Markisa adalah tanaman yang tergolong dalam genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Tanaman ini sudah menyebar luar di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Markisa biasa tumbuh di daerah dataran tinggi atau pegunungan yang sejuk, tapi kini buah markisa bisa ditemui di daerah dataran rendah karena mudah dibudidayakan.

Berbeda dengan buah lain, markisa merupakan buah yang dikonsumsi bagian bijinya. Buah ini punya ciri khas rasa asam manis yang menyegarkan. Buah dengan nama latin Passiflora Quadrangularis L ini ada empat jenis, diantaranya markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa), markisa ungu (passiflora edulis var. Edulis), markisa konyal (passiflora lingularis), serta markisa erbis (passiflora quadrangularis).

Buah ini memiliki popularitasnya sendiri sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Memang benar, buah markisa mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B3, karbohidrat kompleks, serat, kalium, zat besi, hingga magnesium.

Tak salah memang jika buah markisa punya khasiat dan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh manusia. Ingin tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam buah manis asam ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Buah markisa punya manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Buah ini mengandung vitamin C, beta-karoten, serta polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan inilah yang berfungsi menjaga tubuh agar kebal terhadap serangan penyakit.

Mengonsumsi buah markisa yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda dapat menjalani aktivitas harian dengan lancar.

2. Sehat Untuk Pencernaan

Markisa termasuk dalam buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung sekitar dua gram serat yang mana serat ini sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, buah markisa juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit dan lapar.

Jadi bagi anda yang sering mengalami masalah pencernaan seperti susah BAB atau pencernaan tidak lancar, buah ini bisa dijadikan pilihan tepat untuk dikonsumsi.

3. Menangkal Radikal Bebas

Mengonsumsi markisa juga bagus untuk menangkal radikal bebas. Ini karena buah markisa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, flavonoid, dan piceatannol.

Nah paparan radikal bebas yang terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh. Misalnya terjadi penuaan dini pada kulit, kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit lainnya.

4. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Kesehatan tulang dan sendi harus selalu kita jaga supaya aktivitas harian dapat berjalan dengan lancar. Untuk itulah kita membutuhkan asupan mineral yang cukup. Salah satunya dari buah markisa yang punya kandungan mineral cukup lengkap.

Mengonsumsi buah markisa berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tulang, sendi, serta mengurangi resiko terkena osteoporosis. Osteoporosis sendiri merupakan kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang membuatnya keropos dan mudah patah.

5. Mengatasi Diabetes

Selain menyegarkan, buah markisa kaya akan manfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Salah satunya diabetes, buah ini mengandung serat yang punya efek hipoglikemik atau penurunan gula darah.

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi makanan yang rendah GI atau glikemik indek serta serat tinggi seperti markisa akan membantu mengurangi masalah diabetes. Jadi buah markisa sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah lebih awal diabetes.

6. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang sangat ditakuti banyak orang. Nah buah markisa bisa jadi pilihan tepat untuk dikonsumsi karena punya khasiat mencegah tumbuhnya sel kanker. Buah ini punya antioksidan yang baik untuk tubuh serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain itu, buah markisa juga mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Adapun fitokimia yang ada dalam buah ini adalah kerotenoid, polifenol, harman, harmol, harmalin, harmine, krisin, hingga isoviteksin.

7. Memberi Efek Relaksasi

Buah markisa juga cocok dikonsumsi oleh orang yang sering mengalami masalah stres karena aktivitas harian. Markisa berkhasiat untuk mengendurkan saraf yang akan memberi efek tenang dan rileks dalam tubuh kita. Jadi tak heran jika buah markisa sering dijadikan olahan minuman menyegarkan untuk memberi efek relaksasi.

8. Sebagai Penambah Darah

Perlu anda ketahui, kekurangan sel darah merah akan menyebabkan anemia yang biasa memberikan dampak tubuh mudah lelah, pusing, hingga kulit terlihat pucat. Nah untuk mengatasi itu, anda bisa mengonsumsi buah markisa karena terkandung berbagai macam mineral penting seperti kalium, zat besi, serta tembaga yang berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah.

9. Menjaga Tekanan Darah

Disamping sebagai penambah darah, buah markisa juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah kita. Kandungan kalium didalamnya akan membantu relaksasi aliran darah serta meningkatkan aliran darah. Jadi buah ini akan membuat tekanan darah anda terjaga serta menjadi lebih lancar.

10. Mencegah Asma

Buah markisa baik dikonsumsi oleh orang yang menderita asma. Menurut hasil penelitian, markisa punya manfaat untuk memblokir histamin yang bisa menyebabkan gejala asma. Manfaat ini bisa anda temukan di buah markisa kuning.

11. Mengurangi Resiko Penuaan Dini

Markisa mengandung vitamin C serta antioksidan yang berfungsi untuk meremajakan kulit. Selain itu, kandungan didalamnya juga punya khasiat untuk membantu pertumbuhan sel-sel baru pada kulit sehingga kulit terlihat lebih segar dan kencang.

Adapun manfaat yang lebih maksimal bisa anda dapatkan dari minyak biji buah markisa. Biasanya produk seperti ini punya nama “Minyak maracuja”, anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk dioleskan pada kulit demi manfaat melembabkan, meremajakan, serta mengatasi masalah kulit lain.

12. Membantu Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan diet, tentu selalu memilih-milih makanan demi menghindari naiknya berat badan. Nah buah markisa sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan pola diet. Buah ini rendah kalori, sodium, serta lemak, selain itu kandungan karbohidrat dan gula alaminya cukup untuk menghindari kenaikan berat badan.

13. Baik Untuk Penderita Insomnia

Masalah susah tidur atau insomnia menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, susah tidur memberikan dampak yang sangat buruk bagi tubuh, terlebih lagi hal tersebut mengganggu aktivitas harian kita.

Kadang memilih obat untuk mengatasi insomnia terkesan kurang efektif karena punya efek negatif. Nah buah markisa bisa jadi pilihan alami untuk mengatasi masalah insomnia. Buah ini berkhasiat untuk menciptakan rileks pada otak, memberikan rasa tenang, serta menambah rasa kantuk.

14. Membantu Memperbaiki Jaringan Tubuh

Selanjutnya ada manfaat buah markisa yang cukup penting bagi tubuh, yakni memperbaiki jaringan serta sel-sel dalam tubuh. Perlu anda ketahui, buah markisa dapat memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian yang berguna untuk melawan berbagai macam penyakit juga mencegah infeksi.

15. Sebagai Anti Radang

Buah manis asam yang satu ini juga punya manfaat untuk mengurangi radang. Menurut hasil penelitian, buah markisa punya kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai antiradang. Untuk memperoleh khasiatnya, anda bisa meminum jus buah markisa unggu / kuning.

16. Sehat Untuk Jantung

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, markisa juga dapat membantu mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah yang membuat aliran darah lebih lancar. Kandungan serat dan potasium buah markisa juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

17. Menjaga Kesehatan Mental dan Otak

Menjaga kesehatan mental dan otak sangatlah penting supaya kita bisa berpikir dengan normal. Nah buah markisa ternyata mengandung asal folat yang punya khasiat untuk menjaga kesehatan mental serta otak. Jadi makan buah markisa yang cukup akan membantu menjaga kesehatan otak anda.

18. Meningkatkan Fungsi Insulin

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan fungsi insulin. Buah ini mengandung senyawa piceatannol yang akan meningkatkan metabolisme tubuh serta sensitivitas terhadap insulin.

19. Mengurangi Resiko Penurunan Kognitif

Nah manfaat buah markisa yang selanjutnya sangat penting yakni dapat membantu mengurangi resiko penurunan kognitif. Buah ini mengandung kalium, folat, serta berbagai macam antioksidan yang memberi manfaat neurologis.

20. Baik Untuk Ibu Hamil

Buah markisa tentunya sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini berkhasiat untuk membantu pertumbuhan janin serta mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi. Buah yang satu ini mengandung folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil maupun setelah melahirkan.

21. Mengatasi Radang Sendi

Manfaat yang satu ini bisa ditemukan pada ekstrak kulit buah markisa ungu. Ekstrak ini punya manfaat untuk mengurangi masalah radang sendiri, meringankan rasa sakit, hingga memberi kebebasan bergerak. Dibutuhkan sekitar 150 mg ekstrak kulit markisa ungu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

22. Kaya Vitamin A

Mengonsumsi buah markisa dapat memenuhi 8% kebutuhan vitamin A pada tubuh kita. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel pada tubuh kita. Selain itu, vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Buah Markisa

Adapun nutrisi yang ada dalam buah ini diantaranya : Serat, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Magnesium, Kalium, Tembaga, Fosfor, Zat besi, Asam folat, Karbohidrat kompleks, Selenium, Zinc, Karotenoid, hingga Polifenol.

Apakah Buah Markisa Menimbulkan Efek Samping?

Perlu anda ketahui, buah markisa kuning memiliki struktur protein yang mirip dengan struktur protein lateks, sehingga kurang cocok dikonsumsi bagi orang dengan alergi lateks.

Sedangkan pada buah markisa ungu kurang baik dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, sebab buah markisa ungu mengandung senyawa cyanogenic glycoside yang akan menjadi racun jika terlalu banyak dikonsumsi.

Manfaat buah markisa memang terbilang lengkap, buah ini juga bisa menjadi suplai nutrisi harian karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting. Tapi anda juga perlu membatasi konsumsi buah ini karena dapat menimbulkan efek buruk jika terlalu banyak.