Manfaat Jus Pisang | Pisang adalah tanaman buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara yang kemudian menyebar ke Afrika hingga Amerika. Pisang merupakan salah satu diantara banyaknya buah yang digemari setiap orang di dunia.

Selain terkenal karena punya rasa yang enak, buah pisang juga sudah banyak diketahui manfaatnya. Khasiat buah pisang cukup beragam mengingat kandungan nutrisi yang ada didalamnya terbilang lengkap. Ada kandungan vitamin A, vitamin B, kalsium, magnesium, hingga fosfor.

Buah pisang sering dijadikan berbagai macam olahan lezat mulai dari pisang goreng, pisang coklat, pisang krispi, hingga jus pisang. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengungkap apa saja manfaat yang bisa didapat dari jus pisang.

Kandungan Gizi Buah Pisang

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Omega 3
  • Omega 6
  • Zat besi
  • Zinc
  • Tembaga
  • Mangan
  • Kolin
  • Serat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Selenium
  • Folat
  • Beta karoten
  • Antioksidan (dopamin dan catechin)

Ragam Manfaat Jus Pisang

1. Memenuhi kebutuhan energi harian

Untuk bisa menjalankan aktivitas harian dengan penuh semangat, tentu kita butuh asupan energi yang cukup. Mungkin banyak orang yang memenuhi kebutuhan ini dengan minum obat atau minuman berenergi. Nah sebaiknya ganti cara tersebut dengan konsumsi jus buah pisang.

Jus buah pisang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan energi harian karena kaya akan vitamin, serat, serta karbohidrat. Meminum jus pisang di pagi hari akan membuat anda bersemangat serta tidak cepat lelah dalam menjalani aktivitas. Jus pisang juga sangat cocok diminum sebelum melakukan olahraga seperti lari, joging, atau gym.

2. Baik untuk pencernaan

Manfaat selanjutnya dari jus buah pisang adalah baik untuk sistem pencernaan kita. Buah pisang mengandung serat yang dapat membantu memperlancar pembuangan dari proses metabolisme tubuh. Minum jus buah pisang juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti susah BAB atau sembelit.

3. Mengurangi stres dan perasaan tertekan

Jus buah pisang menjadi minuman yang dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Buah pisang mengandung triptofan yang berfungsi untuk merangsang tubuh dalam memproduksi serotonin. Serotonin yang cukup akan menciptakan suasana tenang dan bahagia serta mengurangi perasaan tertekan.

Jadi bagi anda yang sering mengalami stres dan tertekan akibat aktivitas harian yang berat, disarankan untuk meminum jus buah pisang. Anda juga bisa menambahkan cokelat atau susu untuk memperoleh manfaat maksimal dalam mengurangi stres.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Minum jus buah baik bagi orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah pisang mengandung kalium yang berguna dalam menyeimbangkan cairan dalam tubuh serta menstabilkan tekanan darah.

Disamping itu, buah pisang juga tinggi serat yang dapat mengikat lemak sehingga peredaran darah tidak terganggu. Untuk memperoleh khasiatnya secara optimal, anda bisa meminum setidaknya satu gelas jus buah pisang dalam sehari.

5. Baik untuk tulang dan gigi

Jus buah pisang cocok dikonsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia. Buah pisang bermanfaat bagi kesehatan tulang karena mengandung kalsium serta mineral penting lainnya. Bagi anak-anak, minum jus buah pisang membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan bagi orang tua, jus buah pisang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

6. Meningkatkan kekebalan Tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah kita terserang dari berbagai macam penyakit. Nah jus buah pisang punya manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dab antioksidan.

7. Baik untuk otak

Manfaat jus pisang selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya ingat serta baik untuk otak kita. Pisang mengandung potasium yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi oksigen ke otak. Selain itu, kandungan triptofan dan asam amino dalam buah pisang juga berperan dalam meningkatkan daya ingat kita.

8. Cocok untuk diet

Ketika menjalankan program diet, kita dipaksa untuk memilih makanan yang tidak menimbulkan kenaikan berat badan. Nah buah pisang bisa jadi pilihan tepat yang dapat mendukung program diet. Hal ini disebabkan karena buah pisang kaya akan serat, vitamin, mineral, serta rendah lemak.

9. Mengatasi anemia

Minum jus buah pisang dapat mengatasi masalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Buah ini kaya akan zat besi yang berperan dalam membantu produksi sel darah merah. Disarankan bagi anda yang mengalami masalah anemia untuk mengonsumsi setidaknya satu buah pisang setiap hari, boleh juga dalam bentuk olahan jus.

10. Baik untuk kesehatan ginjal

Jus buah pisang ternyata punya manfaat besar dalam membantu meringankan kinerja ginjal dalam membersihkan darah. Minum jus buah pisang secara teratur juga baik untuk kesehatan ginjal karena mengandung senyawa fenolik antioksidan.

11. Menurunkan kadar kolesterol

Buah pisang mengandung serat pektin yang berguna dalam menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat pektin larut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mempengaruhi kolesterol HDL dalam tubuh kita. Jadi konsumsi jus buah pisang sangat baik untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh.

12. Melembabkan dan menghaluskan kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jus buah pisang juga bisa diaplikasikan sebagai masker wajah untuk memperoleh manfaat kecantikan buah ini. Caranya cukup mudah, yakni tinggal membuat jus buah pisang dengan tambahan sedikit air dan jangan pakai gula. Selanjutnya anda tinggal menempelkan jus buah pisang tersebut pada wajah serta bagian kulit lain.

Pemakaian masker jus buah pisang cukup 10 sampai 20 menit sampai kering. Manfaat yang bisa diperoleh adalah dapat melembabkan kulit serta membuat permukaan kulit menjadi lebih halus.

13. Sebagai prebiotik

Jus buah pisang sangat baik untuk kesehatan usus. Pisang punya peran sebagai prebiotik yang akan merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus. Hal ini dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan yang dapat membantu penyerapan nutrisi.

14. Meredakan maag

Maag bisa diobati dengan bahan alami, salah satunya buah pisang. Alangkah baiknya dibuat jus buah pisang untuk meredakan maag. Pisang dapat mengatasi maag dengan melapisi selaput lambung terhadap asam korosif.

15. Mendukung olahraga

Mengonsumsi jus buah pisang sangat baik bagi anda yang akan melakukan olahraga. Buah pisang punya khasiat dalam mencegah kram otot. Selain itu, buah pisang juga kaya akan nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan stamina saat berolahraga.

16. Menambah Nafsu Makan

Jus buah pisang yang dicampur dengan madu baik dikonsumsi bagi anda yang sedang kehilangan nafsu makan. Setidaknya meminum jus buah pisang satu gelas sebelum makan akan meningkatkan nafsu makan anda.

17. Jus pisang baik untuk ibu hamil

Jus buah pisang bisa jadi pilihan minuman sehat bagi ibu hamil, selain enak, buah pisang juga kaya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Pisang mengandung asam folat yang mudah diserap janin. Yang terpenting jangan terlalu berlebihan mengonsumsi jus buah pisang.

18. Membantu membuang racun

Minum jus buah pisang baik untuk membantu melepas racun-racun dalam tubuh kita. Buah pisang mengandung pektin yang berperan dalam membantu melepas racun serta logam berat dari tubuh. Anda cukup meminum satu gelas jus buah pisang di pagi hari untuk memperoleh detoksifikasi racun.

19. Menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi jus buah pisang juga bisa menjaga kesehatan mata kita. Pisang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta karotenoid yang berperan dalam melindungi serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, vitamin dalam buah pisang juga baik untuk membuat mata kita lebih sehat.

20. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi anda yang sering mengalami masalah susah tidur, meminum jus buah pisang setidaknya 2 jam sebelum tidur akan memberikan manfaat luas biasa. Buah pisang mengandung triptofan yang merupakan pembuat hormon melatonin. Hormon inilah yang nantinya menciptakan perasaan rileks serta meningkatkan kualitas tidur anda.

Manfaat jus buah pisang untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Anda bisa memperoleh khasiatnya secara maksimal dengan teratur minum jus buah pisang. Yang terpenting, pastikan konsumsi jus buah pisang dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan.