12 Manfaat Masker Timun dan Cara Membuatnya

4 min read

Manfaat Masker Timun

Manfaat Masker Timun – Menjaga kecantikan wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memakai masker alami yang bahannya adalah sayur atau buah. Salah satu yang populer adalah masker timun atau mentimun yang kaya akan manfaat serta khasiat untuk menjaga kulit tetap lembat, menghilangkan noda hitam, hingga mencerahkan kulit.

Perlu anda ketahui, timun atau mentimun sebenarnya termasuk dalam golongan buah. Buah yang satu ini terkenal kaya kandungan vitamin C, vitamin A, mineral, kalium, hingga folat yang bagus untuk menjaga kecantikan kulit.

Buah timun bisa menjadi referensi anda yang ingin membuat masker dengan budget murah, tapi dengan manfaat yang tidak kalah dengan masker lain. Penasaran apa saja manfaat masker timun ini? Simak ulasan lengkap berikut berserta cara pembuatannya.

A. Manfaat Masker Timun

Manfaat Masker Timun

Khasiat buah mentimun bisa diambil dengan cara dikonsumsi langsung, dibuat jus, masker, atau cara yang lain. Nah untuk memperoleh manfaat kecantikan, timun bisa dijadikan masker untuk menjadikan kulit menjadi lembap dan cerah. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker timun untuk kecantikan kulit.

1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah masalah yang cukup mengganggu penampilan, jerawat juga dianggap menjengkelkan karena selalu muncul kembali. Nah salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan masker timun.

Masker timun dapat membantu proses regenerasi dalam kulit kita. Kulit yang sudah mati akan tergantikan dengan kulit baru dan sel-sel yang baru. Hal ini juga berlaku pada kulit akibat bekas jerawat yang akan digantikan dengan sel baru sehingga jerawat bisa hilang.

2. Mencerahkan Kulit

Timun mengandung berbagai macam vitamin serta antioksidan yang baik untuk kulit. Masker timun punya manfaat yang begitu besar dalam mencerahkan kulit. Timun berperan dalam membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam.

Untuk memperoleh manfaat yang lebih, anda bisa menambahkan bahan lain kedalam masker timun. Misalnya madu, susu, lemon, oat, dan lain sebagainya. Jadi untuk membuatnya, timun tidak diiris, melainkan dibuat jus atau ditumbuk halus bersamaan bahan lain.

3. Mencegah Penuaan Dini

Terjadinya penuaan dini bisa ditandai dengan adanya keriput dan kerutan pada kulit wajah. Nah masker timun ternyata punya manfaat dalam membantu melawan tanda penuaan dini. Kandungan antioksidan pada timun membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Selain itu, asal folat yang ada didalamnya juga dapat bekerja dalam melawan racun dari paparan lingkungan yang biasa menimbulkan kulit kusam serta penyebab penuaan dini.

4. Mengatasi Iritasi Kulit

Timun juga bermanfaat dalam mengatasi masalah iritasi kulit. Misalnya iritasi yang ditimbulkan dari gigitan serangga, paparan sinar matahari, atau efek produk kecantikan tertentu. Iritasi kulit biasanya ditandai dengan kulit menjadi gatal, kemerah-merahan, kulit ruam, nyeri, hingga sensasi terbakar.

Masker timun dapat membantu mengatasi masalah iritasi pada kulit. Timun punya efek menyegarkan serta meredakan peradangan pada kulit. Caranya dengan membuat masker timun yang dipotong tipis-tipis atau masker timun halus dengan campuran madu / susu.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Terkadang pori-pori yang terlihat besar dapat mengurangi penampilan atau kecantikan kulit kita. Untuk mengecilkan pori-pori, kita bisa membuat masker timun yang dicampur dengan susu, tomat, aloe, atau madu. Timun punya komponen astrigen alami yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada kulit.

Selain itu, timun juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kusam, membantu melembapkan kulit, hingga melawan tanda-tanda penuaan dini.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat masker timun selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Caranya dengan membuat masker timun yang dihaluskan dan ditambah dengan yoghurt atau susu. Anda bisa menggunakan masker timun + susu ini 10 menit sekali setiap satu hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

7. Menghidrasi dan Melembapkan Kulit

Timun adalah buah yang kaya akan kandungan air. Masker timun punya manfaat yang baik untuk menghidrasi kulit karena mengandung 96% air didalamnya. Selain itu, masker timun juga dapat menjaga kelembapan kulit wajah.

Untuk memperoleh khasiat yang maksimal, anda bisa membuat masker timun yang dihaluskan dengan tambahan madu, lemon, atau bahan alami lainnya.

8. Mengatasi Mata Panda

Terkadang masalah mata panda atau lingkaran hitam pada mata dapat mengurangi penampilan kita. Mata panda biasanya terjadi karena kurang istirahat, kurang tidur, dan mata kelelahan. Nah untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan masker timun secara rutin.

Timun mengandung vitamin serta antioksidan yang baik untuk menghilangkan noda hitam pada kulit serta mencerahkannya. Anda juga bisa menambahkan bahan alami lain untuk memperoleh hasil yang maksimal.

9. Menghilangkan Bintik Hitam

Bintik hitam pada wajah juga cukup mengganggu penampilan kita, biasanya bintik ini muncul dari bekas jerawat yang baru sembuh. Bintik hitam bisa dihilangkan dengan menggunakan masker mentimun karena mengandung vitamin B, vitamin C, magnesium, silika, dan mangan.

Timun dapat bekerja membantu meregenerasi sel-sel kulit mati serta menggantinya dengan sel baru. Hal inilah yang akan membuat bintik hitam di wajah bisa hilang.

10. Mengatasi Selulit

Selulit merupakan kondisi dimana kulit terlihat memiliki tekstur yang tidak rata atau bergelombang. Hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat. Biasanya masalah ini terjadi pada perut, paha, wajah, hingga kulit tangan.

Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan masker timun. Anda bisa mencampurkan madu untuk memperoleh manfaat maksimal. Disamping itu, pemakaian masker ini bisa anda lakukan rutin dalam seminggu atau lebih.

11. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Bagi anda yang sering beraktivitas di bawah terik matahari, tentu harus berhati-hati dengan paparan sinar ultraviolet. Nah ternyata masker timun bermanfaat untuk memberi perlindungan kulit dari pancaran sinar matahari langsung. Timun mengandung berbagai macam vitamin dan antioksidan yang baik untuk kulit.

12. Memberi Efek Relaksasi Pada Kulit

Manfaat timun terakhir adalah dapat memberi efek menyegarkan atau menenangkan pada kulit. Manfaat ini biasanya dibutuhkan ketika kita selesai melakukan pekerjaan yang membuat kulit terasa lelah dan tegang. Anda bisa menggunakan masker timun yang dicampur dengan susu untuk memperoleh khasiat ini.

B. Cara Membuat Masker Timun

Manfaat Masker Timun

Ada banyak cara untuk membuat masker mentimun. Tentu saja membuatnya tak sesulit yang anda bayangkan, simak lebih jelasnya berikut ini.

1. Masker Timun Original

Untuk membuat masker timun original (tanpa campuran), anda tinggal mengupas timun, kemudian memotongnya kecil-kecil. Setelah itu, haluskan timun dengan blender (tidak perlu menambahkan air), selanjutnya tinggal aplikasikan pada kulit dan didiamkan selama 10-20 menit. Terakhir setelah selesai dipakai tinggal dibasuh dengan air hingga bersih.

2. Masker Timun dan Lemon

Tambahan lemon sangat cocok untuk memperoleh manfaat menyegarkan dan melindungi kulit. Anda hanya perlu menambahkan perasan air lemon kedalam masker timun yang sudah dihaluskan tadi. Setelahnya diaduk hingga rata dan diaplikasikan pada kulit.

3. Masker Timun dan Yoghurt

Masker timun yang ditambah dengan yoghurt baik untuk mencerahkan serta melembapkan kulit. Membuatnya juga cukup mudah, anda hanya perlu memasukkan youghurt dan timun bersamaan dalam blender. Nah setelah itu tinggal dipakai pada kulit dalam waktu sekitar 30 menit, setelahnya bilas dengan air hingga bersih.

4. Masker Timun dan Madu

Anda tinggal menghaluskan timun dalam blender, kemudian ditambah dengan 3 sendok makan madu. Oleskan masker timun dan madu ini ke wajah dan bagian kulit lainnya yang perlu selama 20 menit. Setelahnya bilas dengan air sampai bersih.

5. Masker Timun dan Putih Telur

Tambahan putih telur juga baik untuk kulit, putih telur mengandung protein tinggi serta asam amino yang dapat membantu mengangkat dan mengganti sel-sel kulit rusak. Cara membuatnya hanya dengan menghaluskan timun dan putih telur dalam blender (tanpa tambahan air). Selanjutnya tinggal aplikasikan pada kulit selama sekitar 30 menit.

Lihat juga : Manfaat jus pisang

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari masker timun beserta cara membuatnya. Cara alami satu ini memang terbilang ampuh dan tidak mahal. Anda bisa memperoleh manfaat masker timun secara maksimal dengan tambahan bahan alami lain dan pemakaian yang rutin.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Pooc.org - All Right Reserved