksi dan bertukar informasi. Secara umum, ada komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, dan komunikasi tertulis. Ada juga satu lagi tambahan jenis komunikasi, yaitu komunikasi secara visual.

1. Komunikasi Verbal / Lisan

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa untuk mentransfer informasi. Jadi, komunikasi verbal merupakan komunikasi lisan yang disampaikan melalui kata-kata yang diucapkan oleh satu pihak pengirim informasi kepada pendengar.

Komunikasi ini digunakan dalam berbagai hal seperti presentasi, percakapan antara dua orang atau lebih, pidato, hingga diskusi.

Dalam berkomunikasi secara verbal, ada hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yaitu nada bicara dan pemilihan kata. Nada bicara sangat penting untuk mewakili komunikasi yang sedang dilangsungkan, nada bicara tinggi biasa digunakan ketika pidato atau diskusi, sedangkan nada bicara rendah sering dipakai dalam dialog tatap muka.

Pemilihan kata juga penting untuk diperhatikan. Dalam berkomunikasi, kita perlu pandai dalam pemilihan kata sesuai dengan komunikasi yang sedang berlangsung. Komunikasi formal perlu menggunakan kata baku, sedangkan komunikasi sehari-hari dapat menggunakan kata yang tidak baku.

2. Komunikasi NonVerbal / Bahasa Tubuh

Komunikasi Nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh (body languange), gerak tubuh (gesture), ekspresi wajah (facial expression), dan bentuk tubuh (posture) untuk menyampaikan informasi. Jadi komunikasi nonverbal tidak dilakukan dengan kata kata lisan, melainkan insyarat bahasa tubuh.

Komunikasi nonverbal dapat mewakili penyampaian informasi sederhana kepada orang lain. Misalnya senyuman yang berarti menyampaikan informasi yang menyenangkan atau membahagiakan. Gesture tubuh tangan bersilangan bisa menyampaikan sebuah penolakan. Atau bahasa tubuh seperti kedua kaki di lantai dan lengan di samping yang mencerminkan sikap terbuka terhadap informasi.

3. Komunikasi Tertulis

Pengertian komunikasi tertulis adalah tindakan menulis, mengetik atau mencetak simbol seperti huruf dan angka untuk menyampaikan informasi. Jadi komunikasi tertulis adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan tanda, simbol, tipografi, dan angka yang dapat menyampaikan suatu informasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam informasi tertulis, diantaranya : Tulisan harus sesederhana mungkin, tulisan harus efektif dan mudah dipahami, tulisan tidak mengandalkan nada, serta tulisan harus padat dan jelas.

4. Komunikasi Visual

Komunikasi visual termasuk dalam tambahan jenis komunikasi yang ada. Visual artinya dapat dilihat dengan indra penglihat (mata). Jadi komunikasi visual adalah proses pengiriman informasi menggunakan foto, seni, gambar, sketsa, bahan, hingga grafik.

Komunikasi visual biasanya dipakai dalam presentasi sebagai sebuah cara untuk menyampaikan data secara detail yang mana data tersebut tak mungkin disampaikan langsung secara lisan.

Visual dapat menjelaskan informasi lebih jelas dan lebih memahamkan orang yang menerima informasi. Dengan gambar, sketsa, atau grafik, informasi yang disampaikan dapat dimuat secara utuh dan terperinci kepada penerima.

Komunikasi visual juga sering dipakai dalam kondisi lain seperti proses belajar mengajar, pidato, interaksi online, dan masih banyak lagi.

Simak juga : Tugas dan peran guru di sekolah

Itulah jenis jenis komunikasi yang berdasarkan pada bentuk penyampaiannya. Jadi intinya komunikasi dapat dilakukan melalui lisan, bahasa tubuh, tulisan, hingga media visual yang dapat dilihat mata. Tentu kita perlu belajar cara-cara berkomunikasi yang baik dan benar karena komunikasi adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved