Manfaat Labu Putih | Labu putih tidak terlalu terkenal di Indonesia, tanaman yang satu ini kurang terlalu diminati seperti labu kuning. Labu putih sebenarnya berasal dari daerah tropis sehingga sulit dijumpai di Indonesia.

Labu putih sebenarnya punya manfaat yang tak kalah bagus dari labu kuning. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin hingga mineral. Nah jika memang anda penasaran dengan apa saja manfaat labu putih, silahkan simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Baik Untuk Mata

Labu putih mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita. Selain itu, ada juga kandungan lutein dan zeaxanthin yang berguna untuk mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas serta mencegah berbagai penyakit pada mata.

2. Mengurangi Depresi

Depresi, cemas, serta stres bisa terjadi setiap waktu ketika kita tertekan oleh suatu hal. Nah labu putih merupakan pilihan tepat bagi anda yang sering mengalami depresi. Sayuran ini mengandung triptofan yang berguna untuk mengurangi rasa tertekan serta meredakan emosi.

3. Mengobati Tifus

Buah labu dipercaya mampu mengatasi penyakit tifus. Untuk memperoleh manfaatnya, kita bisa memilih buah labu segar untuk dihaluskan atau diparut, kemudian diambil airnya. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan dari tifus.

4. Baik Untuk Diet

Ketika sedang menjalankan program diet, tentu kita dipaksa untuk memilih-milih makanan yang tidak menimbulkan naiknya berat badan. Nah, labu putih bisa anda jadikan pilihan sayuran untuk dikonsumsi saat diet karena mengandung banyak serat serta rendah kalori.

5. Melancarkan Pencernaan

Konsumsi labu putih juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung serat yang cukup banyak sehingga berguna untuk memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, sayuran ini juga bisa mengatasi masalah susah bab atau sembelit.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan sistem imun yang baik, maka tubuh kita akan sulit terserang penyakit. Ada berbagai macam buah dan sayuran yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, salah satunya labu putih. Sayuran ini mengandung vitamin C dan Vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sel darah putih.

7. Baik Untuk Penderita Asma

Labu putih baik dikonsumsi oleh penderita asma. Vitamin A serta kandungan antioksidan alami yang terkandung pada labu putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru serta mengatasi penyakit pernafasan seperti asma.

8. Anti Inflamasi

Saat anda mengalami peradangan, sayur labu putih bisa dijadikan pilihan obat alami untuk mengatasinya. Peradangan sendi bisa diatasi dengan mengambil manfaat biji buah labu putih karena mengandung senyawa anti inflamasi. Peradangan pada usus bisa diatasi dengan konsumsi bagian buahnya untuk membantu mempercepat penyembuhan.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Labu putih punya khasiat untuk menurunkan kadal kolesterol. Ini disebabkan karena kandungan senyawa pitosterol yang tinggi pada buah labu. Senyawa pitosterol berperan dalam menurunkan kadar kolesterol ke tingkat yang lebih rendah.

10. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes tentunya perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Buah, sayur, atau makanan lain yang dapat meningkatkan kadar gula darah harus selalu dihindari. Nah labu putih bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi karena tidak mengakibatkan naiknya kadar gula darah.

11. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau berminyak. Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan bisa berdampak lebih buruk lagi. Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan berdampak stroke. Nah labu putih bisa dijadikan pilihan terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

12. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat labu putih yang selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Labu putih mengandung Vitamin E serta zinc yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, labu putih juga berguna untuk membuat kulit lebih cerah serta mengatasi masalah seperti jerawat.

Olahan Labu Putih

Untuk mengambil berbagai manfaat yang terkandung dalam labu putih, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan. Tentu saja yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama memasak labu putih karena dapat menghilangkan kandungan nutrisinya.

Labu putih bisa dijadikan menu seperti sayur bening, kolak, gulai santan labu putih, tumis labu putih, jus labu putih, hingga manisan labu putih.

Ada juga : Manfaat buah markisa