Pengertian Jujur, Contoh Perilaku Jujur, Jenis, Manfaat

2 min read

Pengertian Jujur

Pengertian Jujur – Jujur (Honest) adalah salah satu sifat yang sangat sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berperilaku jujur memberikan efek serta manfaat positif yang begitu besar bagi diri sendiri. Selain itu, seseorang yang memiliki sifat jujur juga akan mudah dipercaya orang lain dalam segala tindakan atau perkataannya.

Sikap jujur sangat penting untuk membangun diri menjadi seorang yang kredibel dan punya integritas yang baik. Kejujuran bisa tumbuh jika kita melatih diri untuk berkata sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.

Potensi kejujuran seseorang bisa dimulai sejak usia dini, biasanya orang tua mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berlaku jujur. Hasilnya sebuah karakter jujur akan melekat kuat dalam diri anak tersebut hingga beranjak dewasa.

Berbicara tentang jujur, mungkin semua orang sudah tahu maksudnya. Tapi kadang sulit untuk menjelaskan atau mendefinisikan jujur dalam sebuah kalimat atau kata. Nah kali ini kita akan membahas pengertian jujur, manfaat, macam-macam, hingga contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

#Pengertian Jujur Secara Umum

Definisi jujur adalah sebuah bentuk kesesuaian sikap antara perkataan yang diucapkan dengan perbuatan yang dikerjakan oleh seseorang. Artinya, orang yang jujur adalah orang yang berkata sesuatu sesuai kenyataan, disertai tindakan yang seharusnya dikerjakan.

Jujur secara umum adalah aspek budi pekerti dan akhlak yang berbudi luhur sehingga seseorang yang memiliki karakter tersebut harus memiliki integritas, kejujuran, keadilan, ketulusan, kesetiaan, dan kepercayaan orang lain.

Jujur dari segi bahasa adalah berkata, bertindak, serta memberikan informasi yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi atau sesuai dengan kenyataan yang ada.

#Pengertian Jujur Menurut Para Ahli

Untuk memahami arti kata jujur lebih dalam, kita bisa mengulik beberapa pengertian jujur yang disampaikan oleh para ahli. Jujur bisa dijelaskan berdasarkan aspek makna yang sesuai dengan presepsi para ahli, berikut selengkapnya.

1. Dharma Kesuma

Arti jujur adalah suatu keputusan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengungkapkan perasaan, perkataan, serta perbuatannya sesuai dengan kenyataan yang terjadi dan tidak dimanipulasi dengan meniru atau berbohongan demi mendapat keuntungan.

2. Mohammad Masturi

Jujur adalah perilaku manusia yang didasari pada usaha untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, perbuatan, dan tindakannya, baik untuk dirinya sendiri maupun pihak lain.

3. Nurul Zuriah

Pengertian jujur atau kejujuran adalah nilai dan prinsip yang harus ditanamkan dalam diri seseorang sejak pendidikan dasarnya. Misalnya mengoreksi hasil ujian teman secara silang dengan jujur.

4. William Shakespeare

Dalam kutipan William Shakespeare, “Kejujuran adalah kebijakan terbaik. Jika saya kehilangan kehormatan saya, saya kehilangan diri saya sendiri.”

5. Thomas Jefferson

Dalam kutipan Thomas Jefferson, “Kejujuran merupakan bab pertama di dalam buku kebijaksanaan.’

6. Jujur Dalam KBBI

jujur/ju·jur/ lurus hati; tidak berbohong (misalnya dengan berkata apa adanya); tidak curang (misalnya dalam permainan, dengan mengikuti aturan yang berlaku): mereka itulah orang-orang yang — dan disegani; tulus; ikhlas.

7. Jujur Dalam Wikipedia

Jujur atau kejujuran mengacu pada aspek karakter, moral dan berkonotasi atribut positif dan berbudi luhur seperti integritas, kejujuran, dan keterusterangan, termasuk keterusterangan pada perilaku.

#Jenis Perilaku Jujur

Adapun jenis-jenis perilaku jujur secara umum dibagi menjadi 3, sebagai berikut.

1. Jujur Dalam Niat dan Kehendak

Merupakan tindakan yang dilandasi oleh sikap dan keinginan hati yang selaras. Artinya, kejujuran tercermin dalam sikap yang sesuai dengan keinginan hati seseorang.

2. Jujur Dalam Ucapan

Adalah jujur dalam memberitahukan, mengucapkan, atau menyampaikan informasi sesuai kenyataan tanpa adanya pengurangan atau kebohongan.

3. Jujur Dalam Perbuatan

Adalah perbuatan jujur yang sesuai dengan apa yang harus dilakukan tanpa melakukan kebohongan atau penipuan terhadap orang lain.

#Contoh Perilaku Jujur

Membiasakan diri bersikap jujur dalam hal-hal sederhana dapat menanamkan kejujuran dalam diri kita. Adapun contoh perilaku sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut.

1. Jujur Dalam Lingkungan Keluarga

  • Memberi tahu nilai ulangan dengan jujur tanpa melebih-lebihkan
  • Mengembalikan uang lebih saat berbelanja
  • Berkata jujur saat ditanya orang tua
  • Meminta spp dengan jumlah yang sesuai tanpa melebih-lebihkan

2. Jujur Dalam Lingkungan Sekolah

  • Tidak menyontek saat ujian
  • Mengatakan sesuatu dengan jujur kepada guru dan teman
  • Mengembalikan buku perpustakaan pada waktunya
  • Mengakui kesalahan terhadap teman

3. Jujur Dalam Lingkungan Masyarakat

  • Tidak menyuap polisi saat ditilang
  • Menghadiri acara gotong royong tepat waktu
  • Mematuhi peraturan lalu lintas
  • Memberikan informasi sebenar-benarnya dalam interaksi sosial

4. Jujur Dalam Lingkungan Kerja

  • Bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
  • Mengakui bila melakukan kesalahan kerja
  • Memberikan laporan pekerjaan sesuai dengan kenyataan
  • Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perintah

#Manfaat Bersikap Jujur

Kejujuran dapat memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sikap jujur dapat menciptakan sebuah rasa saling percaya satu sama lain dalam ucapan dan perbuatan. Nah berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan berperilaku jujur.

  • Membiasakan sikap jujur membuat kita lebih dipercaya orang lain.
  • Kejujuran dapat menjauhkan kita dari melanggar hukum atau peraturan seperti suap, korupsi,
  • penipuan, dan lainnya.
  • Orang yang jujur dianggap memiliki integritas baik dan dapat lebih sukses dalam hidup.
  • Bersikap jujur membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.
  • Jujur dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati orang lain.
  • Jujur adalah sikap yang menumbuhkan kebaikan terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Penutup

Kesimpulannya, jujur adalah sebuah bentuk kesesuaian sikap antara perkataan yang diucapkan dengan perbuatan yang dikerjakan oleh seseorang. Berperilaku jujur bisa dimulai dari hal-hal sederhana supaya kita bisa terbiasa jujur dalam segala hal.

 

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved