√ Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut John Stuart Mill

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut John Stuart Mill

Pengertian Ilmu Ekonomi | Membahas soal ekonomi, pasti erat kaitannya dengan aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, hampir semua aktivitas yang kita kerjakan ada kaitannya dengan ekonomi. Contoh, membeli barang, menjual barang lewat online, mengatur pemasukan dan pengeluaran, sampai menabung uang juga termasuk ekonomi.

Nah Pengertian Ekonomi secara umum adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Apa sih maksudnya? Definisi tersebut menjelaskan bahwa setiap manusia punya caranya sendiri dalam memajukan finansial serta kemakmuran dirinya sendiri dengan dasar pengetahuan ekonomi.

Sebenarnya untuk mengungkap lebih jelas arti dari ilmu ekonomi, ada beberapa pendapat yang dikeluarkan oleh beberapa ahli mengenai definisi ilmu ekonomi. Salah satu yang paling banyak dicari adalah Pengertian ilmu ekonomi menurut John Stuart Mill. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Pengertian Ekonomi Menurut John Stuart Mill

John Stuart Mill merupakan seorang ekonom politik, filusuf, serta anggota parlemen asal Inggris. Dia adalah sosok yang menginspirasi teori-teori mulai dari politik, ekonomi, hingga sosial. John Stuart Mill dijuluki sebagai “Filusuf berbahasa Inggris yang paling berpengaruh pada abad ke-19”.

Pengertian Ekonomi Menurut John Stuart Mill Adalah : Sebuah cabang ilmu pengetahuan praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran uang.

Menurutnya, ilmu ekonomi juga sangat erat dengan kegiatan produksi dan distribusi kekayaan. Ini berkaitan dengan bagaimana pengaturan keuangan yang masuk, uang keluar, penagihan, dan lain-lain.

John Stuart Mill menilai perkembangan ekonomi adalah sebuah fungsi dari sumber daya alam (Land), sumber daya manusia (Labour), dan modal (Capital). Land dan Labour merupakan dua faktor penting dalam produksi, sedangkan Capital adalah akumulasi atau perhitungan hasil kerja dari sumber daya manusia atau Labour.

Pertumbuhan Ekonomi Menurut John Stuart Mill

Pertumbuhan ekonomi akan memungkinkan terjadi jika faktor Land (sumber daya alam) dan Capital (modal) membantu peningkatan produksi melebihi kekuatan Labour (sumber daya manusia). Sumber daya manusia yang dimaksud adalah SDM yang memiliki potensi tinggi serta akumulasi modal.

Sumber daya manusia yang bekerja secara maksimal dan memiliki potensi tinggi tentu berdampak pada pola konsumsinya. SDM ini akan menjadi konsumen produktif yang dapat menjaga siklus dengan seimbang.

Penutup

Nah jadi itulah sedikit pembahasan terkait siapa itu John Stuart Mill dan pengertian ilmu ekonomi yang dikeluarkannya. Jadi kesimpulannya, ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan praktis atau sains praktikal yang mempelajari seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Selain itu, ilmu ekonomi juga tentang kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved