Kata yang Ditulis Kecil dalam Judul serta Penjelasannya

Kata yang Ditulis Kecil dalam Judul

Kata yang Ditulis Kecil dalam Judul – Membuat judul tulisan, artikel, laporan, atau bahkan karya tulis memang tidak mudah. Kita harus memperhatikan banyak aspek penting untuk menciptakan judul yang menarik, sesuai dengan isi, serta benar dalam ejaan dan penulisan tiap kata di dalamnya.

Menulis judul perlu mengikuti kaidah penulisan yang menarik, padat, singkat, serta dapat memberi gambaran singkat atas isi informasi tulisan. Judul yang memenuhi kaidah dan kriteria penulisan yang baik dan benar akan menarik minat pembaca untuk penasaran dengan informasi yang disajikan.

Salah satu masalah yang sering dialami penulis sebelum membuat judul adalah menentukan mana kata yang seharusnya tidak boleh ditulis besar. Nah, kali ini kita akan membahas secara lengkap kata yang perlu ditulis kecil dalam judul.

Kata yang Ditulis dengan Huruf Kecil di Judul

Dasar-dasar

1. Huruf awal dalam kata pertama yang mengawali judul menggunakan huruf kapital (huruf besar). Contohnya Kebiasaan Buang Sampah Masyarakat di Sungai Menyebabkan Terjadinya Banjir Tahunan.

2. Kata ulang berubah bunyi menggunakan huruf kecil. Contohnya Sayur-mayur, Kalang-kabut, Serba-serbi, Padu-padan, dan lain sebagainya.

3. Kata ulang berimbuhan menggunakan huruf kecil. Contohnya Sapa-menyapa, Berdua-duaan, Tarik-menarik, Bahu-membahu, dan sebagainya.

4. Kata ulang utuh menggunakan huruf besar. Contohnya Undang-Undang, Ibu-Ibu, Bapak-Bapak, Anak-Anak, dan sebagainya.

5. Kata yang bersifat partikel harus menggunakan huruf kecil, kecuali kata partikel yang berada di awal judul.

Daftar Kelas Kata yang Ditulis dengan Huruf Kecil pada Judul

1. Kata depan (preposisi): di, ke, dari, pada, dalam, yaitu, kepada, daripada, untuk, bagi, ala, bak, tentang, mengenai, sebab, secara, terhadap, di, ke, dari, dalam, atas, oleh, kepada, terhadap, akan, dengan, tentang, dan sampai.

2. Kata hubung (konjungsi): dan, serta, atau, tapi, tetapi, namun, melainkan, padahal, agar, supaya, biar, biarpun, jika, kalau, jikalau, asal(kan), bila, manakala, sejak, semenjak, sedangkan, yang, sedari, sewaktu, tatkala, ketika, sementara, begitu, seraya, selagi, selama, sambil, demi, setelah, sesudah, sebelum sehabis, selesai, seusai, hingga, sampai, andaikan, seandainya, umpamanya, sekiranya, biar(pun), walau(pun), sekalipun, sungguh(pun), kendati(pun), seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, daripada, alih-alih, sebab, karena, oleh karena, oleh sebab, sehingga, sampai, dan maka(nya).

3. Kata seru (interjeksi): sih, kok, dong, wow, oh, lho, yuk, dan sebagainya.

4. Kata sandang (artikula): si, sang, dan sebagainya.

5. Partikel: pun, per, dan sebagainya.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini tentang kata yang harus ditulis kecil di judul artikel, tulisan, karya tulis, dan sebagainya. Jadi penulisan judul harus memperhatikan penulisan huruf kecil atau besar di dalamnya, sehingga judul dapat dikatakan baik dan benar mengikuti kaidah penulisan bahasa Indonesia.

Artikel Terkait